Connect With Us

94.072 Gram Sabu Dibakar di Bandara

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 10 Maret 2015 | 12:17

94.072 Sabu Dibakar di Bandara Soetta (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 

TANGERANG-Sebanyak 94.072 gram narkotika jenis sabu dimusnahkan Badan Narkotika Nasional (BNN) di Garbage Plants Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa (10/3). Barang bukti dimusnahkan dengan cara dibakar dengan mesin insinerator.

Deputi Bidang Pemberantasan BNN Deddy Fauzi Elhakim mengatakan, jumah barang bukti tersebut merupakan hasil pengungkapan dua kasus narkotika dengan jumlah tersangka sebanyak enam orang.

"Total barang bukti yang berhasil diamankan 94.149 gram, sedangkan yang dimusnahkan sebanyak 94.072 gram. Sisanya, 77,5 gram disisihkan guna uji coba lab dan pembunktian perkara di persidangan," jelasnya.

Deddy menjelaskan pada kasus pertama, pihaknya menangkap lima tersangka narkotika jaringan internasional yang menyelundupkan sabu seberat 78.106 gram dari Malaysia ke Indonesia lewat jalur laut.

"Sabu tersebut diselundupkan dengan kapal. Awalnya pelaku membawa sabu dari Malaysia dengan kapal besar. Kemudian di tengah laut serah terima dengan kapal kecil, baru dibawa ke Indonesia," jelasnya.

Penyelundupan tersebut berhasil diungkap pada Minggu (15/2) lalu. Kelima tersangka yakni laki-laki warga negara Indonesia berinisial DL, 37, HD, 38, HS, 36, US, 43 dan SB, 37, ditangkap oleh petugas gabungan BNN, Polda NAD serta Polres Aceh di kawasan Desa Alue Bu, Kecamatan Pereulak Barat, Kabupaten Aceh Timur.

"Mereka berperan sebagai pengendali, kurir dan penyandang dana. Petugas juga mengamankan uang tunai sebesar Rp49 juta, tiga pucuk senpi, satu senjata laras panjang M16 serta beberapa peluru," katanya.

Menurut Deddy, para pelaku adalah pemain lama yang kerap mengedarkan sabu dari Malaysia ke seluruh Indonesia. Tiap hasil penjualan narkotika, diputar oleh mereka menjadi aset usaha.

"Harta mereka berupa empat unit mobil mewah, tiga alat berat, kebun karet seluas 323 hektare dan 312 ladang kebun, juga kami sita," katanya.

Kasus kedua adalah penyelundupan 16.043 gram sabu yang disembunyikan di di dalam kereta dorong bayi. Dari kasus tersebut, petugas mengamankan seorang kurir wanita berinisial F, 35, warga NTT, di kawasan Muara Baru, Jakarta Utara, pada Senin (16/2).

"Pelaku diamankan saat membawa 17 set kereta dorong dengab menunpang pick up. Saat diperiksa, 15 set diantaranya menjadi tempat menyembuyikan sabu," latanya.

F mengaku diperintah oleh seseorang untuk menjemput paket kereta dorong dari Cina tersebut. Dia berangkat dari tempat tinggalnya di Jember, Jatim, ke Jakarta untuk mengambil paket tersebut dan menunggu perintah selanjutnya. "Kita sedang kembangkan kasus ini," jelas Deddy.

 

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill