Connect With Us

Puluhan Korban Vaksin Palsu di Ciledug Divaksin Ulang

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 26 Juli 2016 | 16:00

Puluhan anak korban vaksin palsu Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Mutiara Bunda Ciledug, Kota Tangerang diberi vaksin ulang di Puskesmas Ciledug, Selasa (26/7/2016). (@TangerangNews.com 2016 / Raden Bagus Irawan)

TANGERANGNews.com-Puluhan anak korban vaksin palsu Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Mutiara Bunda Ciledug, Kota Tangerang diberi vaksin ulang di Puskesmas Ciledug, Selasa (26/7/2016).

 

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang dr Heni Herlina mengatakan, vaksin ulang akan dilakukan secara bertahap. Untuk hari ini ada sekitar 20 anak. Namun untuk jumlah keseluruhan pasien yang harus divaksin berada di Satgas Imunisasi Kementerian Kesehatan.

 

“Vaksin yang diberikan jenis Pentabio untuk pengganti Tripacel yang menjadi bagian dari vaksin Difteri, Pertusis dan Tetanus (DPT). Hanya saja vaksin ini efek sampingnya akan menimbulkan panas pada anak selama 2-3 hari,” katanya.

 

Menurut Heni, vaksin ulang ini melibatkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dinkes Provinsi Banten dan Kota Tangerang serta RSUD Kota Tangerang.

 

“Vaksin diberikan dengan cara disuntik. Untuk bayi berusia di atas satu tahun disuntik di bagian lengan kanan sedangkan yang dibawah satu tahun di paha,” paparnnya.

 

Heni  menambahkan, vaksin sendiri dibiayai Dinkes Provinsi Banten. Untuk stok vaksin dipastikan mencukupi. “Jadi anak yang kemarin sudah di data di RS Mutiara Bunda diharapkan mendapatangi puskesmas untuk vaksin ulang,” jelasnya.

 

Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat (Pengmas) IDI Kota Tangerang dr Sutarno mengatakan, pihaknya diikut sertakan dalan vaksin ulang ini untuk melakukan pengawasan selama proses vaksin diberikan kepada anak.

 

“Kita memantau apakah sudah sesuai prosedur. Pemantauan ini diagendakan setiap hari dua orang dari IDI yang siaga di Puskesmas,” paparnya.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill