Connect With Us

Hobi Main Gim, Putra Bocah Asal Tangerang Berhasil Bobol Situs NASA

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 3 April 2019 | 20:39

| Dibaca : 15373

Putra Aji Adhari, berusia 15 tahun saat mengoperasikan komputer di kediamannya Kota Tangerang. (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Talenta muda yang mendunia lahir dari Kota Tangerang. Putra Aji Adhari, bocah berusia 15 tahun ini sukses membobol situs National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Setelah aksinya viral diberitakan media massa, bocah yang gemar bermain gim itu kini kebanjiran orderan di Instagram.

"Awalnya karena dari kecil hobi main gim, minecraft, Point Blank, banyak" ujarnya kepada TangerangNews di kediamannya, Rabu (3/4/2019).

Warga Ciledug, Kota Tangerang yang masih duduk di bangku SMP itu menceritakan, kegemarannya bermain gim daring ( online ) tersebut kemudian membuatnya termotivasi untuk memiliki keahlian menyusup ke situs manapun. Salah satunya situs NASA.

Namun, ternyata Putra tidak memiliki tujuan jahat, ia justru membantu pihak NASA atau situs lainnya untuk mengetahui kelemehan dengan melakukan penetration testing.

Penetration testing. merupakan upaya masuk ke situs tertentu dan menemukan celah yang sekiranya rentan disusupi hacker jahat.

Setelah tujuannya berhasil yaitu melakukan penetration testing, Putra si bocah baik hati ini membantu pihak NASA dengan memberitahu bahwa ada bug (cacat desain), sehingga rawan dimasuki hacker jahat.

"Sebenernya enggak nge-hack, tapi penetration testing. Ngetes bagian mana yang ada bug-nya dan ada celahnya untuk bisa disusupi. Nanti dari sana kita lapor ke NASA," terangnya.

Selain NASA, sebelumnya ia juga mengaku berhasil masuk ke situs Bank Central Asia (BCA), Bank Mandiri, Bank Jateng, dan situs perusahaan besar lainnya.

"Kalau sering mah enggak, tapi ada beberapa perusahaan besar dan itu rentan juga," kata Putra.

Hebatnya lagi, untuk dapat masuk ke situs perusahaan besar nasional bahkan internasional, Putra hanya membutuhkan waktu sekira tiga menit. Bahkan satu menit jika tingkat keamanan situs itu lemah.

Ia mengaku bila sudah berhasil membobol sebuah situs dan masuk ke database-nya, ia sering melihat banyak nominal uang hingga miliaran.

"Kalau mau ambil mah bisa aja, tapi janganlah, enggak mau. Mending yang halal-halal saja," kata Putra dengan polosnya.

Diceritakannya, ia memiliki kemampuan membobol situs tersebut secara otodidak dengan membaca artikel di internet, menonton tayangan di YouTobe dan bergabung dengan Komunitas IT se-Indonesia. Selain itu, ia juga mengidolakan beberapa tokoh berpengaruh dalam dalam bidang IT. Seperti Bill Gates pemilik Microsoft Word dan Mark Elliot Zuckerberg pendiri Facebook serta hacker asal Indonesia yakni Jim Geovedi dan kang Onno.

Setelah aksi jeniusnya viral, Putra pun kemudian kebanjiran orderan. Ia mengatakan tak sedikit temannya yang meminta diajari terkait keahlian mengoperasikan komputer, terutama kemampuan sistem teknologi informasi (TIU) agar bisa membobol akun Facebook dan Instragram mantan pacar temannya.

"Pas tahu bisa nge-hack gitu, langsung banyak yang minta ajarin komputer. Terus minta ajarin cara hack. Tapi mintanya malah tolong ajarin nge-hack akun Facebook, Instagram mantan," seloroh Putra.

Namun permintaan temannya tersebut ia anggap aneh, sehingga ia pun kerap langsung menolak permintaan tolong tersebut.

"Ya enggak lah, enggak penting," celetuk Putra.

Padahal, jelasnya, sebenarnya untuk membobol sebuah akun media sosial itu bukanlah pekerjaan yang rumit. walau khusus untuk Facebook dan Instagram dapat menyita waktu yang cukup lama untuk menembus pertahanan situsnya.

"Bisa sih, tapi itu kan kalau Instagram sekuritinya lebih tinggi jadi lebih lama. Tapi kalau Facebook pernah dan itu ada bug dikit," tukas anak bungsu dari empat bersaudara itu.(RMI/HRU)

OPINI
Suhendar dan Pilkada Tangsel

Suhendar dan Pilkada Tangsel

Kamis, 20 Juni 2019 | 23:48

Bila selama ini isu pergerakan Tangerang Selatan seringkali bermula dari kawasan Ciputat, kini tawaran gerakan perubahan lahir dari daerah paling ujung

PROPERTI
Hampir Dua Bulan, Air di Muara Cisadane Hitam & Bau

Hampir Dua Bulan, Air di Muara Cisadane Hitam & Bau

Senin, 5 Agustus 2019 | 22:06

TANGERANGNEWS.com-Air di muara Sungai Cisadane tercemar. Kondisi tersebut tampak dari menghitamnya warna air serta mengeluarkan aroma tak sedap.

BANTEN
Ibu dan Anak Ditemukan Tergeletak di Kamar Mandi

Ibu dan Anak Ditemukan Tergeletak di Kamar Mandi

Selasa, 20 Agustus 2019 | 13:42

TANGERANGNEWS.com - Ibu dan anak ditemukan terkapar di dalam rumah di wilayah Cibeber, Kota Cilegon. Sang anak dilaporkan meninggal di kamar

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt