Connect With Us

'Peristiwa Lengkong Wetan, Jauh dengan Pemuda Zaman Sekarang'

Wahyu | Minggu, 29 Maret 2015 | 16:01

| Dibaca : 4100

Pangdam Jaya, Mayjen Agus Sutomo menghadiri peringatan Lengkong Wetan di TMP Taruna, Kota Tangerang. (Wahyudin / TangerangNews)

TANGERANG-Peristiwa Lengkong Wetan yang terjadi di Tangerang pada 25 Januari 1946 diperingati di dua tempat di Tangerang,  yaitu di Taman Makam Pahlawan Taruna Kota Tangerang dan dilanjutkan di Lengkong Wetan di Jalan Subianto Djojohadikusumo, BSD Golf,  Kota Tangerang Selatan, Minggu (29/3) pagi.

Pangdam Jaya, Mayjen Agus Sutomo yang hadir dalam peringatan tersebut mengatakan, peringatan ini harus dimaknai, karena para almarhum masih muda-muda, tetapi mereka sudah rela berkorban nyawa untuk bangsa dan negara Indonesia.

 

"Pemuda pemuda zaman sekarang banyak yang cengeng, banyak menuntut haknya. Bukan sebaliknya bagaimana melakukan kewajibannya. Bahkan sudah terkontaminasi kegiatan yang melemahkan sistem pertahanan Negara, jauh dengan peristiwa lengkong Wetan.  Pemuda sekarang banyak merusak kesehatannya sendiri,  contohnya Narkoba perkelahian, tawuran, anarkis yang merusak fasilitas umum pemerintah,”  kata Pangdam Jaya kepada www.tangerangnews.com saat tabur bunga di TMP Taruna.

Agus Sutomo mengatakan, di Singapura Undang-undangnya tersedia bahwa setiap pemuda wajib militer untuk usia 18 tahun. “Di sana wajib militer dilakukan dua tahun, jika tidak mau maka akan diperjara selama tiga tahun,” tuturnya.

Karenanya, kata dia, di Singapura sangat disiplin, karena telah dilatih menjadi disiplin. Sedangkan di Indonesia, dalam Undang- undang sebenarnya sudah diatur, tetapi belum terealisasi. “Banyak protes di sini.  Padahal itu sangat bagus karena  para pahlawan kita adalah seorang prajurit yang rela untuk sebuah kehormatan Negara, jangankan harta, benda, waktu dan nyawa pun diberikannya,” tuturnya.

Kegiatan peristiwa 25 Januari 1946 dihadiri oleh Pangdam Jaya, Danrem 052 Wijayakrama, Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang, Wali Kota Tangerang, Kapolres Tangerang dan Dandim 0506 Tangerang.

HIBURAN
Setelah Vakum, Delia Septianti Persembahkan Single Suasana Hati

Setelah Vakum, Delia Septianti Persembahkan Single Suasana Hati

Minggu, 28 Juli 2019 | 17:05

TANGERANGNEWS.com—Delia Septianti memutuskan kembali lagi ke dunia musik setelah vakum beberapa tahun. Ia mempersembahkan single Suasana Hati kepada pecinta musik Indonesia.

WISATA
Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Kamis, 28 Maret 2019 | 08:13

TANGERANGNEWS.com-Anda sedang mencari objek wisata terbaik di Jakarta? Meskipun menjadi kota metropolitan dengan tingkat mobilitas yang sangat

BANTEN
ABK dan Penumpang Upacara HUT Ke-74 RI di Atas Kapal Lintasi Selat Sunda

ABK dan Penumpang Upacara HUT Ke-74 RI di Atas Kapal Lintasi Selat Sunda

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 15:10

TANGERANGNEWS.com - Upacara memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia dilakukan dengan berbagai cara oleh rakyat. Tak terkecuali oleh awak

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt