Connect With Us

Puluhan Korban Vaksin Palsu di Ciledug Divaksin Ulang

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 26 Juli 2016 | 16:00

| Dibaca : 1502

Puluhan anak korban vaksin palsu Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Mutiara Bunda Ciledug, Kota Tangerang diberi vaksin ulang di Puskesmas Ciledug, Selasa (26/7/2016). (@TangerangNews.com 2016 / Raden Bagus Irawan)

TANGERANGNews.com-Puluhan anak korban vaksin palsu Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Mutiara Bunda Ciledug, Kota Tangerang diberi vaksin ulang di Puskesmas Ciledug, Selasa (26/7/2016).

 

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang dr Heni Herlina mengatakan, vaksin ulang akan dilakukan secara bertahap. Untuk hari ini ada sekitar 20 anak. Namun untuk jumlah keseluruhan pasien yang harus divaksin berada di Satgas Imunisasi Kementerian Kesehatan.

 

“Vaksin yang diberikan jenis Pentabio untuk pengganti Tripacel yang menjadi bagian dari vaksin Difteri, Pertusis dan Tetanus (DPT). Hanya saja vaksin ini efek sampingnya akan menimbulkan panas pada anak selama 2-3 hari,” katanya.

 

Menurut Heni, vaksin ulang ini melibatkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dinkes Provinsi Banten dan Kota Tangerang serta RSUD Kota Tangerang.

 

“Vaksin diberikan dengan cara disuntik. Untuk bayi berusia di atas satu tahun disuntik di bagian lengan kanan sedangkan yang dibawah satu tahun di paha,” paparnnya.

 

Heni  menambahkan, vaksin sendiri dibiayai Dinkes Provinsi Banten. Untuk stok vaksin dipastikan mencukupi. “Jadi anak yang kemarin sudah di data di RS Mutiara Bunda diharapkan mendapatangi puskesmas untuk vaksin ulang,” jelasnya.

 

Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat (Pengmas) IDI Kota Tangerang dr Sutarno mengatakan, pihaknya diikut sertakan dalan vaksin ulang ini untuk melakukan pengawasan selama proses vaksin diberikan kepada anak.

 

“Kita memantau apakah sudah sesuai prosedur. Pemantauan ini diagendakan setiap hari dua orang dari IDI yang siaga di Puskesmas,” paparnya.

PROPERTI
Milenial jangan Piknik saat Pandemik, Lebih Baik Invest Properti yang Turun Harga

Milenial jangan Piknik saat Pandemik, Lebih Baik Invest Properti yang Turun Harga

Kamis, 14 Mei 2020 | 22:03

TANGERANGNEWS.com- Properti masih menjadi sektor yang akan tumbuh di masa pandemi saat ini.

WISATA
Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Sabtu, 13 Juni 2020 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Di tengah hiruk pikuk Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ternyata terdapat ruang terbuka hijau yang menjadi tempat favorit

MANCANEGARA
Napoleon, Ikan dari Indonesia Mulai Muncul Lagi

Napoleon, Ikan dari Indonesia Mulai Muncul Lagi

Jumat, 3 Juli 2020 | 09:45

TANGERANGNEWS.com-Ikan Napoleon (Cheilinus undulatus)adalah ikan yang hidup diperairan terumbu karang. Konon dinamakan ikan Napoleon karena bentuk tonjolan di kepala ikan ini

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi