Connect With Us

Bea Cukai Bandara Soetta Ajak Mahasiswa Hadapi Era Digital

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 21 November 2018 | 19:00

Kegiatan Coustem Goes To Campus yang digelar Kantor Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Auditorium Universitas Indonesia, Jakarta, Rabu, (21/11/2018). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Kantor Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggelar kegiatan Coustem Goes To Campus. Acara yang dihadiri ratusan peserta ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa terkait peranan Bea dan Cukai.

Kegiatan yang menggandeng Program Vokasi Komunikasi UI bertajuk “Menghadapi Era Digital Bersama Bea dan Cukai” ini berlangsung di Auditorium Universitas Indonesia, Jakarta, Rabu, (21/11/2018).

Acara yang dimulai dengan registrasi peserta tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Program Studi Vokasi Komunikasi Universitas Indonesia Devie Rahmawati. Selain itu dalam kesempatan ini juga Kepala KPU Bea Cukai Tipe C Soekarno-Hatta Erwin Situmorang turut hadir.

Menurut Erwin Bea dan Cukai memiliki peranan penting dari masa ke masa sebagai Trade Facilitator dan Industrial Assistance. “Ini untuk melindungi masyarakat dari barang- barang ilegal yang ada,” ungkapnya.

Erwin membahas tentang peran Bea Cukai sebagai revenue collector yakni institusi penerimaan negara. Hal tersebut dapat dilihat dari Bea Masuk dan juga Bea Keluar serta Pajak dalam rangka Impor seperti PPN, PPh psl. 22 dan juga PPnBM.

“Ini semua sengaja kita kemas dalam bentuk Talk Show agar masyarakat melalui mahasiswa dapat mengerti apa yang kita sampaikan,” ucapnya.

Selain itu dihadapan ratusan mahasiswa dan mahasiswi Erwin juga membahas beberapa isu yang terkait dengan Bea dan Cukai.

“Ada 4 isu utama yang dibahas yaitu impor barang kiriman, impor barang penumpang, e-commerce dan modus penipuan melalui impor barang kiriman,” jelasnya.

Erwin menambahkan agenda ini akan secara rutin dilakukan untuk memberikan pengetahuan lebih bagi penerus bangsa. Terlebih lagi menghadapi era digital seperti saat ini, karena menurut dia tidak sedikit modus kejahatan yang baru dilakukan untuk mencari keuntungan semata.

“Antusiasme audiens terlihat sangat tinggi, itu bisa kita lihat dari beragamnya pertanyaan yang dilontarkan tentang materi yang kami sampaikan dan juga melalui twitter. Selain itu tadinya target kami hanya 200 tapi malah membludak hingga 400,” tukasnya.

Untuk diketahui acara ini juga menyuguhkan, video profile tentang BC Soekarno-Hatta, kuis kahoot sampai dengan  photo contest.  Selain itu pada penghujung acara atraksi dari BPIB Tipe A Jakarta dan demo K-9 Anjing Pelacak Narkotika (APN) juga ikut ditampilkan.(MRI/RGI)

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill