Connect With Us

Bangkrut, Malaysia Airlines Tetap Beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 5 Juni 2015 | 19:11

Malaysia Airlines (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)


TANGERANG-Malaysia Airlines menyatakan telah bangkrut akibat dua insiden kecelakaan pesawat beberapa waktu lalu. Maskapai itu pun melakukan pemecatan terhadap 6000 karyawan dan menutup sejumlah kantor.

Namun Malaysia Airlines masih mengoperasikan tiga kantor cabang yang ada di Indonesia yakni di Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Kualanamu Medan dan Bandara Ngurah Rai Bali.

"Malaysia Airlines di Bandara Soekarno-Hatta masih melayani penumpang, dalam sati hari bisa melayani delapan jadwal penerbangan," jelas Manajer Malaysia Airlines Bandara Soekarno - Hatta AB Sukor Saleh, Jumat (5/6).

Saleh mengakui, Malaysia Airlines secara global mengurangi jumlah pegawai dari 20.000 pegawai menjadi 14.000 pegawai. Namun dia membantah pengurangan tersebut karena maskapai mengalami kebangkrutan. "Kami lakukan itu untuk mengefisienkan perusahaan," paparnya.

Saleh juga menyatakan bahwa pegawai Malaysia Airlines di Indonesia tidak mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tersebut. "Jumlah karyawan di Indonesia ada sekitar 70 orang," ungkapnya.

Menurutnya, efisiensi karyawan itu terpaksa dilakukan untuk mengurangi beban biaya (cost) yang harus dikeluarkan maskapai. Para pegawai yang dipensiunkan itu adalah mereka yang sudah berusia lanjut dan yang bertugas di departemen yang kini dihilangkan.

Selain itu pihaknya juga menutup tiga kantor cabang di negara yang dinilai tidak produktif, seperti di Krabi Thailand, Frankfurt Jerman, dan beberapa tempat lain.

"Mereka tetap kita bayar dan mereka juga kita tawari bekerja di anak perusahaan kami," jelasnya.

Seperti diketahui, Malaysia Arlines mengalami dua peristiwa beruntun pada 2014 kemarin. Peristiwa HM 370 yang hilang pada Maret dan MH 17 yang tertembak peluru kendali Ukraina pada bulan Juli.

Saleh menerangkan insiden yang menimpa Malaysia Airlines membuat perusahan penerbangan tersebut mengalami penurunan jumlah penumpang. Hal tersebut berimbas pada kelangsungan perusahaan tersebut.

"Saat ini kami hanya melayani sekitar 960 orang per harinya," terang Saleh.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

SPORT
Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 | 09:21

Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan, yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April 2024, dini hari.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill