Connect With Us

40 Lukisan dari Lima RSJ Dipamerkan di Terminal 3 Bandara Soetta

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 30 Agustus 2018 | 16:00

| Dibaca : 524

Sebanyak 40 lukisan hasil karya insan yang berkebutuhan khusus dipamerkan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Insan berkebutuhan khusus dari lima Rumah Sakit Jiwa (RSJ) memamerkan hasil karyanya  di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Kamis (30/8/2018). 

Pameran yang akan berlangsung selama dua pekan itu memamerkan sedikitnya 40 lukisan berasal dari lima Rumah Sakit Jiwa (RSJ). Diantaranya, RSJ Dr. Arli Zainudin (Solo), RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat (Lawang), RSJ Bali (Bangli), RSJ Lampung (Bandar Lampung), dan RSJ Dr. Soeharto Heerdian (Jakarta). 

Dikatakan Direktur Kesenian Kemendikbud, Restu Gunawan pameran tersebut bertujuan untuk memberikan ruang edukasi kepada publik bahwa orang yang berkebutuhan khusus memiliki peranan yang sama dalam kehidupan masyarakat, sekaligus memberikan ruang untuk berkarya.

"Kita ingin memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa orang dengan kebutuhan khusus fisik dan mental dapat berkarya, salah satunya karya seni," kata Restu di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang.

Restu menambahkan, Aneka Rupa RSJ ini menjadi pameran pendamping Festival Bebas Batas 2018 yang diselenggarakan oleh Kemendikbud, Galeri Nasional lndonesia, dan Art Brut Indonesia. 

"Nantinya hasil karya ini juga akan dipamerkan di Festival Bebas Batas 2018  di Galeri Nasional Indonesia pada Oktober mendatang," tambahnya. 

Ditambahkan, Deputy Executive General Manager Of Airport Operation Bandara Soetta, Djodi Prasetyo, pihaknya sangat mengapresiasi hasil karya yang dipamerkan tersebut.

"Ini adalah sebagai bentuk sumbangsih dari AP II. Bagaimana ikut berpartisipasi setidaknya kita mengapresiasi karya seni yang konon ini dibuat oleh para seniman yang mempunyai keterbatasan atau disabilitas. Bahkan mereka sama sekali tidak memiliki latar belakang seni," kata Djodi.(MRI/RGI)

BISNIS
Yuk, Nikmati Wisata Kuliner Baru di GS Food Street BSD

Yuk, Nikmati Wisata Kuliner Baru di GS Food Street BSD

Selasa, 11 Agustus 2020 | 10:35

TANGERANGNEWS.com-Bagi pecinta kuliner yang gemar nongkrong di kawasan

TEKNO
Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Sabtu, 28 Maret 2020 | 18:40

TANGERANGNEWS.com-Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Prof Bambang PS Brodjonegoro, melalui

PROPERTI
Pengembang Properti di Serpong Pailit, Nasib Konsumen Bakal Begini

Pengembang Properti di Serpong Pailit, Nasib Konsumen Bakal Begini

Minggu, 19 Juli 2020 | 09:31

TANGERANGNEWS.com-PT Cowell Development Tbk, pengembang perumahan mewah di kawasan Serpong, Kota Tangerang Selatan, dinyatakan pailit alias bangkrut. Konsumen pun terancam kesulitan dalam mendapat hak nya

BANTEN
Ratu Ati Marliati-Sokhidin Deklarasi Maju Pilwalkot Cilegon

Ratu Ati Marliati-Sokhidin Deklarasi Maju Pilwalkot Cilegon

Minggu, 9 Agustus 2020 | 19:23

TANGERANGNEWS.com-Bakal pasangan calon wali kota-wakil wali kota Cilegon, Ratu Ati Marliati-Sokhidin mendeklarasikan diri maju di Pilwalkot Cilegon 2020. Pasangan petahana itu diusung 4 partai, yakni Golkar, Nasdem, Gerindra, dan PKB

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi