Connect With Us

Pelajar Belia Indonesia Raih Karya Ilmiah Tingkat Internasional

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 24 April 2014 | 19:20

Peserta Pelajar Belia Indonesia yang raih prestasi Internasional (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

TANGERANG-Pelajar Indonesia kembali meraih prestasi dalam ajang lomba presentasi karya ilmiah tingkat Internasional, yakni International Conference for Young Scientist (ICYS) yang ke- 21. Lomba ini diselenggarakan di Boegard, Serbia, sejak 17-23 April 2014.

Dalam ICYS tersebut, Indonesia bersaing dengan 15 negara yang menghadirkan tim nasional masing-masing. Namun Indonesia berhasil membuktikan track record untuk meraih medali emas setiap tahun sejak 2009.

Dari lomba tersebut, Indonesia meraih dua medali Emas bidang Matematika dan Poster ilmiah Ekologi Terbaik yang disabet oleh Harman Dewantoro dari SMA Cita Hati Surabaya dan Locelyne Livia Kusuma dari SMA Santa Laurensia Tangerang, dua medali Perak bidang Ilmu alam dan Ekologi yang didapat Josiah Christoper dari SMA Cita Hati Surabaya dan Jeff Bastian Wongso Wijaya dari SMA Kristen Petra 1 Surabaya.

Lalu dua medali Perunggu bidang Matematika dan ekologi yang didapat Wilbert Osmond dari SMP Chandra Kusuma Medan dan Ni Luh Putu Lilis Sinta Setiawati dari SMAN Bali Mandara Singaraja. Ada juga penghargaan khusus bidang ilmu komputer oleh Gracesilia dari SMP Kristen Petra 3 Surabaya.

Kasubdit Kelembagaan Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendigbud) RI Suharlan mengatakan, medali yang diperoleh para pelajar tersebut merupakan suatu prestasi yang membanggakan sehingga Indonesia bisa diperhitungkan oleh negara lain.

"Ini membuktikan bahwa Indonesia tidak sejelek yang dikenal dunia luar. Selama ini kita cuma dikenal TKI dan TKW nya. Tapi dengan prestasi dalam event pendidikan ini kita cukup diperhitungkan tingkat internasional bidang penelitian dan sains," katanya ketika menyambut para pelajar berprestasi itu di Terminal 2D Bandara soekarno Hatta, Kamis (24/4).

Menurutnya, selama ini Kemendikbud terus berupaya mengembangkan talenta anak-anak muda di bidang sains dan penelitian dengan kurikulum 2012. Para pelajar berprestasi ini juga akan mendapat reward berupa beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Anak-anak yang suka sains dan penelitian kita fasilitasi agar mereka tumbuhd an berkembang. Kita juga akan berupaya agar mereka bisa mendapat beasiswa unggulan, kita prioritaskan untuk anak-anak yang berperstasi di tingkat internasional," ujarnya.

Locelyne Livia Kusuma, 16, dari SMA Santa Laurensia Tangerang mengaku tidak menyangka bisa mendapat medai emas dari hasil penelitiannya ekstrak batang pepaya yang dijadikan sabun untuk membasmi jamur di kentang. Dia sempat pesimis melawan negara saingannya karena memiliki alat yanglebih modern dan canggih dari pada Indonesia.

"Saya sempat minder lawan Belanda. Tapi tidak disangka, saya menang. Ternyata yang dinilai bukan soal kecanggihannya, tapi soal metologi yang simpel. Ini semua berkat dukungan pembina dan orang tua saya," ujarnya.

Dia menjelaskan, riset sabun ekstrak batang pepaya tersebut sudah dia teliti sejak satu tahun lalu. Menurutnya jamur pada itu kentang dapat membuat kualitas kentang menurun sehingga harus dibasmi.

"Kalau kentang sehabis panen didiamkan, maka akan tumbuh jamur. Jadi sabun tersebut bisa digunakan untuk mencuci kentang saat pasca panen. Selain itu, batang pepaya bisa jadi inovasi dari pada dibuang," katanya.  
 
NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill