Connect With Us

Ombudsman Luncurkan Buku Berkebutuhan Khusus di Bandara Soetta

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 27 September 2018 | 16:51

| Dibaca : 242

Ombudsman Republik Indonesia (RI) meluncurkan buku fasilitas dan pelayanan angkutan udara bagi penumpang berkebutuhan khusus, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (27/9/2018). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Ombudsman Republik Indonesia (RI) meluncurkan buku fasilitas dan pelayanan angkutan udara bagi penumpang berkebutuhan khusus. Buku yang ditulis oleh anggota Ombudsman RI Alvin Lie tersebut diluncurkan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (27/9/2018).

Selain Alvin, peluncuran buku tersebut dihadiri Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai, Sekjen INACA Tengku Burhanuddin, Direktur Marketing dan Service PT Angkasa Pura I Devy Suradji, Direktur Pelayanan dan Fasilitas PT Angkasa Pura II Ituk Herarindri.

Selain peluncuran, dalam kesempatan itu, buku tersebut turut dibedah dan didiskusikan.

Alvin mengatakan, penyusunan buku yang diharapkan menjadi pedoman bagi penumpang berkebutuhan khusus tersebut memakan waktu selama tiga bulan.

"Pengumpulan bahan buku selama empat hari, kemudian saya susun supaya lebih implementatif dengan konteks Indonesia selama sekitar 3 bulan," ujarnya.

Menurutnya, bandara di Indonesia baik yang dikelola PT Angkasa Pura I maupun PT Angkasa Pura II harus terus-menerus memperbaiki fasilitas yang mendukung bagi pengguna jasa berstatus berkebutuhan khusus.

"Tapi ini akan terus ditingkatkan dan untuk bandara-bandara yang kecil juga dicarikan alternatif yang paling memungkinkan karena ini juga menyangkut biaya operasional, peralatan juga tidak murah," katanya.

Alvin menambahkan, dengan buku ini diharapkan dapat membantu penumpang berkebutuhan khusus untuk memandu selama berada di seluruh bandara di Indonesia.

"Minimal untuk petugas-petugasnya akan diberi training untuk dapat memberikan pelayanan yang selayaknya kepada pengguna jasa penerbangan yang berkebutuhan khusus, khusus untuk transportasi udara," tuturnya.

Pengelola bandara di Indonesia pun menyambut baik peluncuran buku ini. Terlebih dalam waktu dekat, even Asian Para Games akan berlangsung.

Ituk Herarindri mengatakan pihaknya telah menyediakan berbagai fasilitas pendukung baik untuk kontingen Asian Para Games yang notabene penyandang disabilitas dan penumpang berkebutuhan khusus lainnya.

Menurutnya, dari mulai masuk hingga keluar area bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II khususnya Bandara Soekarno-Hatta, pihaknya dengan sepenuh hati akan melayaninya.

"Pada saat masuk security check point satu, membantu kecepatan pelayanan, begitu juga di cek in. Kemudian pada saat di SCP 21.02 petugas kita juga ikut membantu melancarkan antrian dan menginformasikan apa saja yang harus dilepas atau tulisan dan lain-lain. Juga dari imigrasi dan Bea Cukai dari custom juga memberikan antrian khusus kepada para kontingen dan atlet yang hadir," bebernya.(MRI/RGI)

BANTEN
Pelaku Pecah Kaca di Kantor Wali Kota Cilegon Tertangkap Basah

Pelaku Pecah Kaca di Kantor Wali Kota Cilegon Tertangkap Basah

Senin, 16 September 2019 | 14:05

TANGERANGNEWS.com-Pelaku pecah kaca di halaman parkir kantor Wali Kota Cilegon tertangkap basah. Aksi kejar-kejaran dan suara tembakan

BISNIS
Investasi Properti Cuma Modal Rp86 Ribu, Bisa!

Investasi Properti Cuma Modal Rp86 Ribu, Bisa!

Sabtu, 14 September 2019 | 17:25

TANGERANGNEWS.com-Bukan hanya sebagai kebutuhan primer, properti kini mulai menjadi alternatif investasi yang menjanjikan. Bahkan, hanya Rp86

BANDARA
Dampak Asap Kalimantan, Belasan Penerbangan Dibatalkan di Bandara Soetta

Dampak Asap Kalimantan, Belasan Penerbangan Dibatalkan di Bandara Soetta

Selasa, 17 September 2019 | 15:26

TANGERANGNEWS.com—Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Kalimantan dan Sumatera berdampak pada aktifitas penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta)

AYO! TANGERANG CERDAS
Gebyar Kemerdekaan, Sinar Mas Land Asah Kreatifitas Anak Bangsa

Gebyar Kemerdekaan, Sinar Mas Land Asah Kreatifitas Anak Bangsa

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 15:11

TANGERANGNEWS.com-Memperingati Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, Sinar Mas Land melalui Rumah Pintar BSD City menyelenggarakan

"Semua pengalaman dalam hidup mengajarkan pada kita hal - hal yang penting untuk terus maju."

Brian Tracy