Connect With Us

Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta Siap Dioperasikan 20 Juni

Denny Bagus Irawan | Minggu, 12 Juni 2016 | 15:00

Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. (Istimewa / Raden Bagus Irawan)

 

TANGERANGNews.com-Terminal 3 Ultimate di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten yang dimulai pembangunannya sejak 2014 lalu akhirnya akan  siap dioperasikan pada Senin 20 Juni 2016 ini.  

t3

Hal itu diketahui setelah PT Angkasa Pura II menggelar simulasi untuk mengecek kesiapan sarana dan prasarananya, Minggu (12/6/2016). Simulasi dilakukan dari tahap penumpang tiba di bandara sampai masuk ke ruang tunggu sebelum boarding atau naik ke pesawat.

Simulasi tersebut melibatkan peran penumpang yang merupakan pegawai PT Angkasa Pura II. Para penumpang tersebut menjajal fasilitas baru, yakni sistem bagasi otomatis atau baggage handling system (BHS).

BHS

Terlihat, penumpang melewati pintu kaca dan melalui security check point (SCP) 1 seperti di terminal yang ada sebelumnya Setelah melalui SCP 1, penumpang masuk ke area check in. Area check in dibagi ke dua bagian, yakni check in penerbangan internasional di sebelah kiri dan check in penerbangan domestik di sebelah kanan.

Di tiap counter check in, penumpang sudah bisa menggunakan BHS. Sistem penanganan bagasi ini memungkinkan setiap barang bawaan penumpang akan dipilah secara otomatis sesuai dengan kode penerbangan sehingga jasa porter sudah tidak diperlukan lagi.

t3 yellow

Setelah itu, penumpang melewati SCP 2 untuk menuju ke ruang tunggu yang berada di lantai bawah. Di area ini, sejumlah tempat duduk berwarna biru dan hijau memenuhi ruang tunggu, berikut dengan karpet sebagai alasnya.

Dari ruang tunggu, penumpang dapat menyaksikan pemandangan pesawat yang terparkir di apron melalui kaca. Suasana di ruang tunggu juga cerah karena sinar matahari langsung menyorot ke tempat tersebut.

t3

Namun dalam simulasi ini, belum semua fasilitas dioperasikan, seperti toilet karena masih menunggu kesiapan instalasi listrik dari fasilitas yang lain. Ketiadaan listrik itu juga membuat air dari keran dengan sensor otomatis di sana belum bisa dipakai.

“Melihat ini saya optimis Terminal 3 Ultimate sudah bisa beroperasi pada 20 Juni nanti. Sekarang kami masih menunggu perizinan dari Kemenhub, tanggal 13 besok Garuda mulai simulasi,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi.  

 

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

TANGSEL
Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Jumat, 19 April 2024 | 20:50

Beredar video di media sosial proses evakuasi seekor kucing terjebak di ruko, tepatnya di Ruko Kebayoran Square C-08, Bintaro, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill