Connect With Us

Peneliti Binus Ciptakan Robot Humanoid untuk Mengajar anak SD

Abels | Senin, 23 Januari 2017 | 18:00

| Dibaca : 865

Peneliti BINUS Ciptakan Robot Humanoid untuk Mengajar anak SD (@tangerangnews 2017 / Raden Bagoes Irawan)

 

 

TANGERANGNews.com-Perkembangan bidang kecerdasan buatan dan robotika di dunia ternyata mampu  diresponse dengan baik oleh para peneliti di Indonesia.  Terobosan baru diraih oleh para peneliti di Binus University yang berhasil menciptakan Robot Humanoid yang mampu mengajar Matematika dan memberikan hiburan bagi anak Sekolah Dasar.

 

Robot berbentuk manusia (Robot Humanoid) bernama Bi-Max Educator ini berhasil meraih hibah bergengsi Toray Science and Technology Research Grant 2016 dari Jepang.

 

Menurut ketua tim peneliti, Dr. Widodo Budiharto yang memimpin Lab Robotics dan Intelligent Systems, School of Computer Science Binus University, riset ini menggandeng anggota dari para peneliti pakar di bidang Psikologi dari Departemen Psikologi dan Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Binus University. Penelitian ini berfokus pada aspek-aspek psikologi untuk interaksi alami antara robot humanoid dengan siswa.

 

Harapannya, dihasilkan robot humanoid cerdas yang mampu berinteraksi secara alami dengan siswa, sehingga siswa senang untuk belajar dengan robot.  Inovasi Robot ini luar biasa, robot ini mampu mengenal ucapan dan meresponse dalam Bahasa Indonesia, selain itu terdapat berbagai fitur materi pendidikan Matematika dan Games untuk Sekolah Dasar. 

 

Widodo menyampaikan,  hingga saat ini, robot berfungsi sebagai tool tambahan mendampingi Ibu/Bapak guru sebagai daya tarik bagi siswa untuk lebih giat belajar. Indonesian Toray Science Foundation telah mendanai 2 topik penelitian terkait penelitian di bidang kecerdasan buatan yang diterima oleh peneliti tersebut.

WISATA
Berkunjung ke 3 Destinasi yang Masih Tersembunyi di Jogja

Berkunjung ke 3 Destinasi yang Masih Tersembunyi di Jogja

Senin, 27 Agustus 2018 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Ada banyak tempat wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan, tetapi tak sedikit yang masih tersembunyi. Namun, keindahannya telah menyebar di dunia maya melalui unggahan para pengunjung yang takjub.

TANGSEL
Tega! Bayi Terbungkus Kain Dibuang di Pinggir Jalan Pondok Aren

Tega! Bayi Terbungkus Kain Dibuang di Pinggir Jalan Pondok Aren

Senin, 24 September 2018 | 12:48

TANGERANGNEWS.com-Warga di wilayah Kampung Utan, Jalan Bukit Mertilang, RT05/03, Pondok Pucung, Pondok Aren, Tangsel dihebohkan dengan penemuan bayi yang terbungkus

MANCANEGARA
Sadis, Wanita Ini Diperkosa Lalu Dibakar Hingga Tewas

Sadis, Wanita Ini Diperkosa Lalu Dibakar Hingga Tewas

Senin, 16 Juli 2018 | 19:00

TANGERANGNEWS.com-Seorang wanita diperkosa dan dibakar hidup-hidup hingga tewas oleh sekelompok pria di India. Dari lima pelaku, dua diantaranya telah ditangkap kepolisian setempat.

KAB. TANGERANG
Kesal 23 Tahun Fasos Fasum Terbengkalai, Ratusan Warga Adiyasa Ngadu ke Bupati

Kesal 23 Tahun Fasos Fasum Terbengkalai, Ratusan Warga Adiyasa Ngadu ke Bupati

Senin, 24 September 2018 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Ratusan warga perumahan Taman Adiyasa dan Bukit Cikasungka, Solear mendatangi kantor Bupati Tangerang di Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, Senin (24/9/2018).

"Kita tidak boleh menerima nasib buruk dan pasrah menerimannya sebagai kutukan. Kalau kita mau hidup bebas, kita harus belajar untuk terbang"

Gie