Connect With Us

Gunung Kelud Meletus, 130 Penerbangan Batal Berangkat

Dira Derby | Jumat, 14 Februari 2014 | 18:27

Penumpang Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta Mulai Padat (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)



BANDARA-Meletusnya Gunung Kelud yang menyebabkan hujan vulkanik di beberapa daerah mengakibatkan sejumlah penerbangan dari  Bandara Soekarno-Hatta untuk wilayah timur Indonesia dibatalkan.  Sebanyak 130  penerbangan tercatat dibatalkan.  Hal itu dilakukan dengan alasan untuk mengantisipasi kecelakaan yang diperkirakan akan terjadi .

"Untuk hari ini kami terpaksa menunda 130 keberangkatan penerbangan dengan tujuan tujuh daerah," kata Yudis Tiawan, General  Affair Manager Bandara Soekarno-Hatta ,  di Tangerang, Banten, Jumat (14/02).

Ketujuh   daerah tujuan itu adalah, Bandara Adi Soemarno, Solo (Jawa Tengah), Adi Sucipto, Jogjakarta (Jawa Tengah), Juanda, Surabaya (Jawa Timur), Ahmad Yani,  Semarang (Jawa Tengah), Abdul Rahman Saleh  Malang (Jawa Timur),  Tunggul Wulung, Cilacap (Jawa Tengah) dan Bandara Husein Santra Negara, Bandung (Jawa Barat).

Sedangkan ke 130 penerbangan yang batal diberangkatkan adalah sebanyak 74 penerbangan dari Maskapai Garuda Indonesia, 34 Lion Air, 7  Siwijaya dan 7 maskapai City Link. "Kami terpaksa membatalkan penerbangan ini untuk keselamatan," kata Yudis Tiawan.

Pasalnya, kata dia, karena kondisi menuju bandara-bandara tersebut terganggu oleh hujan vulkanik meletusnya Gunung Kelud. Sehingga merusak jarak pandang penerbangan yang telah ditentukan, yaitu minimal 500 meter.

Untuk itu, kata Yudis Tiawan, pihaknya juga meminta maaf kepada para calon penumpang penerbangan yang batal diberangkatkan. Selain itu, kata dia, guna mengatisipasi panjangnya antrean di loket tiket di Bandara Soekarno-Hatta  dari para calon penumpang yang akan mengembalikan tiket,  para penumpang itu diharapkan  datang ke agen tempat mereka mendapatkan tiket tersebut atau lansung ke perusahaan maskapai.


Tampak di setiap terminal bandara tersebut, baik Terminal 1, 2 dan 3 terjadi antrean panjang di loket setiap maskapai yang menjual tiketnya di bandara itu. Daryanto salah seorang calon penumpang Lion Air mengaku kecewa atas pelayanan Lion Air.

"Saya setelah tahu dibatalkan, langsung ke biro perjalanan tempat saya beli tiket. Tetapi begitu sampai di  travel disuruh ke bandara, eh di bandara saya ke tiket Lion Air malah disuruh ke travel," terangnya yang mengaku akan ke Yogyakarta untuk menghadiri wisuda anaknya.


Sementara Darman, dirinya mau ke Malang untuk pesta pernikahan keluarganya. Darman yang berangkat dari Medan dan transit ke Bandara Soekarno-Hatta terpaksa kembalike Medan. "Enggak tahunya ada penerbangan lagi ke Medan baru besok. Saya milih tuker rute daripada kembali uang.  Balik lagi saya ke Medan," tuturnya.
TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

SPORT
Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 | 09:21

Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan, yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April 2024, dini hari.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill