Connect With Us

Kemenkes Simulasi Waspada Mers di Bandara Soekarno-Hatta

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 18 Juni 2014 | 16:36

| Dibaca : 534

Kemenkes Simulasi Waspada Mers di Bandara Soekarno-Hatta (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 
TANGERANG-Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan simulasi penanganan adanya penumpang yang terkena virus Mers - CoV di Bandar Udara Soekarno - Hatta, Rabu (18/6).
 
Pantauan dilapangan, kegiatan simulasi kewaspadaan virus Mers CoV diikuti sejumlah pejabat dari Otoritas Bandara Soekarno - Hatta, PT Angkasa Pura II, Kementerian kesehatan, Kantor kesehatan gabungan Soekarno - Hatta, pemda, pihak swasta dan pihak air lines.
 
Langkah awal yang dilakukan, petugas yang mendapat informasi mengenai adanya pasien yang terduga terjangkit virus Mers, kemudian melakukan persiapan. Petugas tersebut memakai perlengkapan khusus diantaranya sarung tangan dalam, baju pelindung, masker N95, sepatu boat dan sarung tangan luar.
 
Setelah lengkap, kemudian sebagian petugas masuk ke dalam tenda khusus untuk penanganan dan sebagian lagi membawa penumpang dengan ambulance. Saat di dalam tenda, penumpang tersebut kemudian diperiksa untuk memastikan mengenai dugaan terjangkit virus Mers CoV.
 
Jika telah diketahui penumpang tersebut terjangkit Mers, kemudian langsung dirujuk ke rumah sakit yang khusus menangani pasien suspect virus Mers CoV. Setelah itu, petugas medis bandara soekarno - hatta yang menangani pasien suspect virus Mers CoV, membersihkan diri dengan melepas baju yang dikenakan untuk kemudian dimusnahkan dengan dibakar agar virus tidak menyebar.
 
Sekretaris Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes, Muhammad Subhan, mengatakan, dari hasil pengamatan dilapangan yang disimulasikan, petugas medis telah dinyatakan siap.
 
"Bandar udara Soekarno - Hatta siap penanganan kewaspadaan virus Mers CoV dan siaga bila memang ada penumpang yang suspect," kata Muhammad Subhan.
 
NASIONAL
Indeks: Mayoritas Mahasiswa Dukung RUU Ciptaker, Ini Sebabnya

Indeks: Mayoritas Mahasiswa Dukung RUU Ciptaker, Ini Sebabnya

Kamis, 2 Juli 2020 | 17:11

TANGERANGNEWS.com-Mayoritas mahasiswa memandang positif sejumlah butir substansial dalam Rancangan Undang Undang (RUU) Cipta Kerja (Ciptaker)

KAB. TANGERANG
Begini Cara Satpam Cabul Bikin Korbannya Takut Ngadu

Begini Cara Satpam Cabul Bikin Korbannya Takut Ngadu

Minggu, 5 Juli 2020 | 14:17

TANGERANGNEWS.com-Anak-anak korban pencabulan oknum satpam di Pagedangan, Kabupaten Tangerang, selain diiming-imingi dengan berbagai cara juga kerap mendapat ancaman dari pelaku

SPORT
19 Juli MotoGP Kembali Digelar, Pebalap Ducati Malah Cedera

19 Juli MotoGP Kembali Digelar, Pebalap Ducati Malah Cedera

Selasa, 30 Juni 2020 | 09:59

TANGERANGNEWS.com-Setelah sempat terhenti oleh pandemi COVID-19, adu cepat kuda besi di sirkuti (MotoGP 2020) akan dimulai pada 19 Juli di

BANDARA
Penumpang COVID-19 Lolos di Bandara Soetta, Ini Kata KKP

Penumpang COVID-19 Lolos di Bandara Soetta, Ini Kata KKP

Jumat, 3 Juli 2020 | 11:11

TANGERANGNEWS.com-Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno Hatta (Soetta) semakin memperketat pengawasan pemeriksaan dokumen kesehatan calon penumpang

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi