Connect With Us

Bupati Tangerang Harapkan UPTD LK Bangun Jejaring Informasi Tenaga Kerja

Tim TangerangNews.com | Selasa, 7 September 2021 | 22:08

| Dibaca : 542

Peserta pelatihan kerja di Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Diskominfo Kab. Tangerang)

TANGERANGNEWS.com- Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan melonjaknya angka pengangguran di mana-mana, termasuk di Kabupaten Tangerang. Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi masalah besar tersebut. 

Sebanyak 1.552 orang lulusan Unit Pelaksana Teknis Daerah Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang kini siap untuk bekerja, bahkan dari jumlah tersebut sebanyak 542 sudah terserap di dunia industri.

Pelatihan kerja di UPTD Latker Disnaker Kabupaten ini merupakan kegiatan untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Tangerang, terlebih pada masa pandemi Covid-19 ini.

Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun tersebut sudah memasuki sesi ketiga yang berlangsung pada hari Selasa 7 September 2021 yang diikuti 130 peserta.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyatakan selama pandemi Covid-19 sudah 209 peserta dari 7 desa lolos pelatihan keterampilan menjahit sepatu, komputer, otomotif dan las, yang kemudian diserap oleh perusahaan di Kabupaten Tangerang.

"Pelatihan kerja ini bisa dijadikan solusi yang tepat untuk membangun jejaring informasi kebutuhan kompetensi tenaga kerja agar sesuai pasar kerja. Bahkan sebagian lulusan sudah melakukan wirausaha mandiri skala kecil dan menengah” tuturnya dikutip dari Diskominfo Kabupaten Tangerang.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid berharap lulusan pelatihan kerja di UPTD Latker Disnaker Kabupaten Tangerang ini nantinya dapat mengisi tenaga kerja sesuai kompentensi yang dibutuhkan perusahaan.

"Ini efek domino Covid-19, banyak karyawan diberhentikan, usaha menengah dan kecil tutup. Dan dengan pelatihan kerja akan dapat diserap kembali oleh perusahaan,” ujarnya.

Diketahui, saat ini terdapat 20 perusahaan di Kabupaten Tangerang yang bergabung dalam Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dengan Industri (FKLPI). Forum ini dikukuhkan secara resmi oleh sekda Maesyal bersamaan dengan pelatihan kerja gelombang ketiga hari ini.

PT. Adis Dimension Footwear merupakan salah satu perusahaan yang sudah merasakan dampak manfaat latihan kerja tersebut. Direktur Human Capital PT Adis Nunung Riyanto mengatakan pihaknya telah menyerap sekitar 85 tenaga kerja lulusan UPTD Latker gelombang pertama.

"Kami berharap perusahaan lain juga ikut menyerap tenaga kerja dari lulusan pelatihan kerja ini," harap Nunung.

BISNIS
Gajian Cuma Numpang Lewat, Ini 5 Tips untuk Atur Keuangan

Gajian Cuma Numpang Lewat, Ini 5 Tips untuk Atur Keuangan

Sabtu, 4 Februari 2023 | 09:58

TANGERANGNEWS.com- Memasuki awal bulan biasanya merupakan momen-momen para pekerja telah mendapatkan gajinya.

PROPERTI
Paramount Land Luncurkan Hunian Mewah Pertamanya di Gading Serpong, Hanya 182 Unit

Paramount Land Luncurkan Hunian Mewah Pertamanya di Gading Serpong, Hanya 182 Unit

Kamis, 15 Desember 2022 | 14:59

TANGERANGNEWS.com-Paramount Land memberikan kejutan dengan menghadirkan hunian luxurious, Matera Residences di Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, jelang penghujung tahun 2022.

BANTEN
Progres Pelebaran Tol Tangerang-Merak Capai 73,12 Persen, Ditarget Selesai Sebelum Lebaran

Progres Pelebaran Tol Tangerang-Merak Capai 73,12 Persen, Ditarget Selesai Sebelum Lebaran

Kamis, 2 Februari 2023 | 16:36

TANGERANGNEWS.com-Pelaksanaa proyek penambahan lajur ketiga segmen Cikande – Serang Timur di ruas Jalan Tol Tangerang-Merak, progresnya telah mencapai 73,12 Persen.

AYO! TANGERANG CERDAS
Hasil Karya Mahasiswi Tangerang jadi Maskot Resmi Pemilu 2024

Hasil Karya Mahasiswi Tangerang jadi Maskot Resmi Pemilu 2024

Sabtu, 26 November 2022 | 17:29

TANGERANGNEWS.com-Stephanie, mahasiswi Universitas Pradita, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, berhasil memenangkan Lomba Maskot Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill