Connect With Us

Peneliti Binus Ciptakan Robot Humanoid untuk Mengajar anak SD

Abels | Senin, 23 Januari 2017 | 18:00

Peneliti BINUS Ciptakan Robot Humanoid untuk Mengajar anak SD (@tangerangnews 2017 / Raden Bagoes Irawan)

 

 

TANGERANGNews.com-Perkembangan bidang kecerdasan buatan dan robotika di dunia ternyata mampu  diresponse dengan baik oleh para peneliti di Indonesia.  Terobosan baru diraih oleh para peneliti di Binus University yang berhasil menciptakan Robot Humanoid yang mampu mengajar Matematika dan memberikan hiburan bagi anak Sekolah Dasar.

 

Robot berbentuk manusia (Robot Humanoid) bernama Bi-Max Educator ini berhasil meraih hibah bergengsi Toray Science and Technology Research Grant 2016 dari Jepang.

 

Menurut ketua tim peneliti, Dr. Widodo Budiharto yang memimpin Lab Robotics dan Intelligent Systems, School of Computer Science Binus University, riset ini menggandeng anggota dari para peneliti pakar di bidang Psikologi dari Departemen Psikologi dan Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Binus University. Penelitian ini berfokus pada aspek-aspek psikologi untuk interaksi alami antara robot humanoid dengan siswa.

 

Harapannya, dihasilkan robot humanoid cerdas yang mampu berinteraksi secara alami dengan siswa, sehingga siswa senang untuk belajar dengan robot.  Inovasi Robot ini luar biasa, robot ini mampu mengenal ucapan dan meresponse dalam Bahasa Indonesia, selain itu terdapat berbagai fitur materi pendidikan Matematika dan Games untuk Sekolah Dasar. 

 

Widodo menyampaikan,  hingga saat ini, robot berfungsi sebagai tool tambahan mendampingi Ibu/Bapak guru sebagai daya tarik bagi siswa untuk lebih giat belajar. Indonesian Toray Science Foundation telah mendanai 2 topik penelitian terkait penelitian di bidang kecerdasan buatan yang diterima oleh peneliti tersebut.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

TANGSEL
Waroeng Lengkong Tangsel Gelar Pameran UMKM dan Berbagai Lomba Seni Budaya

Waroeng Lengkong Tangsel Gelar Pameran UMKM dan Berbagai Lomba Seni Budaya

Kamis, 25 April 2024 | 01:54

Waroeng Lengkong, wadah para pelaku UMKM di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal menggelar pameran produk lokal dan berbagai lomba seni budaya.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill