Connect With Us

Barang Hilang di Bandara Tanggung Jawab Siapa?

Dira Derby | Kamis, 6 Februari 2014 | 18:58

Pelaku yang diduga pencuri tas di Bandara saat terekam CCTV (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)

TANGERANG-Persoalan kehilangan tas dan barang berharga di Bandara begitu sering terjadi. Siapa yang bertanggung jawab atas keamanan barang yang sudah dititipkan melalui bagasi pesawat. 

Menurut  General Affair Manager Bandara Soekarno-Hatta Yudis Tiawan, berdasarkan Undang-undang penerbangan,  jika pengguna jasa penerbangan sudah menitipkan barang kepada maskapai penerbangan. Hal itu sudah termasuk dalam tanggung jawab pihak airlines.

“Jadi begitu sudah ditimbang untuk dititipkan dalam bagasi, barang tersebut sudah menjadi tanggung jawab airlines  meski telah sampai di bandara tujuan. Jadi maskapai dalam undang-undang tersebut diwajibkan mengganti,” kata Yudis.

Lalu bagaimana jika seorang penumpang membawa barang berharga di dalam tas bagasi tersebut. Yudis mengatakan, pihak maskapai akan mengganti sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Maksudnya, kata Yudis, pengguna jasa airlines juga wajib mematuhi bahwa tidak menyimpan barang berharga, barang berbahaya dan benda elektornik  di dalam tas yang dititipkan.

 “Jadi ada ketentuannya. Kecuali sudah ada kesepakatan, misalnya si penumpang melaporkan terlebih dahulu kepada pihak maskapai bahwa tasnya berisi barang berharga yang nilainya fantastis.  Namun, biasanya pihak maskapai akan menyarankan itu tidak di titipkan ke bagasi,” terangnya.
 
Sedangkan soal keamanan di curbside atau di public area artinya yang berada di luar restricted area ,  Yudis mengatakan, itu adalah tanggung jawab pengguna jasa.

“Bukan kita mau sombong , di Bandara Negara lain pun sebenarnya kalau di public area itu menjadi tanggung jawab pengguna jasa.  Adapun keamanan tambahan, ya ada pihak kepolisian. Tetapi, saya pikir ini adalah tanggung jawab bersama.  Jangan mentang-mentang ada polisi, terus kita lengah,” ujarnya.
 
TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill