Connect With Us

Pahoa Buka Dua Program Studi Baru

Denny Bagus Irawan | Rabu, 15 April 2015 | 12:31

Ketua Yayasan Pendidikan dan Pengajaran (YPP) Pahoa Suryono Limputra. (Dira Derby / TangerangNews)



TANGERANG-Pahoa College Indonesia, yang berlokasi di kawasan Summarecon Mall Serpong (SMS), Tangerang membuka dua program studi terbaru, yakni  Pendidikan Guru Bahasa Mandarin dan jurusan Ekonomi dan Perdagangan. Program studi tersebut di klaim sebagai yang pertama kali di Indonesia.

Ketua Yayasan Pendidikan dan Pengajaran (YPP) Pahoa, Suryono Limputra mengatakan, pihaknya menjawab kebutuhan pendidikan Nasional yang beriringan dengan semakin eratnya hubungan bilateral antara Indonesia dengan Tiongkok. Karena selama ini, menurut dia, banyak yang berminat untuk mempelajari bahasa dan kebudayaan Tingkok di tanah air, belum diimbangi dengan jumlah serta kualitas guru bahasa Mandarin yang mumpuni.

"Ya, semakin erat hubungan Indonesia dengan Tingkok menimbulkan pengaruh besar dalam aspek pendidikan dan ekonomi di Indonesia. Karenanya, banyak yang ingin mempelajari, tetapi masih mencari. Ini lah jawaban kami akan kebutuhan pendidikan," tutur Suryono.

Kenapa baru saat ini, menurut Suryono, hal itu hanya masalah waktu saja, mengingat Pahoa baru berdiri pada 2008 lalu. Namun, Suryono meyakini, bahwa program studi Pendidikan Guru Bahasa Mandarin ini baru pertama kali ada di Indonesia hanya di Pahoa. Sedangkan yang lain hanya sastra Tingkok saja.

"Kalau di kita ini kan sekolah nasional unggulan, kita menitik beratkan moral, memberikan bahasa asing mandarin dan inggris secara intensif," tuturnya.

Sistem pengajaran yang disiapkan Pahoa sendiri, mengikuti sistem yang ada pada Hebei Normal University yang merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri terkemuka di Tingkok. Tak hanya sistem, para pengajarnya pun didatangkan langsung dari perguruan tinggi tersebut. Fenomena dunia pendidikan di tanah air saat ini, kata dia, tengah mengalami pertumbuhan dalam minat mempelajari bahasa Tingkok. Disamping itu, muncul pula tuntutan dari Dinas Pendidikan mengenai pembatasan tenaga pengajar asing.

"Sayangnya pertumbuhan minat ini tidak diimbangi dengan jumlah serta kualitas guru yang ada," katanya.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

KOTA TANGERANG
Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Kamis, 25 April 2024 | 10:34

Plaza Shinta Cimone Kota Tangerang mulai kembali beroperasi usai sempat ditutup beberapa waktu lalu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill