Connect With Us

146 Sekolah di Kota Tangerang Gratis, Arief: Tidak Boleh Ada Anak Putus Sekolah

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 6 Juni 2023 | 11:39

Ilustrasi siswa SMP Kota Tangerang (@TangerangNews / Fahrul Dwi Putra)

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 146 sekolah di Kota Tangerang meliputi 73 tingkat SD dan 73 tingkat SMP di 13 kecamatan resmi digratiskan dalam rangka mengurangi angka putus sekolah di Kota Tangerang.

"Dengan menggratiskan 146 sekolah swasta seperti negeri, kami berharap masyarakat kini memiliki banyak pilihan dalam melanjutkan pendidikan karena tidak boleh ada anak putus sekolah di kota Tangerang" ujar Arief R Wismansyah, Wali Kota Tangerang pada Senin, 5 Juni 2023.

Kebijakaan ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni pada 2021 dan 2022 hanya berupa bantuan uang pangkal senilai Rp1 juta per siswa. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin mengatakan, biaya yang akan ditanggung antara lain ialah biaya bpendaftaran, biaya ujian, biaya ulangan, biaya praktik, bangunan, SPP, biaya OSIS dan lainnya.

Sedangkan, biaya berupa keperluan pribadi, seperti pembelian baju, buku tulis, alat tulis, sepatu, dan tas akan ditanggung oleh masing-masing siswa seperti halnya sekolah negeri.

Adapun program sekolah swasta gratis ini diperuntukkan bagi para calon peserta didik yang tidak diterima di sekolah negeri akibat kuota yang sudah penuh ataupun zonasi, sehingga dapat melanjutkan pendidikannya tanpa perlu dipusingkan oleh biaya yang mahal.

“Sekolah swasta dikenal atau memiliki stigma biaya sekolah yang mahal, persoalan inilah yang diselesaikan atau dijawab dengan program nyata yang diberikan Pemerintah Kota Tangerang. Dengan ini, tidak perlu lagi panik atau gelisah, karena solusi pastinya sudah ada,” ucap Jamal.

Jamal menegaskan agar para orang tua maupu wali murid tidak perlu khawatir perihal fasilitas dan kualitas sekolah yang digratiskan lantaran telah memiliki akreditasi yang baik.

“Intinya bagi para orang tua murid, jangan panik apabila anak tidak diterima di sekolah negeri karena kami sudah menyiapkan 73 SD dan 73 SMP swasta secara gratis. Baik dari segi fasilitas dan kualitas juga sama baiknya dengan sekolah negeri. Sehingga, anak-anak tetap mendapatkan pendidikan yang berkualitas,” pungkasnya.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill