Connect With Us

Menhub Cek Kesiapan Bandara Soekarno-Hatta Hadapi Mudik Lebaran

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 3 Juni 2018 | 13:00

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Dirjen Perhubungan Udara Agus Agus Santoso saat tiba di Terminal 1B Kedatangan Bandara Soekarno-Hatta untuk melakukan ramp check, Minggu (3/6/2018). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek persiapan sarana dan prasarana menjelang angkutan mudik lebaran di Terminal 1, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (3/6/2018).

Kedatangan Menhub saat tiba di posko terpadu Bandara Soekarno-Hatta langsung disambut baik dengan para pejabat tinggi dilingkungan bandara bertaraf internasional itu.

Eksekutif General Manager Bandara Soekarno-Hatta Suriawan Wakan memaparkan seluruh persiapan mulai dari armada, fasilitas dan pengamanan untuk menanggapi arus mudik lebaran di area Bandara Soekarno-Hatta.

Kepada Menhub, Wakan menjelaskan, pada periode angkutan lebaran ini terjadi perpindahan airline dan pergerakan pesawat pun mengalami kenaikan.

"Terjadi perpindahan airline yang sudah relatif penuh sisanya sudah bergerak dan pindahkan ke terminal 3. Untuk pesawat ada kenaikan 4,1 persen, kurang lebih 1.000 pergerakan terkumpul di periode angkutan lebaran tahun ini," jelasnya.

Wakan menuturkan, ekstra flight pun terdapat penambahan yakni sebanyak 3.640 penerbangan. Selain itu, ada beberapa layanan terbaru seperti mobile check in.

"Khusus armada kami sudah berkordinasi ada tambahan khususnya bus Damri. Dari sisi pengaman juga dibantu TNI Avsec Polres. Seluruh fasilitas sudah kami persiapkan," tuturnya.

Budi Karya pun mengapresiasi terhadap kesiapsiagaan seluruh stakeholder yang ada di Bandara Soekarno-Hatta (Kombata) untuk turut memberikan kontribusinya.

"Hari ini saya bahagia karena stakeholder yang ada di bandara khususnya di Soekarno Hatta ini kompak. Jadi semua memberikan kontribusi, semua aktif, dan insyaallah hal itu dapat memberikan suatu makna yang bisa memberikan pelayanan baik," katanya.

Namun, Budi Karya mengatakan, pelayanan itu harus diterapkan secara konsisten. Terlebih saat perencanaan pengecekan yang terdapat beberapa point untuk dikontrol.

"Saya diamanahkan oleh Presiden, untuk mudik kali ini harus lebih baik dari yang lalu. Tentunya hasil itu akan baik apabila diikuti dengan perencanaan, check, seperti hari ini. Mudik kali ini adalah mudik guyup rukun yang bahagia,” ujarnya.

Menurut Budi, jajarannya telah diterjunkan untuk meneliti seluruh bandara di Indonesia. Dia berharap mudik lebaran melalui jalur udara dapat berjalan lancar.

“Oleh karenanya, dengan pertumbuhan yang kurang lebih 10 persen, pertumbuhan di timur itu lebih 15 persen, di barat ini 6 atau 7 persen, jadi averege 10 persen. Satu pertumbuhan yang di atas rata-rata dunia, bahkan mungkin masuk yang tertinggi. Oleh karenanya saya menaruh perhatian terhadap (angkutan) udara ini harus mempersiapkan dengan baik,” paparnya.

Setelah itu, Budi beserta rombongan dan para petinggi pun terjun langsung ke Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta. Budi juga sempat berinteraksi dengan beberapa pasenger dan mengecek armada pesawat saat berada di land side Terminal 1B Kedatangan.(RAZ/RGI)

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

BANTEN
UMKM Binaan PLN Banten Jadi Sorotan di Bazar Kementerian ESDM 2024

UMKM Binaan PLN Banten Jadi Sorotan di Bazar Kementerian ESDM 2024

Kamis, 28 Maret 2024 | 10:45

Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Banten (PLN UID Banten) berpartisipasi dalam bazar bertajuk "Sobat Energi Belanja UMKM 2024" .

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill