Connect With Us

Bandara Internasional Soekarno-Hatta Raih Penghargaan Toilet Terbersih

Denny Bagus Irawan | Jumat, 9 Oktober 2015 | 07:01

Terminal 3 Ultimate (Dira Derby / Tangerangnews)

 

 

TANGERANG – Bandara Internasional Soekarno-Hatta dinobatkan oleh Kementerian Pariwisata sebagai bandara dengan toilet terbersih di Indonesia.

 

 

Pada Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Bandara Internasional/Nasional Tahun 2015, Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) sukses berada di Peringkat I dengan perolehan nilai 85,18.

 

 

Bandara di bawah lingkungan PT Angkasa Pura II (Persero) lainnya yang juga berhasil meraih penghargaan di ajang tersebut adalah Kualanamu Medan di Peringkat III, lalu Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang di Peringkat IV, Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru di Peringkat V, Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang di Peringkat VI, Sultan Iskandar Muda Aceh di Peringkat VIII, Halim Perdana Kusuma Jakarta di Peringkat IX, Supadio Pontianak di Peringkat XIII, dan Minangkabau Padang di Peringkat XIV.

 

 

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya Sumadi mengatakan, “Penghargaan yang diraih bandara-bandara di bawah pengelolaan AP II ini menjadi pemacu kami untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pemangku kepentingan termasuk pengguna jasa bandara khususnya dalam hal kebersihan toilet untuk mendukung terciptanya lingkungan sehat dan higienis.”

 

 

“Kami meyakini dengan semakin baiknya pelayanan diantaranya dengan menyediakan toilet bersih di setiap bandara akan turut meningkatkan indeks daya saing pariwisata Indonesia. Oleh sebab itu, fokus AP II diantaranya adalah peningkatan kebersihan dan kenyamanan di bandara-bandara yang dikelola perusahaan. Target kami berikutnya adalah seluruh bandara AP II yang berjumlah 13 bandara dapat meraih penghargaan pada ajang serupa di tahun mendatang,” tambah Budi Karya Sumadi.

 

 

Adapun penilaian pada ajang penghargaan ini dilakukan oleh Dewan Juri yang terdiri dari perwakilan Asosiasi Toilet Indonesia, Pemerhati Lingkungan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Peneliti Pariwisata, dan Forum Wartawan Pariwisata.

 

 

Peringkat bandara ditentukan berdasarkan salah satunya penilaian terhadap kondisi dan kelengkapan toilet di bandara yang mendukung faktor kesehatan dan higienis.

 

 

Director of Airport Services PT Angkasa Pura II (Persero) Ituk Herarindri menuturkan, “Pengawasan atau monitoring adalah salah satu faktor penting dalam bidang kebersihan di bandara termasuk kebersihan toilet, sehingga AP II akan memastikan bahwa hal tersebut dilakukan secara mendetail guna menjaga level pelayanan dan juga dapat menjadi dasar untuk meningkatkan pelayanan ke depannya.”

 

 

Berikut secara lengkap nilai yang berhasil diperoleh bandara-bandara di bawah lingkungan PT Angkasa Pura II (Persero) dalam Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Bandara Tahun 2015:

 

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

NASIONAL
Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sabtu, 20 April 2024 | 12:59

Libur Lebaran 2024 memang telah usai. Namun, ternyata masih ada dari kita yang memiliki sisa Tunjangan Hari Raya (THR) dan belum memanfaatkannya betul.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill