Connect With Us

Puluhan Korban Vaksin Palsu di Ciledug Divaksin Ulang

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 26 Juli 2016 | 16:00

| Dibaca : 1471

Puluhan anak korban vaksin palsu Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Mutiara Bunda Ciledug, Kota Tangerang diberi vaksin ulang di Puskesmas Ciledug, Selasa (26/7/2016). (@TangerangNews.com 2016 / Raden Bagus Irawan)

TANGERANGNews.com-Puluhan anak korban vaksin palsu Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Mutiara Bunda Ciledug, Kota Tangerang diberi vaksin ulang di Puskesmas Ciledug, Selasa (26/7/2016).

 

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang dr Heni Herlina mengatakan, vaksin ulang akan dilakukan secara bertahap. Untuk hari ini ada sekitar 20 anak. Namun untuk jumlah keseluruhan pasien yang harus divaksin berada di Satgas Imunisasi Kementerian Kesehatan.

 

“Vaksin yang diberikan jenis Pentabio untuk pengganti Tripacel yang menjadi bagian dari vaksin Difteri, Pertusis dan Tetanus (DPT). Hanya saja vaksin ini efek sampingnya akan menimbulkan panas pada anak selama 2-3 hari,” katanya.

 

Menurut Heni, vaksin ulang ini melibatkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dinkes Provinsi Banten dan Kota Tangerang serta RSUD Kota Tangerang.

 

“Vaksin diberikan dengan cara disuntik. Untuk bayi berusia di atas satu tahun disuntik di bagian lengan kanan sedangkan yang dibawah satu tahun di paha,” paparnnya.

 

Heni  menambahkan, vaksin sendiri dibiayai Dinkes Provinsi Banten. Untuk stok vaksin dipastikan mencukupi. “Jadi anak yang kemarin sudah di data di RS Mutiara Bunda diharapkan mendapatangi puskesmas untuk vaksin ulang,” jelasnya.

 

Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat (Pengmas) IDI Kota Tangerang dr Sutarno mengatakan, pihaknya diikut sertakan dalan vaksin ulang ini untuk melakukan pengawasan selama proses vaksin diberikan kepada anak.

 

“Kita memantau apakah sudah sesuai prosedur. Pemantauan ini diagendakan setiap hari dua orang dari IDI yang siaga di Puskesmas,” paparnya.

BANDARA
20 Ton Alkes dari Investor Tiongkok Diberikan ke Indonesia

20 Ton Alkes dari Investor Tiongkok Diberikan ke Indonesia

Jumat, 27 Maret 2020 | 15:07

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Indonesia menerima bantuan dari investor Tiongkok berupa peralatan kesehatan (alkes) untuk menanggulangi

KAB. TANGERANG
Muncul Petisi Warga Dasana Indah Tolak Karantina Pasien Covid-19 di Griya Anabatic

Muncul Petisi Warga Dasana Indah Tolak Karantina Pasien Covid-19 di Griya Anabatic

Minggu, 29 Maret 2020 | 16:45

TANGERANGNEWS.com-Wacana Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk membuat tempat karantina pasien virus corona (Covid-19) di Wisma Atlet Griya Anabatic, Perumahan Dasana Indah, Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua

TOKOH
Mau Jadi Pengusaha Muda di Tangerang? Ini Tipsnya

Mau Jadi Pengusaha Muda di Tangerang? Ini Tipsnya

Rabu, 26 Februari 2020 | 15:38

TANGERANGNEWS.com-Memulai sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Bisnis kecil yang memiliki sumber daya terbatas, akan menjadi lebih sulit

BANTEN
Tangani Wabah Corona, DPRD Cilegon Wacanakan Potong Gaji

Tangani Wabah Corona, DPRD Cilegon Wacanakan Potong Gaji

Jumat, 27 Maret 2020 | 15:52

TANGERANGNEWS.com-DPRD Kota Cilegon mewacanakan potong gaji anggota dewan untuk penanganan wabah Corona. Wacana itu akan dibahas dalam waktu dekat

"Kuatkan dirimu, karena semuanya akan menjadi lebih baik. Mungkin sekarang segala prahara menerpa, tetapi percayalah badai pasti berlalu"

Haile