Connect With Us

Generasi Muda, Begini 5 Cara Menyikapi Hari Pendidikan Nasional

Fahrul Dwi Putra | Senin, 1 Mei 2023 | 12:06

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim. (@TangerangNews / Kemdikbud)

TANGERANGNEWS.com- Setiap tanggal 2 Mei akan diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional yang dirayakan seluruh insan pendidikan di seluruh Indonesia.

Penetapan Hari Pendidikan Nasional ini didasarkan pada hari lahirnya seorang tokoh yang amat berjasa dalam dunia pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara.

Oleh karena itu, penting untuk memperingati hari bersejarah tersebut khususnya bagi pelajar dan generasi muda Indonesia. Berikut adalah beberapa cara menyikapi Hari Pendidikan Nasional:

1. Menghargai Pendidikan 

Pendidikan merupakan hal penting lantaran menjadi modal dan dasar untuk membangun masa depan seseorang maupun negara. Peningkatan mutu dan komitmen kualitas pendidikan di Indonesia adalah salah satu bentuk cara menghargai pendidikan.

2. Menjaga Semangat Belajar

Terus Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sebagai bentuk menjaga semangat belajar dapat menjadi langkah memperingati Hari Pendidikan sekaligus menginspirasi orang lain bertepatan dengan momentum tersebut.

3. Meningkatkan Kesadaran Pendidikan

Hari Pendidikan Nasional juga menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pendidikan di masyarakat. Hal ini dapat dilakukan dengan menyebarkan informasi mengenai pentingnya pendidikan dan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

4. Menghargai Guru

Guru merupakan salah satu pilar penting dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, Hari Pendidikan Nasional juga dapat dijadikan momen untuk menghargai peran guru dalam membentuk karakter dan masa depan anak bangsa.

5. Bersyukur

Hari Pendidikan Nasional dapat menjadi momen untuk bersyukur atas kesempatan yang diberikan untuk memperoleh pendidikan. Sebagai negara yang masih banyak dihuni oleh orang-orang yang belum memperoleh kesempatan pendidikan yang memadai, kita harus bersyukur atas kesempatan ini dan berkomitmen untuk membantu mereka yang belum berkesempatan memperoleh pendidikan.

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, kita dapat melakukan berbagai macam kegiatan seperti mengadakan seminar, lokakarya, atau mengadakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan di masyarakat.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

BANTEN
Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:22

Sebanyak 1.000 anak yatim yang berada di Kabupaten Tangerang mendapat santunan dari Pemerintah dan DPRD Provinsi Banten, serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill