Connect With Us

Rp2 Triliun Untuk Renovasi Terminal 1 & 2 Bandara Soekarno-Hatta

Denny Bagus Irawan | Selasa, 9 Agustus 2016 | 08:00

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (@TangerangNews.com 2016 / Raden Bagus Irawan)

 

 

TANGERANGNews.com-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, setelah Terminal 3 Ultimate beroperasi yang kemudian diselesaikan hingga 2017, PT Angkasa Pura II akan merenovasi Terminal 1 & 2 dengan anggaran sebesar Rp2 trilun.

 

“Kita berharap terminal 3 baru ini dapat membuat loncatan lebih jauh. Kita ingin Terminal ini menjadi transit airport yang tidak saja mengandalkan fungsi-fungsi yang elementer, tetapi fungsi-untuk mendatangkan turis lebih banyak, karenanya kita bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata,” tutur Budi, Selasa (9/8).

 

 Dia menjelaskan, saat ini Bandar Internasional Soekarno-Hatta memiliki kontak ke dunia kurang lebih 35 negara, harapannya kedepan lebih luas lagi.

 

“Dalam satu tahun kedepan kita harus bisa menambah 1 juta turis. Terminal 3 ini akan selesai secara keseluruhan pada 2017, bersamaan itu juga people mover system akan selesai, kereta tanpa awak ini akan mengitari terminal 1, 2, kereta bandara dan terminal 3,” terangnya.  

 

Setelah Terminal 3 ultimate ini, selesai direvitalisasi. Kapasitas penumpang per tahun di Terminal 3 dapat  menampung 25 juta penumpang per tahun. Kalau Terminal 1 dan 2 sudah selesai direvitalisasi, kapasitasnya bisa mencapai 40 juta penumpang per tahun. “Jadi, total kapasitas penumpang per tahun di Bandara Soekarno-Hatta nantinya mencapai 65 juta," tutur Budi.

Bulan depan, kata Budi, bukan hanya penerbangan domestik tetapi juga akan ada penerbangan internasional di Terminal 3 ultimate .  Saat ini, kata dia, pihak PT Angkasa Pura II sedang menyelesaikan design terminal 1 dan 2. “Design sudah selesai, kita sedang akan mulai tender, kita harapkan pada satu atau dua bulan selesai ,” terangnya.

 

Terminal 1 dan 2 akan direnovasi bersamaan dengan selesainya runway ketiga dari saat ini hanya ada dua runway di Bandara Soekarno-Hatta. “ Selesainya  Maret atau April 2018  dengan nilai investasi Rp2 triliun,” tandasnya.

 

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill