Connect With Us

Kammi Tangsel: Dana Aspirasi Rp20 M, DPR akan menjamah ranah Eksekutif

Denny Bagus Irawan | Jumat, 12 Juni 2015 | 12:30

Ilustrasi Uang Hasil Korupsi (Dira Derby / TangerangNews)


TANGERANG SELATAN-Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kota Tangsel melalui Ketua Umumnya Sadam Husen Falahuddin menyampaikan sikapnya terhadap pembahasan  dana aspirasi anggota DPR yang mulai dimunculkan kembali.


Nilai yang direncanakan untuk dana aspirasi tersebut mencapai Rp20 miliar. "Jika dikalikan dengan jumlah anggota DPR mencapai Rp11,2 triliun . Tentu ini menjadi sorotan kita bersama, ditengah-tengah prestasi DPR yang belum terasa oleh rakyat, malah meminta jatah dari APBN," terang kepada TangerangNews.com, hari ini.

 
Dia juga menyampaikan, fungsi DPR adalah Legislasi, pengawasan, dan Budgeting atau anggaran. Jika hari ini alibi DPR RI merencanakan dana aspirasi sebesar Rp20 miliar dengan alasan untuk membangun desa atau dapilnya sendiri, maka ini menjadi sorotan penting dan sudah keluar dari fungsinya sebagai DPR.

Selain itu, dana ini akan rentan menjadi alat politik subjektif yang menarik konstituen terhadap Anggota DPR. Belum lagi, kata dia,  jika daerah tersebut akan melaksanakan pilkada. "Tentu ini menjadi senjata pamungkas DPR dengan memanfaatkan Uang Negara untuk kepentingan subjektif," terangnya.

Sampai saat ini, kata Sadam, rakyat belum merasakan kinerja terbaik yang dilakukan DPR RI terhadap pekerjaannya selama ini. "Jika hari ini DPR akan menjamah kinerjanya ke ranah eksekutif dengan menggunakan uang Negara untuk membangun program-program di desanya, akan terjadi disorientasi terhadap kinerjanya, bahkan bisa jadi kewajiban mereka menjalankan fungsinya bisa diabaikan," tuturnya.

"Oleh karena itu,  Kammi Tangsel menyatakan sikap menolak keras dana Aspirasi yang akan dianggarkan oleh DPR RI sebesar 20 M perorang. Kedua, dana aspirasi rawan korupsi dan rentan menjadi alat politik subjektif," terangnya.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

WISATA
 Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33

Ada yang unik pada menu buka puasa bersama (bukber) Ramadan, di Hotel Sahid Serpong. Sekitar 40 varian makanan bertema "Kampung Cilenggang" tersedia di sini.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill