Connect With Us

Peneliti Binus Ciptakan Robot Humanoid untuk Mengajar anak SD

Abels | Senin, 23 Januari 2017 | 18:00

| Dibaca : 1206

Peneliti BINUS Ciptakan Robot Humanoid untuk Mengajar anak SD (@tangerangnews 2017 / Raden Bagoes Irawan)

 

 

TANGERANGNews.com-Perkembangan bidang kecerdasan buatan dan robotika di dunia ternyata mampu  diresponse dengan baik oleh para peneliti di Indonesia.  Terobosan baru diraih oleh para peneliti di Binus University yang berhasil menciptakan Robot Humanoid yang mampu mengajar Matematika dan memberikan hiburan bagi anak Sekolah Dasar.

 

Robot berbentuk manusia (Robot Humanoid) bernama Bi-Max Educator ini berhasil meraih hibah bergengsi Toray Science and Technology Research Grant 2016 dari Jepang.

 

Menurut ketua tim peneliti, Dr. Widodo Budiharto yang memimpin Lab Robotics dan Intelligent Systems, School of Computer Science Binus University, riset ini menggandeng anggota dari para peneliti pakar di bidang Psikologi dari Departemen Psikologi dan Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Binus University. Penelitian ini berfokus pada aspek-aspek psikologi untuk interaksi alami antara robot humanoid dengan siswa.

 

Harapannya, dihasilkan robot humanoid cerdas yang mampu berinteraksi secara alami dengan siswa, sehingga siswa senang untuk belajar dengan robot.  Inovasi Robot ini luar biasa, robot ini mampu mengenal ucapan dan meresponse dalam Bahasa Indonesia, selain itu terdapat berbagai fitur materi pendidikan Matematika dan Games untuk Sekolah Dasar. 

 

Widodo menyampaikan,  hingga saat ini, robot berfungsi sebagai tool tambahan mendampingi Ibu/Bapak guru sebagai daya tarik bagi siswa untuk lebih giat belajar. Indonesian Toray Science Foundation telah mendanai 2 topik penelitian terkait penelitian di bidang kecerdasan buatan yang diterima oleh peneliti tersebut.

BANDARA
Ingin Kerja di Bandara Soetta, Wanita ini Mengaku Tertipu Puluhan Juta

Ingin Kerja di Bandara Soetta, Wanita ini Mengaku Tertipu Puluhan Juta

Selasa, 14 Juli 2020 | 19:35

TANGERANGNEWS.com–Nasib apes dialami Evi Haryanti. Wanita cantik berusia 22 tahun ini mengaku merugi sampai Rp21 juta. Ia diduga menjadi korban penipuan berkedok outsourching dengan iming-iming bekerja di Bandara Soekarno-Hatta

TEKNO
Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Sabtu, 28 Maret 2020 | 18:40

TANGERANGNEWS.com-Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Prof Bambang PS Brodjonegoro, melalui

WISATA
Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Sabtu, 13 Juni 2020 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Di tengah hiruk pikuk Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ternyata terdapat ruang terbuka hijau yang menjadi tempat favorit

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi