Connect With Us

Bea Cukai Amankan 38 Ular Langka

| Selasa, 9 Maret 2010 | 19:10

Petugas Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengamankan ular langka. (tangerangnews / dira)

 
TANGERANGNEWS-Petugas Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 38 ekor ular langka  jenis Phyton senilai Rp52 juta Selasa (9/2) siang. "Hewan langka ini akan diekspor ke Hongkong," ujar Kepala Bea dan Cukai Soekarno Hatta, Baduri Wijayanta.
 
Modus penyelundupan tersebut, ungkap Baduri, dilakukan dengan cara memberitahukan sebagai barang ornamen dan dikirim melalui Kantor Pos Bandara Soekarno Hatta.  “Pengirim barang tersebut bernama Vincent dan beralamatkan di Jalan R Lukman, Jakarta,” kata Baduri.  Puluhan ekor ular tersebut, lanjut Baduri, akan dikirim ke seorang penerima bernama Mr CY di Gedung Cheng  , Hongkong.
 
“Diduga satwa yang dilindungi tersebut dikirim ke Hongkong untuk tujuan dipelihara karena warnanya yang menarik,” ujarnya.
 
Sementara itu, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta Gatot Sugeng Wibowo mengatakan, berdasarkan estimasi harga pasar Internasional nilai ekpsor untuk jenis ular Phyton Reticulatus itu diperkirakan mencapai Rp28 juta.
 
Menurut Gaoto, eksportasi ular tesebut melanggar Undang-undang nomor 16 tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan tumbuhan. Karena tidak dilengkapi sertifikat karantina dan diancam dengan pidana penjara paling lama tiga tahun dan denda Rp 150 juta. Dan berdasarkan UU nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan ekosistem merupakan barang yang dilarang diekspor, pelanggarannya diancam pidana paling lama lima tahun dan denda Rp 100 juta.
 
Barang bukti puluhan ekor ular tersebut langsung diserahkan kepada Balai  Besar karantina Hewan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (dira)
 
 
 

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

KAB. TANGERANG
Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Kamis, 18 April 2024 | 18:12

Pasca libur lebaran 2024, pemohon kartu kuning atau kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang meningkat hingga 500 orang per hari.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill