Connect With Us

Penyelundupan Sabu 14,8 Kg Melalui Bandara Digagalkan

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 12 Agustus 2014 | 18:28

Para Tersangka Penyelundup Sabu seberat 14,8 Kg yang berhasil digagalkan di Bandara Soekarno-Hatta. (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 
 
TANGERANG-Narkotika jenis sabu-sabu seberat 14,8 Kg berhasil diamankan oleh petugas gabungan Kantor Bea Cukai bersama Polres Bandara Soekarno Hatta, dalam operasi ketupat. Dari pengungkapan ini, sebanyak 11 tersangka penyelundup barang haram tersebut berhasil ditangkap.
 
Kepala Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta Okto Irianto mengatakan, operasi ketupat ini berlangsung sejak 5 Juli – 5 Agustus 2014,untuk mencegah masuknya narkoba ke Indonesia melewati Bandara Soekarno Hatta saat menjelang atau pasca Lebaran.
 
“Hasilnya cukup baik, dari 11 tersangka kita amankan 14,8 Kg sabu dengan nilai estimasi Rp 20,1 miliar,” katanya, Selasa (12/8).
 
Menurut Okto, para tersangka yang diamankan ini diantaranya Warga Negara Indonesia, Malaysia dan Hongkong. Sementara modus penyelundupan dan asal masih sama seperti yang sebelumnya.
 
“Modusnya masih pakai paket jasa titipan, diselundupkan dalam tas koper dan lainnya. Asalnya pun banyak dari Hongkong. Kemungkinan ini jaringan yang sama,” kata Okto.
 
Okto mengaku hasil pengungkapan dalam Operasi Ketupat ini lebih banyak dari tahun sebelumnya. Menurutnya, hal ini karena pihaknya banyak memaksimalkan petugas untuk melakukan pengawasan.
 
“Selama puasa dan lebaran, semua petugas kita siagakan di tiap terminal. Yang biasanya tidak bertugas di situ, kita tugaskan. Karena itu hasil pengungkapan pun meningkat. Khusus operasi ketupat, pada tahun lalu kita hanya ungkap 5 kasus dengan barang bukti tidak sampai 10 Kg. Sekarang ada 8 kasus dengan barang bukti hampir 15 Kg,” ujarnya.
 
Meski demikian, Okto mengaku masih kekurangan personil Enforcement (Pengawas) untuk menjaga 3 terminal dan cargo di Bandara Soekarno Hatta. “Kita hanya punya Enforcement sekitar 120 orang, idealnya 200 agar pengawasan lebih maksimal. Jadi kita masih menunggu Kementerian Keuangan untuk penambahan personil,” jelasnya.
 
 
KOTA TANGERANG
Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Kamis, 25 April 2024 | 10:34

Plaza Shinta Cimone Kota Tangerang mulai kembali beroperasi usai sempat ditutup beberapa waktu lalu.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill