Connect With Us

Bandara Soetta Hanya Tambah 561 Ekstra Flight Selama Libur Lebaran

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 23 Juni 2018 | 19:57

| Dibaca : 517

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin ketika mempresentasikan arus mudik kepada awak media di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (23/6/2018). (TangerangNews.com/2018 / Ahmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Jumlah penerbangan di bandara Soekarno-Hatta (Soetta) saat mudik dan libur lebaran 2018 mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan maskapai penerbangan mengganti pesawat berbadan kecil.

Dikatakan Direktur Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, penurunan jumlah penerbangan tambahan yang terhitung mulai H-8 hingga H+6 Lebaran tersebut tembus hingga diangka 14,6 persen dibanding periode sebelumnya.

"Menurunnya jumlah penerbangan ini karena maskapai mengganti operasi pesawat berbadan kecil (small body) ke pesawat berbadan sedang (narrow body) dan pesawat berbadan besar (wide body," ungkapnya saat ditemui di terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (23/6/2018).

Kebijakan tersebut, lanjutnya, telah berlaku tiga tahun terakhir untuk mengendalikan pergerakan pesawat di bandara udara internasional tersebut. Karena bandara Soetta yang merupakan bandara Internasional sangatlah tidak cocok untuk mengoperasikan pesawat small body.

"Angkasa Pura II membuat kebijakan seperti itu. Kebijakan itu  untuk mengoptimalkan pergerakan di bandara. Karena salah satu contoh keberhasilan bandara ditentukan dari operasinya penerbangan," jelasnya.

Sehingga, bandara Soetta pun hanya memanfaatkan 561 penerbangan tambahan atau ekstra flight disepanjang musim mudik dan libur Lebaran 2018. Jumlah tersebut menurun dibandingkan periode sebelumnya yang mencapai 657 ekstra flight.

"Bandara ditentukan dari kinerjanya, dengan pergerakan jenis pesawat yang tadi disebutkan sangat optimal bila semua alat produksi juga dalam kondisi maksimal," tegasnya.

Selain dapat meminimalisir biaya operasional maskapai. Awaluddin mengakui pergeseran jenis pesawat narrow body dan pesawat wide body juga dapat mengoptimalkan operasional bandara.

"Karena menurut kami sebuah bandara besar operasinya besar. Pesawat besar menurunkan mobilisasi karena kapasitas angkut maksimal," tukasnya.(MRI/HRU)

NASIONAL
Harry Kurniawan Jadi Kapolres Metro Jakarta Pusat

Harry Kurniawan Jadi Kapolres Metro Jakarta Pusat

Selasa, 22 Januari 2019 | 14:00

TANGERANGNEWS.com-Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian kembali merombak susunan perwira tinggi dan menengah.

AYO! TANGERANG CERDAS
Sinar Mas Land Beri Beasiswa Coding Bagi Pemuda di BSD

Sinar Mas Land Beri Beasiswa Coding Bagi Pemuda di BSD

Senin, 11 Februari 2019 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Sinar Mas Land bersama Techpolitan memberikan program beasiswa Coding kepada sekitar BSD City, Serpong, Kota Tangsel, untuk dilatih menjadi programmer handal.

BANDARA
Gasak Barang Ekspor Soetta, 5 Bandit ini Diciduk Polisi

Gasak Barang Ekspor Soetta, 5 Bandit ini Diciduk Polisi

Jumat, 22 Februari 2019 | 18:37

TANGERANGNEWS.com-Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) membongkar komplotan bandit yang menggasak ratusan kilogram garmen milik PT

"Tidak pernah ada kata terlambat untuk menjadi seperti apa yang Anda inginkan."

George Elliot