Connect With Us

Penumpang Lion Air Rusak Fasilitas Bandara

| Jumat, 20 Februari 2015 | 18:17

| Dibaca : 1707

Kerusakan di Bandara Soekarno-Hatta akibat amukan penumpang Lion Air. (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

TANGERANG-Ekses dari delay yang dilakukan pihak maskapai penerbangan terbesar di tanah air, Lion Air membuat ratusan penumpangnya tak bisa mengendalikan emosi karena kecewa.

Penumpang tidak hanya memecahkan kaca, memukul pintu dan benda lain.  Juga melempar dan merusak trolley, bahkan sampai melakukan pemblokir jalan di Terminal domestik Bandara Soekarno-Hatta.

 Kekesalan mereka dikarenakan selain tidak mendapat kejelasan sampai kapan menunggu,  juga karena berdampak pada kerugian waktu , tenaga dan materi yang mereka keluarkan selama menunggu adanya pengumuman yang tak juga mereka dapati .  Selain itu, akibat karena telalu lama menunggu di ruang yang sama dengan ratusan penumpang lain, suhu udara pun menjadi panas dan membuat amarah mereka memuncak.

Setelah keluar dari ruangan yang sama di terminal tersebut, mereka kemudian  mengamuk dan memblokir jalan di depan Terminal keberangkatan 1B Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hal itu dilakukan Jumat (20/2) sejak pukul 11.30 WIB. Akibatnya kendaraan yang akan memasuki pintu keberangkatan mulai gerbang 1A tersendat.

“Enggak ada itikad baik sama sekali dari Lion Air. Sampai hari ini mereka masih diam, tidak temui kami, Pak Menteri juga mana ini,” ujar Irfan penumpang Lion Air menuju ke Medan.

 Dia juga sangat mempertanyakan komitmen pemerintah terhadap pelayanan ke bandara udaraaan. Menurut Irfan dirinya merugi karena sudah membooking kamar hotel di Medan untuk dua hari. “Hangus semua, rugia saya. Lagian lihat enggak tuh ada banyak anak-anak dan wanita akibat tak ada kepastian dan pelayanan buruk ini,” ujarnya.

Sementara itu, pihak maskapai penerbangan Lion Air  akhirnya datang ke Bandara pada sore hari. 

Lion Air mengaku akan mengganti rugi tiket (refund) kepada para penumpang yang mengalami keterlambatan pesawat secara keseluruhan. Selain itu, pihaknya juga bersedia mengganti tiket baru bagi para penumpang dengan gratis.

 

“Tiket akan kami ganti 100 persen, tidak akan kurang satu sen pun. Penumpang juga bisa rescedule penerbangan mulai hari Senin sampai Rabu besok, tanpa harus bayar,” kata Direktur Umum Lion air Edward Sirait, Jumat (20/2).

 

Menurut Edward, untuk merefund tiket, penumpang bisa mengklaim ke konter tiket Lion Air di Bandara Soekarno Hatta atau di koantor OIC. Bagi yang membeli tiket online akan diganti melalui transfer. “Untuk refund tidak ada batasan waktu, jadi penumpang tidak harus ambil hari ini,” katanya.

 

Sementara yang mau rescedule, penumpang bisa menyampaikan kode booking-nya ke petugas Lion Air. “Nanti akan diberikan tiket pengganti, gratis,” jelasnya

 Menurut Edward, pada hari Rabu dan Kamis kemarin, pihaknya tidak bisa merefund tiket penumpang, lantaran kondisinya sedang hari libur Imlek. Pihaknya tidak menyimpan uang cash yang cukup.

 

“Kami bukannya tidak mau ganti, tapi memang tidak ada uang cash. Di Bandara kami menyimpan Rp1,5 miliar, tapi kalau langsung dibuka, tidak akan cukup. Jadi sementara, uang refund menggunakan dana pinjaman dari PT Angkasa Pura II sebesar Rp 4 miliar. Kami akan kembalikan itu,” jelasnya.

Sedangkan ditanya mengenai persoalan seperti yang dialami Irfan salah seorang penumpang yang merugi karena sudah pesan kamar hotel di Medan, Edward mengaku nanti dilihat kasusnya, “Sementara ini yang penting yang sesuai dengan aturan dulu,” ujarnya.

 

WISATA
Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Sabtu, 13 Juni 2020 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Di tengah hiruk pikuk Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ternyata terdapat ruang terbuka hijau yang menjadi tempat favorit

BANTEN
Aktivis Pemilu : Lalai Coklit Bisa Dipidana

Aktivis Pemilu : Lalai Coklit Bisa Dipidana

Senin, 13 Juli 2020 | 21:00

TANGERANGNEWS.com-Petugas penyelenggara pemilu harus secara optimal melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada 2020. Jika lalai, mereka bisa dikenakan ancaman pidana pemilu

SPORT
19 Juli MotoGP Kembali Digelar, Pebalap Ducati Malah Cedera

19 Juli MotoGP Kembali Digelar, Pebalap Ducati Malah Cedera

Selasa, 30 Juni 2020 | 09:59

TANGERANGNEWS.com-Setelah sempat terhenti oleh pandemi COVID-19, adu cepat kuda besi di sirkuti (MotoGP 2020) akan dimulai pada 19 Juli di

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi