Connect With Us

Bea Cukai Tambah Anjing Pendeteksi Narkotika di Bandara Soekarno-Hatta

Denny Bagus Irawan | Kamis, 27 Agustus 2015 | 18:07

Para tersangka penyelundup sabu 94 Kg saat dikawal petugas. (Dira Derby / Tangerangnews)

 


 

 

TANGERANG-Dirjen Bea Cukai menambah lima ekor anjing yang diimpor dari Australia untuk mendeteksi narkotika yang akan diselundupkan melalui paket kiriman. Hal itu dikatakan Direktur Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Heru Pambudi di Bandra Soerkarno Hatta, Kamis (28/8). Menurutnya, kelima ekor anjing ini merupakan tambahan dari 80 ekor yang telah dimiliki sebelumnya.

 

“Anjing tersebut memiliki kemampuan untuk mendeteksi narkotika yang disimpan di dalam tas maupun paket kiriman lainnya meski disembunyikan sangat rapat,” katanya.

 

 

 

Nantinya, anjing tersebut akan ditempatkan di setiap bandara dalam membantu petugas untuk mengungkap penyelundupan narkotika. Salah satunya Bandara Soekarno - Hatta, yang menjadi perhatian dan fokus utama dalam pencegahan penyelundupan narkotika. Karena, banyak kasus penyelundupan yang telah diungkap.

 

 

 

"Kita harapkan, dengan adanya tambahan pendeteksi ini bisa mencegah masuknya narkotika ke indonesia," ujarnya.

 

 

 

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta Dwijo Muryono mengatakan, penyelundupan narkotika melalui jalur udara masih tergolong tinggi karena menghubungkan dengan berbagai negara.

 

 

 

“Kami melakukan pengetatan pengawasan melalui petugas di lapangan dan akan terus memeriksa seluruh barang bawaan penumpang,” jelasnya. Menurutnya, Indonesia masih menjadi pasar protensial perdagangan narkoba karena harganya yang tinggi. “Di Iran, harga sabu hanya Rp500 ribu per gram, di Indonesia bisa Rp1,5 juta. Karena banyak pelaku yang melakukan berbagai cara untuk bisa menyelundupkannya ke sini,” pungkasnya.

 

 

 

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

NASIONAL
Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:34

DPR RI resmi mengesahkan revisi UU Desa dalam rapat paripurna di gedung Nusantara II kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024.

KOTA TANGERANG
Meski Terlambat, Pj Wali Kota Tangerang Klaim Sudah Cairkan THR Pegawai

Meski Terlambat, Pj Wali Kota Tangerang Klaim Sudah Cairkan THR Pegawai

Jumat, 29 Maret 2024 | 19:02

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengklaim telah mencairkan membelanjakan uang Tunjangan Hari Raya (THR) dan Tunjangan Prestasi Kerja (TPK) untuk pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill