Connect With Us

Mengenal SMP Negeri 2 Solear Tangerang, Sekolah Sehat Terbaik Tingkat Nasional

Advertorial | Selasa, 24 Mei 2016 | 17:00

| Dibaca : 26152

SMP Negeri 2 Solear Kabupaten Tangerang yang beralamatkan di Jalan Cisoka Taman Adiyasa Kilometer 5 Solear (@TangerangNews / Raden Bagus Irawan)

 

TANGERANG- Tim penilai yang berasal dari Kementerian Pendidikan RI tersebut dipimpin langsung Faisal Saleh pada Selasa (24/05/2016) dengan rombongan mendatangi sekolah sehat tingkat nasional  yakni SMP Negeri 2 Solear Kabupaten Tangerang.

Faisal Saleh didampingi tim penilai sekolah sehat tingkat Provinsi Banten dan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Tangerang drs Arsyad Husein.

Saat dilokasi, SMP Negeri 2 Solear Kabupaten Tangerang yang beralamatkan di Jalan Cisoka Taman Adiyasa Kilometer 5 Solear, tim penilai disambut gembira oleh siswa siswi diiringi marawis yang ditampilkan oleh kelompok marawis SMP Negeri 2 Solear.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Solear Pardi mengucapakan terima kasih atas terpilihnya SMP Negeri 2 Solear mewakili Provinsi Banten dalam lomba sekolah sehat ke tingkat nasional. Ini merupakan kebanggan buat kami dalam ajang sekolah sehat. Saat ini SMP Negeri 2 Solear memiliki siswa  1.192, terdiri dari siswa kelas VII 405, kelas VIII 394 dan kelas IX 393 siswa. Jumlah tenaga pengajar sebanyak 62, terdiri dari tenaga pengajar PNS 15 orang dan tenaga pengajar non PNS 47 orang,” ujarnya.

 

SMP Negeri 2 Solear memiliki luas tanah 8.800 meter, dengan rincian luas tanah 6000 Meter2, perluasan tanah 2800 M2. Moto yang diemban SMP Negeri 2  Solear  yaitu  Bersama Kita Bisa, (aktif, kreatif bersih antusias relegius dan berwawasan lingkungan).

Sekolah yang berada di daerah perbatasan Kabupaten Tangerang dengan Kabupaten Lebak ini, memiliki program unggulan yaitu Sanitasi sekolah (putri 10 kamar wc , putra 7 kamar wc dan urinoir 4), Membawa alat makan dan minum, Gerakan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun) tujuan untuk menciptakan suasana kekeluargaan budaya  saling menghargai .

Selanjutnya Saung Kepo yaitu  tempat diskusi tentang kesehatan siswa-siswi. SMP Negeri 2 Solear ini juga emiliki 5 satgas kesehatan meliputi  satgas jajanan sehat, satgas lingkungan sehat, satgas Napza (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif), Satgas PHBS dan Satgas Toga. Kegiatanya yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, pembinaan lingkungan sekolah sehat, PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat).

Bentuk kegiatan pendidikan kesehatan yaitu  penyuluhan tetang kesehatan reproduksi remaja, penyuluhan tentang penyakit menular, penyuluhan tentang tata tertib lalulintas  dan bahaya rokokdan narkoba, penyuluhan anemia, penyuluhan dan pengenalan toga, penyuluhan tentang komposter dan penyuluhan tentang perilaku hidup bersih dan sehat.

Pelayanan kesehatan meliputi  pemerksaan kesehatan, penjaringan, pengukuran tinggi dan berat badan, pemeriksaan tekanan darah, pengukuran lila dan pemeriksaan golongan darah. Pembinaan lingkungan sekolah sehat ada 2 bagian meliputi lingkungan fisik ruang UKS  dan perlengkapanya, Kantin sekolah dan poster – poster kesehatan,kebun sekolah,tanaman toga ,bak sampah dan sumber air bersih,

Kegiatan yang dilakukan Satgas pada kegiatan Lingkungan non fisik,  meliputi yaitu budaya antri tujuan-nya membiasakan peserta didik untuk disiplin, berpakaian (personal hygeie), perubahan prilaku peserta didik, gerakan membuka alas kaki, gerakan makan habis bertujuan mengurangi volume sampah.

Menanam dan merawat tanaman  pun menjadi budaya terhadap lingkungan di sekola tersebut.

 

Melestarikan budaya tradisional sebagai warisan bangsa, produk unggulan mengolah ikan nilla baby dan ikan leledan prakarya tempat kue dan tisue, pengolahan limbah plastik, prakarya limbah kabel, membuat kompos, penyuluhan jajanan sehat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, pembinaan tim UKS Kecamatan dan Kabupaten Tangerang.

Adapun kegiatan kegiatan Kemitraan yang dilakukan oleh SMP Negeri 2 Solear diantaranya dengan Perumahan Kota balaraja, PT. Viktory Chinglung Indonesia, kemitraan dengan PT Duta Utari/Wings Care,  kemitraan dengan PT Prima, PT Ira Sejahtera.

Prestasi yang diraih SMP Negeri 2 Solear yaitu  Juara Volly SMK Yapisda, Juara 1 Lebtub Kecamatan Solear,  Juara 1 lomba bidang Matematika Kecamatan Solear, Juara 1 lomba Marawis tingkat SLPT Kecamatan Maja Kopo, juara 1 lomba Dance tk SLTP, juara 2 kejuarana nasional karate junior , juara 2 FL2SN cabang Kaligrafi tingat Kabupaten Tangerang,  juara 1 tradisional Games,  juara 3 pencak silat tunggal O2SN Tingkat Kabupaten Tangerang, juara favorit pemilihan bintang model idola Indonesia dan Calon Bintang Sinetron tingkat nasional, juara 1 lomba sekolah sehat tingkat Kabupaten Tangerang dan juara 1 lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Banten tahun 2016.

“Harapan SMPN 2 Solear selalu menjadi sekolah yang bersih, hijau, indah dan rindang, sehingga seluruh komunitas sekolah menjadi sehat dan bugar serta senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat ” kata Pardi.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra  Arsyad Husein mengatakan lomba sekolah sehat ini sangat bermanfaat buat kemajuan sekolah. SMP Negeri 2 Solear ini sangat layak untuk menjadi juara 1 tingkat nasional bila dibandingkan dengan sekolah sehat lain.

“Saya harapkan SMP Negeri 2 Solear ini menjadi juara satu tingkat nasional. Lihat saja lingkunganya sangat asri dan hijau, bersih dan bertata rapi. Para siswanya sangat ramah dan sopan,” kata Arsyad Husein.  (ADV)

BANTEN
Samawi Akan Bentengi Jokowi dari Kampanye Hitam di Banten

Samawi Akan Bentengi Jokowi dari Kampanye Hitam di Banten

Minggu, 10 Juni 2018 | 00:38

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah warga yang menamakan dirinya Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) menyatakan akan menjadi kelompok yang

MANCANEGARA
Ajaib, Kakek di India Makan Pasir Selama 40 Tahun

Ajaib, Kakek di India Makan Pasir Selama 40 Tahun

Jumat, 23 Maret 2018 | 09:00

TANGERANGNEWS.com-Demi alasan kebugaran, seseorang akan mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Yang jelas harus ada kandungan karbohidrat, protein dan serat. Namun, apa yang dilakukan oleh seorang kakek di India sangatlah beda.

NASIONAL
2 Pendaki Wanita Indonesia yang mendaki Gunung Tertinggi Dunia Kembali ke Tanah Air

2 Pendaki Wanita Indonesia yang mendaki Gunung Tertinggi Dunia Kembali ke Tanah Air

Kamis, 31 Mei 2018 | 09:00

TANGERANGNEWS.com-Akhirnya, dua pendaki dari Tim The Women of Indonesia’s Seven Summits Expedition MahitalaUnpar (WISSEMU) kembali ke Tanah Air.

OPINI
Earth Hour: Peringatan Bagi Manusia di Bumi

Earth Hour: Peringatan Bagi Manusia di Bumi

Rabu, 4 April 2018 | 12:00

Kondisi iklim yang semakin hari mengalami perubahan tidak menentu akibat adanya proses pemanasan global membuat bumi bekerja semakin keras. Masyarakat dunia memiliki peran besar terhadap perubahan iklim yang terjadi.

"Sekali anda mengerjakan sesuatu jangan takut gagal dan jangan tinggalkan itu. orang orang yang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia. "

Chanakya