Connect With Us

Peneliti Binus Ciptakan Robot Humanoid untuk Mengajar anak SD

Abels | Senin, 23 Januari 2017 | 18:00

| Dibaca : 769

Peneliti BINUS Ciptakan Robot Humanoid untuk Mengajar anak SD (@tangerangnews 2017 / Raden Bagoes Irawan)

 

 

TANGERANGNews.com-Perkembangan bidang kecerdasan buatan dan robotika di dunia ternyata mampu  diresponse dengan baik oleh para peneliti di Indonesia.  Terobosan baru diraih oleh para peneliti di Binus University yang berhasil menciptakan Robot Humanoid yang mampu mengajar Matematika dan memberikan hiburan bagi anak Sekolah Dasar.

 

Robot berbentuk manusia (Robot Humanoid) bernama Bi-Max Educator ini berhasil meraih hibah bergengsi Toray Science and Technology Research Grant 2016 dari Jepang.

 

Menurut ketua tim peneliti, Dr. Widodo Budiharto yang memimpin Lab Robotics dan Intelligent Systems, School of Computer Science Binus University, riset ini menggandeng anggota dari para peneliti pakar di bidang Psikologi dari Departemen Psikologi dan Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Binus University. Penelitian ini berfokus pada aspek-aspek psikologi untuk interaksi alami antara robot humanoid dengan siswa.

 

Harapannya, dihasilkan robot humanoid cerdas yang mampu berinteraksi secara alami dengan siswa, sehingga siswa senang untuk belajar dengan robot.  Inovasi Robot ini luar biasa, robot ini mampu mengenal ucapan dan meresponse dalam Bahasa Indonesia, selain itu terdapat berbagai fitur materi pendidikan Matematika dan Games untuk Sekolah Dasar. 

 

Widodo menyampaikan,  hingga saat ini, robot berfungsi sebagai tool tambahan mendampingi Ibu/Bapak guru sebagai daya tarik bagi siswa untuk lebih giat belajar. Indonesian Toray Science Foundation telah mendanai 2 topik penelitian terkait penelitian di bidang kecerdasan buatan yang diterima oleh peneliti tersebut.

TEKNO
Samsung Rilis Galaxy A8+ Edisi Spesial Avenger : Infinity War

Samsung Rilis Galaxy A8+ Edisi Spesial Avenger : Infinity War

Jumat, 27 April 2018 | 18:00

TANGERANGNEWS.com-Samsung meluncurkan Samsung Galaxy A8 + Avengers Marvel Studio: Infinity War Special Edition dalam jumlah yang sangat terbatas, yaitu 500 barang koleksi. Smartphone ini hanya akan tersedia saat Avengers Marvel Studio: Infinity War

BANTEN
Kubu Oso Menang Gugatan, Hanura Banten Terus Konsolidasi

Kubu Oso Menang Gugatan, Hanura Banten Terus Konsolidasi

Kamis, 17 Mei 2018 | 23:00

TANGERANGNEWS.com-Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Hanura Provinsi Banten merasa lega atas putusan majelis hakim Pengadilan Tata

MANCANEGARA
Ajaib, Kakek di India Makan Pasir Selama 40 Tahun

Ajaib, Kakek di India Makan Pasir Selama 40 Tahun

Jumat, 23 Maret 2018 | 09:00

TANGERANGNEWS.com-Demi alasan kebugaran, seseorang akan mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Yang jelas harus ada kandungan karbohidrat, protein dan serat. Namun, apa yang dilakukan oleh seorang kakek di India sangatlah beda.

KOTA TANGERANG
Kepergok Bobol Toko Emas di Pasar Bengkok Tangerang Pelaku Dikeroyok Massa

Kepergok Bobol Toko Emas di Pasar Bengkok Tangerang Pelaku Dikeroyok Massa

Minggu, 27 Mei 2018 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Toko Emas yang berlokasi di Pasar Bengkok 2, Cipondoh, Kota Tangerang dibobol maling. Beruntung pelaku ketika melancarkan aksinya kepergok warga lebih dulu. Sehinggga pelaku berhasil dikeroyok massa.

"Penderitaan terburuk dalam hidup bukanlah dengan kalah, kehilangan sesuatu maupun kemalangan yang menimpa, melainkan rasa takut akan sesuatu dan kemudian ketakutan itu tak pernah terlepas dari diri Anda."

Anonim