Connect With Us

Dua Maskapai di Soekarno-Hatta Pindah Terminal

| Jumat, 2 April 2010 | 20:08

Ilustrasi pesawat Garuda (ok / ok)


TANGERANGNEWS-Dua maskapai nasional di Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan pindah terminal. Keduanya adalah Lion Air dan Batavia Air.
 
Lion Air berkomitmen akan memindahkan operasional penerbangannya secara total pada akhir 2010 ini, sedangkan Batavia Air masih menjadikan rencana kedepan.
 
Direktur Produksi Lion Air,  Ertata Lananggalih mengatakan, sebelumnya Lion Air beroperasi di dua terminal,  yakni terminal 1A dan 1C. Kedepan seluruh aktivitas akan dipindah dan dipusatkan di terminal 1C.
 
Pemindahan aktivitas operasi penerbangan dari dua terminal sebelumnya adalah langkah untuk menghemat biaya operasional karena adanya penempatan petugas di dua terminal. Rencana itu juga sekaligus sebagai sarana untuk membantu PT Angkasa Pura II mengurangi kepadatan di terminal 1A.
 
"Akhir tahun ini semua operasi dipindahkan ke terminal 1C. Kita tidak akan lagi beroperasi di dua terminal (1A dan 1C) seperti sekarang," ungkap Ertata Lananggalih, siang ini.
 
Maskapai lainnya yang berniat untuk pindah dari terminal 1B, yakni Batavia Air mengaku belum mau merealisasikan pada tahun ini. Public Relation Manager Batavia Air Eddy Haryanto mengatakan, biaya yang dibutuhkan untuk pemindahan ke terminal 1C yang baru terbilang sangat besar.
 
Sebab, pihaknya harus membangun sistem operasional di terminal itu. "Tidak mungkin sistem yang kita punya di Terminal B langsung dipindah ke C. Sepertinya, buat kami itu masih wacana," paparnya.
 
Sebelumnya, PT Angkasa Pura II meminta Lion Air dan Batavia Air untuk memindahkan aktivitas operasi penerbangannya ke Terminal 1C. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kepadatan jumlah penumpang di Terminal 1A dan 1B.
 
Disebutkan, terminal 1A dipadati penumpang Lion Air mencapai 17.000-18.000 orang per hari.  Padahal terminal 2D dan 2E hanya disesaki penumpang Garuda Indonesia sebesar 13.000-14.000 orang per hari.
 
"Karena memang kita harus menyusun lagi bandara ini. Kepadatan penumpang disetiap terminal saat ini tidak merata," ucap Manajer Humas PT Angkasa Pura II, Andang Santoso.
 
Saat ini PT Angkasa Pura II telah menyelesaikan pembangunan fasilitas shopping arcade seluas 4.000 m2 di atas terminal 1C. Sebelumnya terminal itu menjadi pusat keberangkatan keberangkatan penumpang Adam Air. Setelah maskapai itu berhenti beroperasi pada 2008 maka otomatis terminal itu tidak digunakan. (dira)
 

BISNIS
Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Selasa, 23 April 2024 | 13:07

Hasil seleksi administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024 sudah dapat dicek mulai Selasa, 23 April 2024.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

TEKNO
Dinilai Ilegal, RT/RW Net Bisa Dipenjara 6 Tahun dan Denda Rp600 Juta

Dinilai Ilegal, RT/RW Net Bisa Dipenjara 6 Tahun dan Denda Rp600 Juta

Senin, 22 April 2024 | 19:03

Saat ini RT/RW Net tengah ramai dipersoalkan. RT/RW Net diketahui sebagai seseorang atau kelompok masyarakat yang menggunakan jaringan internet ISP, kemudian jaringan tersebut didistribusikan kembali ke warga setempat, namun dengan tarif tertentu.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill