Connect With Us

Sedang Bertelur, 2.146 Kepiting Asal Papua Diamankan di Bandara Soetta

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 5 Desember 2018 | 15:00

| Dibaca : 389

Petugas di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta berhasil mengamankan ribuan kepiting asal papua dalam kondisi bertelur. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jakarta 1 mengamankan ribuan kepiting dalam kondisi bertelur di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Sebanyak 2.146 kepiting tersebut diterbangkan dari Manokwari, Papua menggunakan pesawat Sriwijaya Air SJ-589 dan diamankan petugas di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta. 

Kepala BKIPM Jakarta I Habrin Yake mengatakan, ribuan kepiting tersebut rencananya akan dipasarkan di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Karena kondisinya sedang bertelur, maka dari itu kita sita dan hari ini dilepaskan," katanya, Rabu (5/12/1018).

Ribuan kepiting berukuran besar tersebut juga menurutnya tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 56/2016 tentang larangan penangkapan dan atau pengeluaran lobster, kepiting dan Ranjungan dari wilayah Indonesia. 

"Mulai tanggal 6 Februari sampai tanggal 14 Desember setiap tahunnya dilarang melalulintaskan atau memperjualbelikan kepiting dalam kondisi bertelur," ungkap Habrin.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Pengawasan, Pengendalian Data dan Informasi BKIPM Jakarta I, Suharyanto menuturkan, kepiting tersebut akan segera dilepas liarkan ke habitatnya. 

"Hari ini juga kepiting-kepiting tersebut akan kita lepasliarkan ke Muara Sungai Cikidang, Pangandaran, Jawa Barat," jelas Suharyanto.

Sementara itu, Kasie Pengawasan BKIPM Jakarta I, Arafat Taslim menjelaskan, pengeluaran atau melalulintaskan kepiting dalam kondisi bertelur diperbolehkan tapi dalam waktu terbatas. 

"Sebenarnya kepiting bertelur boleh untuk diperjual belikan yaitu pada 15 Desember hingga 5 Februari. Sesuai dengan peraturan Menteri KP No 56 tahun 2016," imbuhnya.(RAZ/RGI)

OPINI
Isyarat Prabowo-Sandi Menang

Isyarat Prabowo-Sandi Menang

Kamis, 11 April 2019 | 12:00

TANGERANG-Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Sandiaga

BISNIS
Melihat Aktivitas Perajin Tempe di Tangerang yang Omzet Perhari Capai Rp1 Juta

Melihat Aktivitas Perajin Tempe di Tangerang yang Omzet Perhari Capai Rp1 Juta

Selasa, 2 April 2019 | 19:09

TANGERANGNEWS.com-Para perajin tempe di lingkungan RT 03/02, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang tampak begitu

TANGSEL
Rekapitulasi Surat Suara di Tangsel, Ini Jadwalnya

Rekapitulasi Surat Suara di Tangsel, Ini Jadwalnya

Kamis, 18 April 2019 | 17:14

TANGERANGNEWS.com-Hasil Pilpres dan Pileg di Kota Tangsel akan segera diketahui hasilnya oleh publik. Pasalnya, surat suara telah bergeser dari TPS ke sekretariat PPK masing-masing

WISATA
Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Kamis, 28 Maret 2019 | 08:13

TANGERANGNEWS.com-Anda sedang mencari objek wisata terbaik di Jakarta? Meskipun menjadi kota metropolitan dengan tingkat mobilitas yang sangat

"Untuk bisa sukses, keinginan Anda untuk sukses harus lebih besar dari pada ketakutan Anda untuk gagal."

Bill Cosby