Connect With Us

Pelajar SMP Indonesia Raih 2 Emas di Malaysia

Denny Bagus Irawan | Senin, 19 September 2016 | 22:00

Hamid Muhammad, Dirjen Pendidikan Dasar Menengah saat memberikan selamat kepada siswa berprestasi dalam perlombaan catur Internasional. (@TangerangNews.com 2016 / Raden Bagus Irawan)

 

TANGERANGNews.com-Bendera merah putih kembali berkibar di Negara orang.  Kali ini lewat prestasi tim pelajar SMP Indonesia yang  berhasil meraik dua emas, dua perak dan dua perunggu pada kejuaraan Malaysia Internasional Chess Festival yang diadakan di Citetel, Mid Valley, Kuala Lumpur, Malaysia.  

Mereka yang terdiri dari enam orang tersebut tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (19/09/2016) sekitar pukul 18.30 WIB di Terminal 2. Kedatangan mereka mendapat sambutan langsung dari Hamid Muhammad,  Dirjen Pendidikan Dasar Menengah.

“ Prestasi ini sangat membanggakan dibandingkan tahun lalu. Apalagi tahun ini ada 10 negara yang ikut. Ini bagus, sebab tahun lalu hanya satu emas, ” ujarnya.

Dia menerangkan, kejuaraan yang diselenggarakan pada 8-19 September 2016 itu telah membuat Indonesia berhasil mendapatkan rating Internasional dari Badan Catur Internasional FIDE.

Sebab, memang Malaysia Internasional Chess Festival adalah kejuaraan catur berlevel internasional yang diadakan setiap tahun.

Dalam festival catur Internasional yang mempertandingkan lima nomor pertandingan yaitu, rapid chess team, blitz chess individual, challenger, swensen, open individual itu, tim Indonesia mengikuti tiga nomor pertandingan. Sebab, pelaksanaan pertandingan tersebut bersamaan yaitu untuk rapid chess team U-16, swensen U-14 (putra dan putri) serta challenger (rating <2.000).

Mereka yang memperoleh medali dari tim SMP adalah  satu emas didapat dari Rapid Chess Team atas nama Putu Luhur Apngal Kusuma, Daru Okta Buana, Skolastika Faustina Ivana A, Amalia Hasanah.

 “Satu lagi emas didapat dari nomor Swensen U-14 putra yakni atas nama Daru Okta Buana.  Jadi ada dua emas,” ujarnya.

Sedangkan dua perak didapat dari Nomor Swensen U-14 putra atas nama Putu Luhur Apngal Kusuma dan Swensen U-14 putri atas nama Amalia Hasanah.

“Adapun dua perunggu didapat dari nomor Swensen yakni putra Devito Alfionaldi Firgianto dan putrid Nora Amalia. Keenam anak ini akan dibina hingga SMA untuk diharapkan meraih Grand Master dan Master Internasional,” terangnya.

Sementara itu, Daru Okta Buana siswa SMP asal Bekasi itu mengatakan, tidak mudah untuk menjadi pemenang dalam ajang tersebut.

“ Saya harus bersusah payah untuk melawan tuan rumah, karena memang mereka paling kuat ( Malaysia). Kendala yang saya hadapi adalah  makanan yang berbeda rasa serta waktu pertandingan yang memakan waktu 6 sampai 8 jam, sehingga waktu untuk istirahat sangat sempit,” ujarnya.

KOTA TANGERANG
Daftar Harga Sembako Pangan Pasca Lebaran 2024 di Kota Tangerang

Daftar Harga Sembako Pangan Pasca Lebaran 2024 di Kota Tangerang

Kamis, 18 April 2024 | 09:41

Sejumlah harga sembako di pasar-pasar tradisional Kota Tangerang mengalami penyesuaian usai Lebaran 2024 atau Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

TANGSEL
Sepi, Tidak Ada Lonjakan Arus Balik Lebaran di Terminal Pondok Cabe Tangsel

Sepi, Tidak Ada Lonjakan Arus Balik Lebaran di Terminal Pondok Cabe Tangsel

Rabu, 17 April 2024 | 23:47

Terminal tipe A Pondok Cabe, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) masih tampak sepi saat arus balik lebaran, Rabu 17 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill