Connect With Us

WN Kenya Telan 94 Kapsul Sabu

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 23 April 2014 | 19:35

Tersangka Penelan 94 Butir (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

TANGERANG-Seorang wanita warga negara Kenya berinisial NL, 34, nekat menelan 94 kapsul berisi sabu dengan berat total 1.112 gram, untuk diselundupkan ke Indonesia.

Tersangka membawa sabu tersebut dari Doha dengan menggunakan maskapai Qatar Airways (QR-954) tujuan Jakarta. Setelah mendarat di terminal 2D Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Sabtu (5/4) malam, gerak-gerik tersanga dicurigai petugas.

"Lalu petugas melakukan pemeriksaan fisik dengan cara rontgen, ternyata ada benda asing berbentuk kapsul di dalam perutnya. Tersangka mengaku bahwa benda tersebut kapsul berisi sabu," papar Kepala Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta Okto Irianto, Rabu (23/4).

Kemudian tersangka diamankan untuk mengeluarkan barang bukti tersebut dengan obat pencahar. Setelah 24 jam, sebanyak 94 kapsul tersebut berhasil dikeluarkan. "Total sabu tersebut 1.112 miliar dengan nilai estimasi Rp1,5 miliar," tambah Okto. Menurut pengakuan tersangka, kapsul tersebut ditelan satu per satu saat berada di Doha. Rencananya sabu tersebut akan diedarkan di Jakarta.

"Ini tangkapan sabu terbesar dengan modus ditelan. Kita sedang kembangkan kasus ini untuk menangkap bandarnya," tukas Okto. Ditambahkan Okto, Bea Cukai bersama Polres Bandara dan BNN juga mengungkap lima kasus penyelundupan narkotika. Modusnya dilakukan dengan disembunyikan dalam lilin, tabung filter, gear box mesin dan celana dalam.

"Dari lima kasus itu, tersangka yang kita amankan yakni WNI berinisial PN, EB, M, dan DN. Lalu WN China inisial LF. Tangkapan tersebut dari 26 Maret samapai 18 April," ujarnya. Total barang bukti yang berhasil disita dari para tersangka yakni 4.344 gram sabu dan 5.140 butir tablet ketamine. Nilai estimasinya Rp 11 miliar," katanya.

AKP Subekti Wakasat Narkoba Polres Bandara  Soekarno-Hatta mengatakan, pelaku seluruhnya merupakan satu jaringan internasional. Menurut dia, usaha jaringan internasional ini terus mencari modus operandi terbaru. “Sedangkan soal upaya warga Kenya yang menelan 94 butir itu adalah termasuk yang terbesar, biasanya hanya 30 butir,” tutupnya.
HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

SPORT
Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 | 09:21

Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan, yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April 2024, dini hari.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill