Connect With Us

Kemenhub Temukan 5 Pesawat Bermasalah di Bandara Soekarno-Hatta

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 22 Juni 2016 | 15:00

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pemeriksaan terhadap kelaikan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (22/6/2016). (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 

TANGERANGNews.com-Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pemeriksaan terhadap kelaikan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (22/6/2016). Dari 20 pesawat yang diperiksa ada lima diantaranya diketahui bermasalah.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo mengatakan, pemeriksaan dilakukan terhadap pesawat yang menjadi angkutan lebaran tahun 2016. Pemeriksaan tersebut meliputi bagian luar dan dalam pesawat serta crew pesawat.

"Kita periksa semua dari mulai kondisi ban, rem, frame apa ada baut yang lepas, kita periksa keiling. Bagian dalam juga apakah semua peralatan berfungsi seperti oksigen, life vest, pemadam api. Termasuk lisensi dari pilot dan co-pilot," ujarnya usai pemeriksaan di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta.

Menurut Suprasetyo ada 20 pesawat dari seluruh maskapai yang di periksa kelaikannya. Kondisinya hampir semua bagus, hanya ditemukan kerusakan kecil seperti lampu tidak menyala dan kursi penumpang kurang bagus.

Namun lima pesawat diantaranya mengalami masalah yang cukup serius. Ke limanya milik maskapai Xpress Air, Air Asia, Sriwijaya Air, Lion Air dan Indonesia Air Transport.

"Ada kerusakan mayor seperti mesin panas, AC panas dan navigasi rusak," tukasnya. Namun kelima pesawat tersebut telah diperbaiki dan sudah beroperasi kembali," jelasnya.

Tak hanya sarana angkutan lebaran, Suprasetyo menyatakan,  bahwa pihaknya juga memeriksa prasarana bandara seperti aerodrome, lampu landasan, X-Ray dan CCTV. "Selain itu, pemeriksaan juga dilakuan terhadap kesiapan pelayaban lalu lintas penerbangan, AirNav," paparnya.

Sementara itu, Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub Mohammad Alwi mengatakan, pemeriksaan kelaikan angkutan lebaran sudah dilakukan Kemenhub bersama Kantor Otoritas Bandara sejak 27 Mei 2016 terhadap 31 bandara di Indonesia.

"Total pemeriksaan yang sudah dilakukan sebanyak 1.624 kali terhadap 552 pesawat. Pemeriksaan tersebut dilakukan dari sisi safety, security, dan pelayana lalu lintas penerbangan," jelasnya .

Dari hasil pemeriksaan ini, Kemehub memastikan bahwa pesawat untuk angkutan lebaran di seluruh Bandara telah memenuhi kriteria aspek kelayakan.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

BANDARA
Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Senin, 15 April 2024 | 12:19

Puncak arus balik Lebaran 2024 di 20 bandara yang dikelola Angkasa Pura (AP) II diperkirakan terjadi pada Senin, 15 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill