Connect With Us

Sabu Rp68 Miliar Ditemukan Digudang

| Jumat, 23 April 2010 | 18:12

Dirjen Bea dan Cukai Thomas Sugijata berpose di depan barang bukti sabu-sabu. (tangerangnews / dens)


TANGERANGNEWS-Petugas kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai, Bandara Internasional Soekarno-Hatta menemukan sabu seberat total 31,258 gram di gudang kargo Jasa Angkasa Semesta (JAS) Bandara Internasional Soekarno-Hatta . Sayangnya petugas tidak berhasil menemukan siapa pemilik barang haram senilai Rp 68,767 miliar tersebut.
 
Dirjen Bea dan Cukai Thomas Sugijata mengatakan, barang terlarang itu ditemukan di pada Kamis (22/4) malam. Penemuan barang tersebut, lanjutnya berawal dari kecurigaan petugas yang melihat pengiriman rangkaian papan meja rias di gudang tersebut. “Sebab, sejak barang itu dikirim melalui pesawat Qatar Airways (QR-638) pada tanggal 25 Desember 2009 lalu, tidak ada yang mengambil,” ujar Thomas, hari ini.

Kecurigaan itu ditindak lanjuti dengan melakukan pengecekan terhadap barang itu, sehingga di ketahui di setiap dalam papan rangkaian meja hias terdapat kristal putih yang di bungkus dengan plastik transparan. Begitu dites ternyata barang itu positif metahamphetamine atau shabu. "Secara kasat mata barang itu memang sulit diketahui, karena di selipkan di setiap partikel papan yang kemudian dipres (direkatkan) kembali seperti kayu asli," kata Thomas.

Setelah diketahui barang yang dikirim dari XPS Company di Teharan, Iran kepada Mahmoud yang beralamat di salah satu hotel di kawasan Jakarta itu adalah sabu, petugas berusaha mengembangkannya. Namun ternyata alamat yang di tuju fiktif. "Kami sudah berusaha mengembangkan kasus itu, tapi alamat yang dituju fiktif," papar Thomas.

Kemudian, tambahnya kasus itu dilimpahkan ke BNN untuk ditindak lanjuti, mengingat penyelundupan tersebut diperkirakan melibatkan jaringan narkotika tingkat Internasional. "Apabila sebanyak 31,258 gram sabu ini sukses di selundupkan, tentu dapat merusak sebanyak 31 ribu generasi muda," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengatakan, dengan ditemukannya shabu tersebut, katanya, berarti dalam kurun waktu 2010 ini, Petugas Bea dan Cukai berhasil menegah sebanyak 21 kasus dengan barang bukti sebanyak 102.142,8 gram shabu, 37.300 gram ketamine, 668 gram heroin, 14,4 gram marijuana (ganja) dan 163 gram kokain. (dira)
TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

AYO! TANGERANG CERDAS
Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Kamis, 25 April 2024 | 07:43

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya kampus BSD Serpong ditetapkan jadi pusat keunggulan pendidikan atau Education Excellence.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill