Connect With Us

Bea Cukai Bandara Soetta Ajak Mahasiswa Hadapi Era Digital

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 21 November 2018 | 19:00

| Dibaca : 500

Kegiatan Coustem Goes To Campus yang digelar Kantor Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Auditorium Universitas Indonesia, Jakarta, Rabu, (21/11/2018). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Kantor Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggelar kegiatan Coustem Goes To Campus. Acara yang dihadiri ratusan peserta ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa terkait peranan Bea dan Cukai.

Kegiatan yang menggandeng Program Vokasi Komunikasi UI bertajuk “Menghadapi Era Digital Bersama Bea dan Cukai” ini berlangsung di Auditorium Universitas Indonesia, Jakarta, Rabu, (21/11/2018).

Acara yang dimulai dengan registrasi peserta tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Program Studi Vokasi Komunikasi Universitas Indonesia Devie Rahmawati. Selain itu dalam kesempatan ini juga Kepala KPU Bea Cukai Tipe C Soekarno-Hatta Erwin Situmorang turut hadir.

Menurut Erwin Bea dan Cukai memiliki peranan penting dari masa ke masa sebagai Trade Facilitator dan Industrial Assistance. “Ini untuk melindungi masyarakat dari barang- barang ilegal yang ada,” ungkapnya.

Erwin membahas tentang peran Bea Cukai sebagai revenue collector yakni institusi penerimaan negara. Hal tersebut dapat dilihat dari Bea Masuk dan juga Bea Keluar serta Pajak dalam rangka Impor seperti PPN, PPh psl. 22 dan juga PPnBM.

“Ini semua sengaja kita kemas dalam bentuk Talk Show agar masyarakat melalui mahasiswa dapat mengerti apa yang kita sampaikan,” ucapnya.

Selain itu dihadapan ratusan mahasiswa dan mahasiswi Erwin juga membahas beberapa isu yang terkait dengan Bea dan Cukai.

“Ada 4 isu utama yang dibahas yaitu impor barang kiriman, impor barang penumpang, e-commerce dan modus penipuan melalui impor barang kiriman,” jelasnya.

Erwin menambahkan agenda ini akan secara rutin dilakukan untuk memberikan pengetahuan lebih bagi penerus bangsa. Terlebih lagi menghadapi era digital seperti saat ini, karena menurut dia tidak sedikit modus kejahatan yang baru dilakukan untuk mencari keuntungan semata.

“Antusiasme audiens terlihat sangat tinggi, itu bisa kita lihat dari beragamnya pertanyaan yang dilontarkan tentang materi yang kami sampaikan dan juga melalui twitter. Selain itu tadinya target kami hanya 200 tapi malah membludak hingga 400,” tukasnya.

Untuk diketahui acara ini juga menyuguhkan, video profile tentang BC Soekarno-Hatta, kuis kahoot sampai dengan  photo contest.  Selain itu pada penghujung acara atraksi dari BPIB Tipe A Jakarta dan demo K-9 Anjing Pelacak Narkotika (APN) juga ikut ditampilkan.(MRI/RGI)

KAB. TANGERANG
Edukasi Warga Soal COVID-19, Alumni GMNI Tangerang Turun ke Jalan

Edukasi Warga Soal COVID-19, Alumni GMNI Tangerang Turun ke Jalan

Minggu, 29 Maret 2020 | 21:37

TANGERANGNEWS.com-Pengurus Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA-GMNI) Cabang Kabupaten Tangerang mengedukasi bahaya virus Corona (COVID-19) di wilayah Kecamatan Tigaraksa, Minggu (29/03/2020)

BANTEN
Tangani Wabah Corona, DPRD Cilegon Wacanakan Potong Gaji

Tangani Wabah Corona, DPRD Cilegon Wacanakan Potong Gaji

Jumat, 27 Maret 2020 | 15:52

TANGERANGNEWS.com-DPRD Kota Cilegon mewacanakan potong gaji anggota dewan untuk penanganan wabah Corona. Wacana itu akan dibahas dalam waktu dekat

AYO! TANGERANG CERDAS
Siswa Kota Tangerang Belajar di Rumah Sampai 29 Mei, Ini Sistem Kelulusannya

Siswa Kota Tangerang Belajar di Rumah Sampai 29 Mei, Ini Sistem Kelulusannya

Kamis, 26 Maret 2020 | 16:33

TANGERANGNEWS.com-Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang memperpanjang kebijakan kegiatan belajar mengajar (KBM) tanpa tatap muka di sekolah (belajar di rumah) bagi siswa PAUD, TK, SD dan SMP negeri maupun swasta

SPORT
Persita Gagal Curi Poin di Kandang Persikabo

Persita Gagal Curi Poin di Kandang Persikabo

Minggu, 15 Maret 2020 | 23:13

TANGERANGNEWS.com–Persita Tangerang gagal meraih poin saat bertandang ke Stadion Pakansari, Bogor.

"Kuatkan dirimu, karena semuanya akan menjadi lebih baik. Mungkin sekarang segala prahara menerpa, tetapi percayalah badai pasti berlalu"

Haile