Connect With Us

Hari Ini, Begini Cara Cek Pengumuman SPAN-PTKIN 2023

Fahrul Dwi Putra | Senin, 3 April 2023 | 11:24

Poster resmi pengumuman SPAN-PTKIN oleh Kementerian Agama (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) bakal diumumkan hari ini.

Pengumuman hasil seleksi tersebut akan dipublikasikan secara serentak, tepatnya pada Senin 3 April 2023, sekira pukul 10.00 WIB.

Ketua Panitia SPAN-PTKIN Imam Taufiq mengatakan, sebanyak 176.413 siswa terdaftar sebagai peserta SPAN-PTKIN 2023.

Adapun untuk melihat hasil kelulusan, peserta dapat mengakses laman https://pengumuman-span.ptkin.ac.id/ dan memasukan nomor NISN siswa.

Selanjutnya, peserta yang lolos seleksi diminta segera mendaftar ulang ke masing-masing PTKIN sesuai dengan prosedur daftar ulang Perguruan Tinggi yang dipilih.

“Kami sampaikan selamat kepada yang lulus, dan segeralah melakukan registrasi ke kampus masing-masing, dengan memanfaatkan skema beasiswa secara kompetitif yang diatur oleh masing-masing kampus PTKIN," ujarnya.

Taufiq menjelaskan, peserta yang lolos SPAN berkesempatan memeroleh beragam beasiswa dari lembaga-lembaha nasional maupun Islam.

"Beasiswa itu di antaranya Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) yang bekerja sama dengan LPDP, Beasiswa Baznas, dan lainnya,” katanya.

Lanjut Taufiq, pihaknya akan segera menggelar seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) untuk memfasilitasi para peserta SPAN-PTKIN yang belum lolos agar dapat kembali mencoba peruntungannya.

“Bagi peserta yang belum lolos SPAN-PTKIN, kesempatan kuliah masih ada melalui jalur UM-PTKIN. Pendaftarannya akan dibuka pada 10 April sampai 15 Mei 2023,” jelasnya.

Sebagai informasi, SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional masuk Perguruan Tinggi yang digelar oleh seluruh UIN, IAIN dan STAIN dalam satu sistem yang terpadu

SPAN PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN, IAIN dan STAIN menggunakan sistem terpadu melalui Panitia Pelaksana yang ditunjuk langsung Menteri Agama Republik Indonesia. 

Skema yang dijalankan ialah berdasarkan penyeleksian dari prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor ataupun prestasi lain tanpa melakukan ujian tertulis mirip seperti SNBP.

Sedangkan, UM-PTKIN merupakan ujian tertulis berbasis komputer yang dilaksanakan di masing-masing PTKIN, dengan mendaftar terlebih dahulu melalui link berikut: https://um.ptkin.ac.id/.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill