Connect With Us

Bandara Soetta Hanya Tambah 561 Ekstra Flight Selama Libur Lebaran

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 23 Juni 2018 | 19:57

| Dibaca : 478

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin ketika mempresentasikan arus mudik kepada awak media di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (23/6/2018). (TangerangNews.com/2018 / Ahmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Jumlah penerbangan di bandara Soekarno-Hatta (Soetta) saat mudik dan libur lebaran 2018 mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan maskapai penerbangan mengganti pesawat berbadan kecil.

Dikatakan Direktur Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, penurunan jumlah penerbangan tambahan yang terhitung mulai H-8 hingga H+6 Lebaran tersebut tembus hingga diangka 14,6 persen dibanding periode sebelumnya.

"Menurunnya jumlah penerbangan ini karena maskapai mengganti operasi pesawat berbadan kecil (small body) ke pesawat berbadan sedang (narrow body) dan pesawat berbadan besar (wide body," ungkapnya saat ditemui di terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (23/6/2018).

Kebijakan tersebut, lanjutnya, telah berlaku tiga tahun terakhir untuk mengendalikan pergerakan pesawat di bandara udara internasional tersebut. Karena bandara Soetta yang merupakan bandara Internasional sangatlah tidak cocok untuk mengoperasikan pesawat small body.

"Angkasa Pura II membuat kebijakan seperti itu. Kebijakan itu  untuk mengoptimalkan pergerakan di bandara. Karena salah satu contoh keberhasilan bandara ditentukan dari operasinya penerbangan," jelasnya.

Sehingga, bandara Soetta pun hanya memanfaatkan 561 penerbangan tambahan atau ekstra flight disepanjang musim mudik dan libur Lebaran 2018. Jumlah tersebut menurun dibandingkan periode sebelumnya yang mencapai 657 ekstra flight.

"Bandara ditentukan dari kinerjanya, dengan pergerakan jenis pesawat yang tadi disebutkan sangat optimal bila semua alat produksi juga dalam kondisi maksimal," tegasnya.

Selain dapat meminimalisir biaya operasional maskapai. Awaluddin mengakui pergeseran jenis pesawat narrow body dan pesawat wide body juga dapat mengoptimalkan operasional bandara.

"Karena menurut kami sebuah bandara besar operasinya besar. Pesawat besar menurunkan mobilisasi karena kapasitas angkut maksimal," tukasnya.(MRI/HRU)

BANDARA
Nama Kadin Bandara Soetta Dicatut untuk Bisnis Fiktif, Pelaku Dilaporkan ke Polda

Nama Kadin Bandara Soetta Dicatut untuk Bisnis Fiktif, Pelaku Dilaporkan ke Polda

Jumat, 21 September 2018 | 19:26

TANGERANGNEWS.com-Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Paradigma Baru Bandara Soekarno Hatta akan melaporkan seorang pria bernama

KAB. TANGERANG
Zaki-Romli Mulai Bekerja, Program ini yang Diprioritaskan

Zaki-Romli Mulai Bekerja, Program ini yang Diprioritaskan

Sabtu, 22 September 2018 | 00:53

TANGERANGNEWS.com-Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar - Mad Romli sudah mulai melaksanakan tugasnya. Dari 15

SPORT
Disaksikan Bupati Zaki, Ponpes Arrasyadiyyah Juarai LSN Banten

Disaksikan Bupati Zaki, Ponpes Arrasyadiyyah Juarai LSN Banten

Jumat, 21 September 2018 | 21:47

TANGERANGNEWS.com-Laga final Kompetisi Liga Santri Nasional (LSN) Region Banten tahun 2018 berakhir dengan kemenangan Pondok Pesantren

KOTA TANGERANG
Pelaku Bentrokan Supporter Persikota & Polisi Ternyata Ulah Geng Kampung Bahagia

Pelaku Bentrokan Supporter Persikota & Polisi Ternyata Ulah Geng Kampung Bahagia

Jumat, 21 September 2018 | 21:36

TANGERANGNEWS.com-Bentrokan antara warga dengan supporter Persikota Tangerang yang terjadi beberapa waktu lalu di Jalan HOS Cokroaminoto,

"Kita tidak boleh menerima nasib buruk dan pasrah menerimannya sebagai kutukan. Kalau kita mau hidup bebas, kita harus belajar untuk terbang"

Gie