Connect With Us

Sedang Bertelur, 2.146 Kepiting Asal Papua Diamankan di Bandara Soetta

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 5 Desember 2018 | 15:00

| Dibaca : 448

Petugas di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta berhasil mengamankan ribuan kepiting asal papua dalam kondisi bertelur. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jakarta 1 mengamankan ribuan kepiting dalam kondisi bertelur di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Sebanyak 2.146 kepiting tersebut diterbangkan dari Manokwari, Papua menggunakan pesawat Sriwijaya Air SJ-589 dan diamankan petugas di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta. 

Kepala BKIPM Jakarta I Habrin Yake mengatakan, ribuan kepiting tersebut rencananya akan dipasarkan di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Karena kondisinya sedang bertelur, maka dari itu kita sita dan hari ini dilepaskan," katanya, Rabu (5/12/1018).

Ribuan kepiting berukuran besar tersebut juga menurutnya tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 56/2016 tentang larangan penangkapan dan atau pengeluaran lobster, kepiting dan Ranjungan dari wilayah Indonesia. 

"Mulai tanggal 6 Februari sampai tanggal 14 Desember setiap tahunnya dilarang melalulintaskan atau memperjualbelikan kepiting dalam kondisi bertelur," ungkap Habrin.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Pengawasan, Pengendalian Data dan Informasi BKIPM Jakarta I, Suharyanto menuturkan, kepiting tersebut akan segera dilepas liarkan ke habitatnya. 

"Hari ini juga kepiting-kepiting tersebut akan kita lepasliarkan ke Muara Sungai Cikidang, Pangandaran, Jawa Barat," jelas Suharyanto.

Sementara itu, Kasie Pengawasan BKIPM Jakarta I, Arafat Taslim menjelaskan, pengeluaran atau melalulintaskan kepiting dalam kondisi bertelur diperbolehkan tapi dalam waktu terbatas. 

"Sebenarnya kepiting bertelur boleh untuk diperjual belikan yaitu pada 15 Desember hingga 5 Februari. Sesuai dengan peraturan Menteri KP No 56 tahun 2016," imbuhnya.(RAZ/RGI)

BANTEN
Jakarta-Banten Tanpa Tol, Jokowi Sebut Bisa Tua di Jalan

Jakarta-Banten Tanpa Tol, Jokowi Sebut Bisa Tua di Jalan

Jumat, 6 Desember 2019 | 20:08

TANGERANGNEWS.com-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo baru saja meresmikan jalan Tol Kunciran-Serpong di Pintu Tol Parigi, Pondok Aren,

HIBURAN
Magical Christmas Unicorns World Performance di Supermall Karawaci

Magical Christmas Unicorns World Performance di Supermall Karawaci

Jumat, 6 Desember 2019 | 18:42

TANGERANGNEWS.com-Dipenghujung tahun 2019 ini, beragam kegiatan dihelat di Supermall Karawaci. Pengunjung akan dimanjakan beragam acara

TOKOH
Tangerang Berduka, Ebrown Lubuk Tutup Usia

Tangerang Berduka, Ebrown Lubuk Tutup Usia

Senin, 2 Desember 2019 | 20:33

TANGERANGNEWS.com—Kabar duka datang dari Tangerang. Ebrown Lubuk, tokoh masyarakat di Tangerang wafat.

KAB. TANGERANG
Alfability, Pintu Lebar Alfamart Bagi Penyandang Disabilitas

Alfability, Pintu Lebar Alfamart Bagi Penyandang Disabilitas

Jumat, 6 Desember 2019 | 19:19

TANGERANGNEWS.com-PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk pemilik ritel Alfamart memberikan kesempatan luas kepada penyandang disabilitas untuk

"Tanpa strategi, eksekusi bisa kehilangan arah, Tanpa eksekusi, strategi tidak ada gunanya."

Morris Chang