Connect With Us

2.552 Kura-kura Langka, dikembalikan ke Papua

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 16 Januari 2014 | 18:26

Kura-kura langka yang dikembalikan (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)


 
TANGERANG-Balai Besar Karantina Bandara Soekarno-Hatta melakukan serah terima ribuan kura-kura jenis moncong babi hasil sitaan upaya penyelundupan, kepada Kementerian Kehutanan. Kura-kura langka ini rencananya akan dikembalikan ke habitat asilnya di Asmat, Papua Barat.
 
Kepala Badan Karantina Pertanian Bainun Hartini mengatakan, serah terima ini merupakan hasil tindak lanjut dari kasus penggagalan upaya penyelundupan satwa tersebut dari Papua.
 
“Dari hasil sitaan awal, ada sebanyak 2986 ekor kura-kura. Sementara yang diserahkan sebanyak 2552 ekor karena sebanyak 416 ekor mati,” katanya di Instalasi Karantina Hewan Bandara Soekarno Hatta, Kamis (16/1).
 
Menurut Bainun, kura-kura moncong babi adalah satwa yang dilindungi dan masuk ke dalam kelompok Appendix I Cities. Diperkirakan hewan ini akan dijual ke luar negeri dengan harga Rp 200 ribu per ekor atau nilai estimasinya sekitar Rp 6 miliar.
 
“Satwa ini memiliki nilai yang tidak dapat diukur karena merupakan kekayaan fauna Indonesia yang tidak dimiliki bangsa lain. Sehingga harus kita jaga agar tidak punah,” ujarnya.
 
Sementara  Direktur Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Kementerian Kehutanan Novianto Bambang mengayakan, setelah menerima kura-kura moncong babi tersebut, pihaknya akan segera melepas ke habitat asalnya di Papua Barat.
 
“Kita juga akan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan instansi lainnya untuk sama-sama memperketat pengawasan mulai dari habitat hingga jalur tata niaga perdagangan kura-kura ini,” tukasnya.
 
Kepala Balai Karantina Bandara Soekarno Hatta Musyaffak Fauzi menjelaskan, penggagalan upaya penyelundupan kura-kur amoncong babi tersebut berawal dari informasi intelejen karantina. Satwa langka ini diangkut dari Jayapura dengan pesawat Garuda (GA-655) pada 7 Januari 2014.
 
“Pelaku menyelundupkan satwa itu di dalam empat buah koper sebagai barang bawaan. Petugas telah menunggu koper tersebut diambil oleh pelaku, tapi ternyata pelaku tidak mengambilnya. Koper itu ditinggalkan begitu saja di area kedatangan Terminal 2F. Namun setelah koordinasi dengan pihak kepolisian, informasinya pelaku sudah berhasil ditangkap,” katanya.
 
AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill