Connect With Us

Peneliti Binus Ciptakan Robot Humanoid untuk Mengajar anak SD

Abels | Senin, 23 Januari 2017 | 18:00

Peneliti BINUS Ciptakan Robot Humanoid untuk Mengajar anak SD (@tangerangnews 2017 / Raden Bagoes Irawan)

 

 

TANGERANGNews.com-Perkembangan bidang kecerdasan buatan dan robotika di dunia ternyata mampu  diresponse dengan baik oleh para peneliti di Indonesia.  Terobosan baru diraih oleh para peneliti di Binus University yang berhasil menciptakan Robot Humanoid yang mampu mengajar Matematika dan memberikan hiburan bagi anak Sekolah Dasar.

 

Robot berbentuk manusia (Robot Humanoid) bernama Bi-Max Educator ini berhasil meraih hibah bergengsi Toray Science and Technology Research Grant 2016 dari Jepang.

 

Menurut ketua tim peneliti, Dr. Widodo Budiharto yang memimpin Lab Robotics dan Intelligent Systems, School of Computer Science Binus University, riset ini menggandeng anggota dari para peneliti pakar di bidang Psikologi dari Departemen Psikologi dan Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Binus University. Penelitian ini berfokus pada aspek-aspek psikologi untuk interaksi alami antara robot humanoid dengan siswa.

 

Harapannya, dihasilkan robot humanoid cerdas yang mampu berinteraksi secara alami dengan siswa, sehingga siswa senang untuk belajar dengan robot.  Inovasi Robot ini luar biasa, robot ini mampu mengenal ucapan dan meresponse dalam Bahasa Indonesia, selain itu terdapat berbagai fitur materi pendidikan Matematika dan Games untuk Sekolah Dasar. 

 

Widodo menyampaikan,  hingga saat ini, robot berfungsi sebagai tool tambahan mendampingi Ibu/Bapak guru sebagai daya tarik bagi siswa untuk lebih giat belajar. Indonesian Toray Science Foundation telah mendanai 2 topik penelitian terkait penelitian di bidang kecerdasan buatan yang diterima oleh peneliti tersebut.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill