Connect With Us

Bandara Soetta Hanya Tambah 561 Ekstra Flight Selama Libur Lebaran

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 23 Juni 2018 | 19:57

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin ketika mempresentasikan arus mudik kepada awak media di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (23/6/2018). (TangerangNews.com/2018 / Ahmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Jumlah penerbangan di bandara Soekarno-Hatta (Soetta) saat mudik dan libur lebaran 2018 mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan maskapai penerbangan mengganti pesawat berbadan kecil.

Dikatakan Direktur Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, penurunan jumlah penerbangan tambahan yang terhitung mulai H-8 hingga H+6 Lebaran tersebut tembus hingga diangka 14,6 persen dibanding periode sebelumnya.

"Menurunnya jumlah penerbangan ini karena maskapai mengganti operasi pesawat berbadan kecil (small body) ke pesawat berbadan sedang (narrow body) dan pesawat berbadan besar (wide body," ungkapnya saat ditemui di terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (23/6/2018).

Kebijakan tersebut, lanjutnya, telah berlaku tiga tahun terakhir untuk mengendalikan pergerakan pesawat di bandara udara internasional tersebut. Karena bandara Soetta yang merupakan bandara Internasional sangatlah tidak cocok untuk mengoperasikan pesawat small body.

"Angkasa Pura II membuat kebijakan seperti itu. Kebijakan itu  untuk mengoptimalkan pergerakan di bandara. Karena salah satu contoh keberhasilan bandara ditentukan dari operasinya penerbangan," jelasnya.

Sehingga, bandara Soetta pun hanya memanfaatkan 561 penerbangan tambahan atau ekstra flight disepanjang musim mudik dan libur Lebaran 2018. Jumlah tersebut menurun dibandingkan periode sebelumnya yang mencapai 657 ekstra flight.

"Bandara ditentukan dari kinerjanya, dengan pergerakan jenis pesawat yang tadi disebutkan sangat optimal bila semua alat produksi juga dalam kondisi maksimal," tegasnya.

Selain dapat meminimalisir biaya operasional maskapai. Awaluddin mengakui pergeseran jenis pesawat narrow body dan pesawat wide body juga dapat mengoptimalkan operasional bandara.

"Karena menurut kami sebuah bandara besar operasinya besar. Pesawat besar menurunkan mobilisasi karena kapasitas angkut maksimal," tukasnya.(MRI/HRU)

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

BANTEN
3,5 Juta Kendaraan Diprediksi Lewati Tol Tangerang Merak saat Mudik Lebaran 2024

3,5 Juta Kendaraan Diprediksi Lewati Tol Tangerang Merak saat Mudik Lebaran 2024

Kamis, 28 Maret 2024 | 17:11

Sebanyak 3,5 juta kendaraan diprediksi melewati Tol Tangerang Merak saat mudik Lebaran 2024.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill