Connect With Us

40 Lukisan dari Lima RSJ Dipamerkan di Terminal 3 Bandara Soetta

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 30 Agustus 2018 | 16:00

| Dibaca : 418

Sebanyak 40 lukisan hasil karya insan yang berkebutuhan khusus dipamerkan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Insan berkebutuhan khusus dari lima Rumah Sakit Jiwa (RSJ) memamerkan hasil karyanya  di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Kamis (30/8/2018). 

Pameran yang akan berlangsung selama dua pekan itu memamerkan sedikitnya 40 lukisan berasal dari lima Rumah Sakit Jiwa (RSJ). Diantaranya, RSJ Dr. Arli Zainudin (Solo), RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat (Lawang), RSJ Bali (Bangli), RSJ Lampung (Bandar Lampung), dan RSJ Dr. Soeharto Heerdian (Jakarta). 

Dikatakan Direktur Kesenian Kemendikbud, Restu Gunawan pameran tersebut bertujuan untuk memberikan ruang edukasi kepada publik bahwa orang yang berkebutuhan khusus memiliki peranan yang sama dalam kehidupan masyarakat, sekaligus memberikan ruang untuk berkarya.

"Kita ingin memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa orang dengan kebutuhan khusus fisik dan mental dapat berkarya, salah satunya karya seni," kata Restu di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang.

Restu menambahkan, Aneka Rupa RSJ ini menjadi pameran pendamping Festival Bebas Batas 2018 yang diselenggarakan oleh Kemendikbud, Galeri Nasional lndonesia, dan Art Brut Indonesia. 

"Nantinya hasil karya ini juga akan dipamerkan di Festival Bebas Batas 2018  di Galeri Nasional Indonesia pada Oktober mendatang," tambahnya. 

Ditambahkan, Deputy Executive General Manager Of Airport Operation Bandara Soetta, Djodi Prasetyo, pihaknya sangat mengapresiasi hasil karya yang dipamerkan tersebut.

"Ini adalah sebagai bentuk sumbangsih dari AP II. Bagaimana ikut berpartisipasi setidaknya kita mengapresiasi karya seni yang konon ini dibuat oleh para seniman yang mempunyai keterbatasan atau disabilitas. Bahkan mereka sama sekali tidak memiliki latar belakang seni," kata Djodi.(MRI/RGI)

SPORT
Al Makmur Tangerang Lolos ke Final LSN Seri Nasional 2019

Al Makmur Tangerang Lolos ke Final LSN Seri Nasional 2019

Kamis, 7 November 2019 | 18:45

TANGERANGNEWS.com-Kesebelasan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Makmur Tangerang menorehkan catatan baru. Skuat yang mewakili Banten di Liga

NASIONAL
Fraksi PKS DPR RI Minta Pemerintah Tidak PHP Soal Omnibus Law

Fraksi PKS DPR RI Minta Pemerintah Tidak PHP Soal Omnibus Law

Kamis, 14 November 2019 | 15:11

TANGERANGNEWS.com-DPR-RI menyambut baik rencana Pemerintah mengajukan Rancangan Undang-Undang (UU) Omnibus Law tentang Cipta

BANTEN
Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon-Billboard di Serang Roboh

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon-Billboard di Serang Roboh

Rabu, 13 November 2019 | 14:54

Serang - Hujan deras disertai angin kencang terjadi di wilayah Serang, Banten. Pohon hingga billboard roboh diterjang angin kencang.

TANGSEL
Remaja Curi 16 Kotak Amal Spesialis Beraksi di Tempat Ibadah

Remaja Curi 16 Kotak Amal Spesialis Beraksi di Tempat Ibadah

Kamis, 14 November 2019 | 21:29

TANGERANGNEWS.com-Kapolsek Pondok Aren Kompol Afroni Sugiarto mengatakan, FA, 17, remaja yang diamankan pihaknya karena mencuri kotak amal adalah spesialis pencuri di tempat ibadah.

"Kinerja yang hebat bukanlah karena keberuntungan. Dibutuhkan fokus, kesungguhan hati dan kerja keras."

Anonymous