Connect With Us

Keren! Para Dosen Universitas Pamulang Turun Serempak Mengabdi di Sepatan Tangerang, Ini yang dilakukan

Denny Bagus Irawan | Jumat, 29 April 2022 | 15:00

| Dibaca : 452

Kegiatan sosialisai penggunaan website yang telah dibuat di sekolah Madrasah Aliyah RHM Cendikia. (Istimewa / [email protected])

TANGERANGNEWS.com-Para dosen dari Universitas Pamulang Teknik Informatika yang terdiri dari Riky Susanto, Pandu Wiliantoro, dan Juri Pebrianto secara serempak melakukan tugas Tri Dharma perguruan tinggi dengan mengabdikan diri kepada masyarakat dan kepada sekolah yang berlokasi di Jalan Nyi Mas Melati Desa Pondok Kelor, RT 01 RW 03, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis 24 Maret 2022 lalu. 

Ketiga dosen yang merupakan lulusan S2 tersebut turut dibantu para mahasiswanya untuk membantu masyarakat melahirkan para pemuda di Sepatan menjadi lebih baik, dengan memberikan pelatihan cara penggunaan aplikasi website yang sebelumnya sudah dibuat dan dihosting dengan domain SCH.ID. 

Sekolah yang mendapat pengembangan khusus oleh ketiga dosen tersebut yakni Sekolah Madrasah Aliyah RHM Cendikia.  Untuk diketahui, sekolah tersebut masih sangat butuh perluasan informasi. Seperti  tentang sekolah, fasilitas dan informasi lainnya yang dapat menjadi media promosi dan nilai tambah dalam pandangan masyarakat. 

Sehingga dapat menjadi sebuah tolok ukur para orang tua murid untuk memilih sekolah tersebut, sebagai sekolah tempat andanda mereka dititipkan di sana kelak. “Selama ini informasi sekolah masih disampaikan dalam bentuk, dari mulut ke mulut atau  pesan berantai dari orangtua murid ke orang lainnya,” terang Juri Pebrianto.

Pihak sekolah masih menggunakan cara konvensional dengan cara memberikan brosur atau flyer. Tentunya, cara ini dirasa cukup mahal, karena harus mengeluarkan biaya mencetak brosur dan lainnya, serta terbatasnya informasi yang dapat dikemas hanya dalam lembaran iklan brosur. Website bagi sebuah sekolah sedang menjadi trend di dunia pendidikan agar mendapatkan perhatian, tanggapan yang sangat bagus dari berbagai pihak baik dari tenaga kependidikan, siswa, dan juga masyarakat. 

Dengan website sekolah semua pihak bisa merasakan manfaatnya.  Website sekolah adalah sebuah sistem informasi yang resmi dimiliki sekolah dan biasanya untuk website sekolah memiliki ciri khusus dari nama domainnya yaitu SCH.ID. 

“Tidak hanya itu website sekolah juga dapat digunakan untuk membantu sarana pembelajaran online untuk para siswa siswi,” tutur Juri Pebrianto.  Pembuatan website menjadi pilihan karena kemudahan dalam akses informasi ketika masyarakat juga mulai terbiasa dengan memanfaatkan teknologi berbasis internet. 

Untuk itu, sudah selayaknya lembaga pendidikan memiliki sistem informasi sekolah berbasis website.  Manfaatnya adalah memperkenalkan profil sekolah sehingga masyarakat luas mengetahui informasi apapun tentang sekolah seperti: Fasilitas yang tersedia, Kurikulum intra dan ekstra kurikuler termasuk materi pembelajaran online dan pustaka maya, prestasi yang telah diraih oleh sekolah, informasi mengenai perencanaan sekolah dan kebutuhan biaya dan lainnya serta meningkatkan image sekolah dimata masyarakat sebagai sekolah yang mengikuti perkembangan teknologi internet. 

Dalam melaksanakan pengabdian kepada Masyarakat ini, dilakukan penyusunan rencana metode yang akan dilakukan selama proses awal sosialisasi dan rencana selama kegiatan berlangsung. 

“Adapun dalam sosialisasi awal, kami terlebih dahulu berkunjung ke sekolah untuk mensosialisasikan kegiatan yang akan dilangsungkan,” ujar Juri Pebrianto.  Para dosen tersebut juga menyampaikan kepada para guru di sana dengan langsung melakukan demonstrasi terkait jika ada masalah pada koneksinya.  Tidak hanya langsung mempraktekannya, tetapi juga mereka diberikan buku petunjuk (manual book) dan link referensi agar dapat memperlajarinya kapan pun para guru tersebut mau. 

“Pada sosialisasi di awal pertemuan kami berharap komunikasi dua arah yaitu mengenai bagaimana menggunakan website dengan domain SCH.ID agar perangkat dapat mendukung serta bagaimana memecahkan masalah bila terjadi tidak terkoneksinya jaringan internet,” katanya.  Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat menggunakan Training of Trainer (TOT) yaitu memberikan materi terlebih dahulu.  

Kemudian dilanjutkan dengan praktik secara langsung oleh para guru.  Dengan menggunakan cara tersebut akan lebih tersampaikan dengan baik dan efektif. Selain itu tugas pun dibagi, agar dalam pelaksanaan pekerjaan dapat dilakukan secara merata, efisien dan efektif tetapi tetap masing-masing mendapat tugas sesuai dengan proporsinya agar memudahkan tidak memberatkan. “Dengan kegiatan tersebut kami berharap para peserta pelatihan baik guru maupun staf dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diberikan,” terangnya. 

Pada kunjungan kedua sekaligus para dosen terkait akan melakukan sosialisasi dari apa yang sudah disepakati dan memberikan website yang sudah dibuat kepada sekolah. Pada sesi presentasi dan sosialisasi website yang telah dibuat, peserta sangat bersemangat dengan apa yang dijabarkan.

Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh para dosen Universitas Pamulang Fakultas Teknik dengan program studi Teknik Informatika juga melibatkan pada Mahasiswa atas kegiatan ini demi dapat membantu dan memfasilitasi kegiatan pengabdian ini,  serta memberikan kegiatan positif bagi Mahasiswa agar kedepannya diharapkan Mahasiswa dapat memberikan kontribusinya dalam Tri Dharma yang juga diwajibkan bagi Mahasiswa.

“Pada akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang terdiri dari siswa,  guru dan kepala sekolah H. Khotibul Umam, serta para mahasiswa yang terlibat pada kegiatan ini,” tutupnya. 

TOKOH
Bahagianya Kehidupan Rinni Idol Saat Ini, Usai Kekasihnya Telah Menghamili Wanita Lain

Bahagianya Kehidupan Rinni Idol Saat Ini, Usai Kekasihnya Telah Menghamili Wanita Lain

Minggu, 27 Maret 2022 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Pada tahun 2010 siapa yang tidak kenal dengan Rinni Wulandari, dia penyanyi terkenal di-era itu. Ya, mungkin publik masih ingat dengan Rinni Wulandari?

BANDARA
Ronaldinho Tiba di Bandara Soekarno-Hatta Dijemput Raffi Ahmad

Ronaldinho Tiba di Bandara Soekarno-Hatta Dijemput Raffi Ahmad

Jumat, 24 Juni 2022 | 18:44

TANGERANGNEWS.com-Pesepakbola dunia, Ronaldinho tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, dijumput langsung oleh artis Raffi Ahmad, Jumat 24 Juni 2022

KOTA TANGERANG
Benda Mencurigakan Ditemukan di Lapas Wanita Tangerang 

Benda Mencurigakan Ditemukan di Lapas Wanita Tangerang 

Rabu, 29 Juni 2022 | 22:29

TANGERANGNEWS.com-Sebuah benda mencurigakan ditemukan di Lapas Pemasyarakatan Kelas IIA Tangerang (Lapas Wanita), Rabu 29 Juni 2022

MANCANEGARA
Punya Tangan dan Kaki Seperti Laba-laba, Bocah Ini Dianggap Titisan Dewa

Punya Tangan dan Kaki Seperti Laba-laba, Bocah Ini Dianggap Titisan Dewa

Rabu, 1 Juni 2022 | 16:31

TANGERANGNEWS.com-Balita di India memiliki kekurangan fisik yang tidak biasa, dimana memiliki dua lengan dan dua kaki tambahan yang menonjol dari area perut dan pinggang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill