Connect With Us

Kemenkes Simulasi Waspada Mers di Bandara Soekarno-Hatta

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 18 Juni 2014 | 16:36

Kemenkes Simulasi Waspada Mers di Bandara Soekarno-Hatta (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 
TANGERANG-Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan simulasi penanganan adanya penumpang yang terkena virus Mers - CoV di Bandar Udara Soekarno - Hatta, Rabu (18/6).
 
Pantauan dilapangan, kegiatan simulasi kewaspadaan virus Mers CoV diikuti sejumlah pejabat dari Otoritas Bandara Soekarno - Hatta, PT Angkasa Pura II, Kementerian kesehatan, Kantor kesehatan gabungan Soekarno - Hatta, pemda, pihak swasta dan pihak air lines.
 
Langkah awal yang dilakukan, petugas yang mendapat informasi mengenai adanya pasien yang terduga terjangkit virus Mers, kemudian melakukan persiapan. Petugas tersebut memakai perlengkapan khusus diantaranya sarung tangan dalam, baju pelindung, masker N95, sepatu boat dan sarung tangan luar.
 
Setelah lengkap, kemudian sebagian petugas masuk ke dalam tenda khusus untuk penanganan dan sebagian lagi membawa penumpang dengan ambulance. Saat di dalam tenda, penumpang tersebut kemudian diperiksa untuk memastikan mengenai dugaan terjangkit virus Mers CoV.
 
Jika telah diketahui penumpang tersebut terjangkit Mers, kemudian langsung dirujuk ke rumah sakit yang khusus menangani pasien suspect virus Mers CoV. Setelah itu, petugas medis bandara soekarno - hatta yang menangani pasien suspect virus Mers CoV, membersihkan diri dengan melepas baju yang dikenakan untuk kemudian dimusnahkan dengan dibakar agar virus tidak menyebar.
 
Sekretaris Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes, Muhammad Subhan, mengatakan, dari hasil pengamatan dilapangan yang disimulasikan, petugas medis telah dinyatakan siap.
 
"Bandar udara Soekarno - Hatta siap penanganan kewaspadaan virus Mers CoV dan siaga bila memang ada penumpang yang suspect," kata Muhammad Subhan.
 
BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

KOTA TANGERANG
Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Kamis, 25 April 2024 | 10:34

Plaza Shinta Cimone Kota Tangerang mulai kembali beroperasi usai sempat ditutup beberapa waktu lalu.

TANGSEL
Waroeng Lengkong Tangsel Gelar Pameran UMKM dan Berbagai Lomba Seni Budaya

Waroeng Lengkong Tangsel Gelar Pameran UMKM dan Berbagai Lomba Seni Budaya

Kamis, 25 April 2024 | 01:54

Waroeng Lengkong, wadah para pelaku UMKM di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal menggelar pameran produk lokal dan berbagai lomba seni budaya.

SPORT
Pendaftaran Tahap III POPDA XI Banten di Kota Tangerang Dibuka

Pendaftaran Tahap III POPDA XI Banten di Kota Tangerang Dibuka

Kamis, 25 April 2024 | 01:31

Menjelang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten yang akan dihelat di Kota Tangerang pada 8 Juni 2024 mendatang, proses pendaftaran bagi para peserta masih dibuka.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill