Connect With Us

Bandara Soekarno-Hatta Resah Pesawat Sering dapat Serangan Laser

Denny Bagus Irawan | Senin, 21 Maret 2016 | 16:04

Bambang Rianto (Dira Derby / TangerangNews.com)

TANGERANG-Petugas Navigasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengaku resah dengan mulai banyaknya pilot pesawat yang melaporkan sering mendapat serangan dari laser pointer. Sebab, serangan terjadi disaat posisi pesawat berdekatan dengan landasan (runway).  

 

“Kejadiannya serangan laser bukan pada saat pesawat sedang crossing level, tetapi mau landing dan take off diposisi yang berdekatan dengan runway atau landasan yakni final position,” jelas General Manager Jakarta Air Traffic Services Center Bambang Rianto, Senin (21/3).    

 

Peristiwa tersebut, dilaporkan oleh pesawat kepada control luar petugas AirNav, dalam laporannya para pilot menyatakan,  bahwa mereka mendapat serangan laser atau laser attack.

 

“Jujur saja, karena kejadiannya diluar area bandara dan umumnya  malam hari, penangan menjadi lamban, kami hanya bisa melaporkan kepada pengelola bandara dan kepada otoritas bandara. Adapun langkah selanjutnya kepada dua instansi tersebut,” tuturnya.  

 

Kedepan, pihaknya akan melakukan sosialisasi terkait dengan bahaya serangan laser ini. Sebab, otomatis masa-masa kritis itu terjadi dimana pesawat harus mendarat dan akan terbang.

 

“Bisa saja pilot menjadi kaget atau kehilangan kesadaran sesaat, ini kan bahaya,” katanya.

 

Karenanya, pihaknya akan menggandeng TNI dan Polri sesuai dengan  UU No.1 tahun 2009 pasal 210  yang isinya menjelaskan,  bahwa setiap orang yang dilarang membuat halangan dapat membahayakan keselamatan keamanan penerbangan. “Kecuali memperoleh izin dari Otban. Kita akan berkoordinasi dengan Paskhas,” katanya.   

 

Sanksinya, kata dia, terdapat di Pasal 421 ayat 1 yang menyatakan, setiap orang yang membahayakan kegiatan keselamatan dan kemanan penerbangan dapat dipidana paling lama satu  tahun atau denda Rp100 juta.

“Ayat 2, lebih tegas, dapat dipidana  3 tahun dan atau denda Rp1 miliar,” jelasnya.  

  

Sementara itu, Safety Manager System, Suryadi mengatakan,  berdasarkan datanya, terdapat dua  bulan Februari serangan laser. “Bulan ini ada tetapi belum direcord,” katanya.  

 

Serangan terjadi pada 2 Februari yang menimpa pesawat Garuda GA328 rute Cengkareng Surabaya, setelah akan take off dalam ketinggian 800 feet.

 

“Serangan kedua terjadi pada 10 Februari,  pesawat Super Green  dengan nomor penerbangan 818 dari Surabaya ke Jakarta posisi akan mendarat di runway Selatan juga mendapati serangan laser saat ketinggian 1000 feet,” katanya.

 

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill