Connect With Us

Bandara Soetta Hanya Tambah 561 Ekstra Flight Selama Libur Lebaran

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 23 Juni 2018 | 19:57

| Dibaca : 493

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin ketika mempresentasikan arus mudik kepada awak media di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (23/6/2018). (TangerangNews.com/2018 / Ahmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Jumlah penerbangan di bandara Soekarno-Hatta (Soetta) saat mudik dan libur lebaran 2018 mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan maskapai penerbangan mengganti pesawat berbadan kecil.

Dikatakan Direktur Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, penurunan jumlah penerbangan tambahan yang terhitung mulai H-8 hingga H+6 Lebaran tersebut tembus hingga diangka 14,6 persen dibanding periode sebelumnya.

"Menurunnya jumlah penerbangan ini karena maskapai mengganti operasi pesawat berbadan kecil (small body) ke pesawat berbadan sedang (narrow body) dan pesawat berbadan besar (wide body," ungkapnya saat ditemui di terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (23/6/2018).

Kebijakan tersebut, lanjutnya, telah berlaku tiga tahun terakhir untuk mengendalikan pergerakan pesawat di bandara udara internasional tersebut. Karena bandara Soetta yang merupakan bandara Internasional sangatlah tidak cocok untuk mengoperasikan pesawat small body.

"Angkasa Pura II membuat kebijakan seperti itu. Kebijakan itu  untuk mengoptimalkan pergerakan di bandara. Karena salah satu contoh keberhasilan bandara ditentukan dari operasinya penerbangan," jelasnya.

Sehingga, bandara Soetta pun hanya memanfaatkan 561 penerbangan tambahan atau ekstra flight disepanjang musim mudik dan libur Lebaran 2018. Jumlah tersebut menurun dibandingkan periode sebelumnya yang mencapai 657 ekstra flight.

"Bandara ditentukan dari kinerjanya, dengan pergerakan jenis pesawat yang tadi disebutkan sangat optimal bila semua alat produksi juga dalam kondisi maksimal," tegasnya.

Selain dapat meminimalisir biaya operasional maskapai. Awaluddin mengakui pergeseran jenis pesawat narrow body dan pesawat wide body juga dapat mengoptimalkan operasional bandara.

"Karena menurut kami sebuah bandara besar operasinya besar. Pesawat besar menurunkan mobilisasi karena kapasitas angkut maksimal," tukasnya.(MRI/HRU)

BANTEN
Pengangguran di Tangerang Terbanyak di Banten, Irgan Sarankan ini

Pengangguran di Tangerang Terbanyak di Banten, Irgan Sarankan ini

Minggu, 18 November 2018 | 19:00

TANGERANGNEWS.com-Badan Pusat Statistik (BPS) Banten mencatat jumlah pengangguran di Kabupaten Tangerang tertinggi di Banten. Berdasarkan data BPS itu, jumlah pengangguran di kota yang dikenal 1001 industri ini mencapai 165 ribu orang.

PROPERTI
Mandaya Group Bangun Rumah Sakit Senilai Rp1,2 Triliun di Tangerang

Mandaya Group Bangun Rumah Sakit Senilai Rp1,2 Triliun di Tangerang

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 13:04

TANGERANGNEWS.com-Mandaya Hospital Group mulai membangun Mandaya Royal Hospital Puri (MRHP) di CBD area kompleks Perumahan Metland

HIBURAN
Band Suami-Istri Endah N Rhesa Sihir Pengunjung Tangcity Mall

Band Suami-Istri Endah N Rhesa Sihir Pengunjung Tangcity Mall

Minggu, 18 November 2018 | 11:00

TANGERANGNEWS.com-Pengunjung Tangerang City (Tangcity) Mall mendapat suguhan penampilan apik dari band indie sepasang suami istri Endah N Resha, Sabtu (17/11/2018). Lagu-lagu mereka membuat suasana semakin meriah.

KAB. TANGERANG
Altar Gelar FGD Bahas Pengupahan PP 78 di Tangerang

Altar Gelar FGD Bahas Pengupahan PP 78 di Tangerang

Sabtu, 17 November 2018 | 22:44

TANGERANGNEWS.com- Aliansi Rakyat Tangerang Raya (Altar) menggelar diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion/FGD) bertema Evaluasi

"Janganlah mengukur diri Anda dengan apa yang telah Anda capai, tetapi ukurlah dengan apa yang seharusnya bisa Anda capai dengan kemampuan Anda."

Jonh Wooden