Connect With Us

Sistem Buka Tutup Pintu M1 Diberlakukan 26 Desember

Dira Derby | Rabu, 25 Desember 2013 | 10:55

Jalan Perimeter pengganti jalan Pintu M1 Bandara Soekarno-Hatta (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)


 
TANGERANG-Sistem buka tutup akses Pintu M1 (belakang) Bandara Internasional Soekarno-Hatta akhirnya menjadi opsi sementara pihak terkait pengelolaan Bandara tersebut, sebelum jalan itu ditutup permanen karena menjadi perlintasan Kereta Rel Listrik (KRL).
 
Itu diketahui setelah digelarnya rapat antara PT Angkasa Pura II, Polres Bandara Soekarno-Hatta dan Otoritas Bandara Soekarno-Hatta.
 
Dalam rapat tersebut tertuang memutuskan mulai 26 Desember 2013 mulai diberlakukan program pengenalan rute pengalihan akses dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta melalui Jalan Perimeter Utara dan Perimeter Selatan pada pukul 09.00-11.00 WIB dan 14.00-16.00 WIB.
 
Karena itu, akan diberlakukan sistem buka-tutup Pintu M1 dimana akses tersebut ditutup pada jam -jam yang telah ditentukan. 
 
Bram Bharoto Tjiptadi, Senior General Manager PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta, mengatakan, pola pengalihan ini juga dilakukan agar masyarakat lebih dulu terbiasa dengan lalu lintas melalui Jalan Perimeter Utara dan Perimeter Selatan sebelum pengalihan rute dilakukan permanen.
 
“Keputusan ini adalah hasil rapat pada Selasa malam, 24 Desember 2013, yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura II, Polres Bandara Soekarno-Hatta, dan Otoritas Bandara. Sebelum dilakukan pengalihan permanen, kami melakukan pengenalan rute terlebih dahulu dengan membuka Jalan Perimeter Utara dan Perimeter Selatan pada jam-jam tertentu," jelasnya. 
 
Bram mengatakan, dengan terlebih dahulu melakukan pengenalan pengalihan rute ke masyarakat maka diharapkan bisa memastikan kelancaran lalu lintas di Jalan Perimeter Utara dan Perimeter Selatan.
 
“Pengenalan lalu lintas dengan pola buka-tutup ini juga guna menjamin kelancaran lalu lintas, dan agar calon penumpang pesawat atau masyarakat yang bertujuan ke bandara tidak kaget saat nantinya akses melalui Pintu M1 dialihkan secara permanen ke Jalan Perimeter Utara dan Perimeter Selatan,” tambah Bram.
 
Agar masyarakat terinformasikan dengan baik, rambu pengumuman buka-tutup Pintu M1 akan dipasang di depan Pintu M1, jembatan pintu keluar jalan perimeter, gerbang bandara, dan prasasti yang terletak di dekat Terminal 3 dan Terminal Kargo. 
 
Rapat juga memutuskan, bahwa saat ada pengalihan rute M1 ke Jalan Perimeter Utara dan Perimeter Selatan, pihak Polres Bandara dengan 15 personil dan Aviation Security berkekuatan 20 personil akan memandu masyarakat melalui Jalan Perimeter Utara dan Perimeter Selatan.
 
Jalan Perimeter Utara dan Perimeter Selatan adalah jalan yang dibangun oleh PT Angkasa Pura II guna mengalihkan lalu lintas Tangerang – Bandara Soekarno-Hatta dan sebaliknya yang saat ini melalui Pintu M1. Kedua jalan ini adalah restricted public area (RPA) sehingga ditetapkan tidak bisa dilalui oleh bus dan truk. 
 
Adapun pengalihan rute ini terkait dengan pengembangan Bandara Soekarno-Hatta, diantaranya adalah pembangunan jalur kereta KRL dan stasiun kereta. 


Saat dilakukan pengalihan rute M1, calon penumpang pesawat atau pengunjung yang ingin ke Bandara Soekarno-Hatta dari arah Tangerang bisa melalui Jalan Perimeter Selatan Bandara dengan rute Jl. Surya Darma – Jl. Perimeter Selatan – Jl. Husein Sastranegara – Jl. P1 Bandara.
 
Sementara itu, dari Bandara Soekarno-Hatta untuk ke Tangerang bisa melalui Jl. P2 Bandara – Jl. Perimeter Utara – Jl. Surya Darma.
 Bagi pelintas yang ingin ke Jakarta dari Tangerang dan sebaliknya disarankan tidak melalui Jalan Perimeter Selatan maupun Perimeter Utara.
 
Namun, pelintas yang ingin ke Jakarta dari Tangerang bisa melalui Jl. Surya Darma atau Jl. Daan Mogot – Jl. Pembangunan III – Jl. Juanda – Jl. Garuda – Jl. Halim Perdanakusuma – Jl. Husein Sastranegara – Jl. Tol Sedyatmo.
 
Sebaliknya pelintas yang ingin ke Tangerang dari Jakarta melalui Tol Sedyatmo – exit tol Rawa Bokor – Jl. Husein Sastranegara – Jl. Halim Perdanakusuma – Jl. Garuda – Jl. Juanda – Jl. Pembangunan III – Jl. Surya Darma atau Jl. Daan Mogot.
 
 
WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

TANGSEL
Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Pria Paruh Baya Gantung Diri di Bekas Kantor Kelurahan Jurangmangu Tangsel

Sabtu, 20 April 2024 | 14:52

Seorang pria paruh baya ditemukan tewas gantung diri di sebuah bangunan bekas kantor Jurangmangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill