Connect With Us

Hari Kartini, Pegawai Wanita di AirNav Kompak Kenakan Kebaya

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 21 April 2019 | 11:00

| Dibaca : 1218

Para pegawai wanita yang ditugaskan di Tower Air Traffic Controller, Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, mengenakan pakaian kebaya untuk memperingati hari Kartini, Minggu (21/4/2019). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Perum LPPNPI atau AirNav Indonesia cabang Jakarta Air Traffic Services Controller (JATSC) turut memperingati hari Kartini, Minggu (21/4/2019).

Dalam momentum hari pelopor kebangkitan perempuan ini, para pegawai wanita ditugaskan di Tower Air Traffic Controller, Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang.

Spesialnya adalah, para Kartini di era modernisasi yang menjadi pemandu lalu lintas udara tersebut kompak mengenakan pakaian kebaya dan khas daerah.

Deputi GM Perencanaan dan Evaluasi Operasi AirNav cabang JATSC Suryadi mengatakan, para pekerja wanita yang mengenakan pakaian kebaya ini sebagai wujud AirNav untuk mengenang jasa Raden Ajeng Kartini.

"Di sinilah kita mau mengambil pelajaran yang penting dari pahlawan kita. Karena kita tahu bahwa beliau salah satu fundamen yang memberikan contoh khususnya kepada wanita Indonesia," ujar Suryadi.

Suryadi menuturkan, momen ini juga bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme di dalam diri para petugas wanita di Airnav tersebut. Terlebih, pekerjaan sebagai pemandu pesawat udara sangat spesifik. 

"Alhamdulillah kita memperkerjakan para wanita sehingga harapan kita bahwa wanita itu tidak ketinggalan dalam hal masalah job dan pekerjaan dengan pria, sekalipun itu kita harus memberikan semacam batasan," ucapnya.

"Tapi khususnya di ATC ini kita memberikan peluang bersama para wanita. Tidak ada perbedaan. Bahkan teman-teman di ATC ini mereka juga harus dinas pagi siang dan malam," tambahnya.

Dirinya pun meminta kepada para wanita Indonesia untuk mengingat khususnya perjuangan wanita terdahulu ternyata bahwa apa yang dilakukan Raden Ajeng Kartini sangat luar biasa dampaknya sehingga para wanita bisa memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia.

"Tiap tahun rutin dalam event ini memang kita berikan suatu yang spesial kepada para ibu dan wanita. Ini bagaimana sekali lagi untuk menghormati dan memperingati. Kita minta mereka (petugas wanita) memakai pakaian yang pernah dipakai Kartini. Ini wujud kita untuk menghormati kebangkitan bangsa Indonesia," paparnya.

Sementara itu, Supervisor ATC Ismawati menambahkan, momen ini sebagai suatu hal yang mencerminkan ada yang berbeda yakni, memperingati hari Kartini.

"Kalau khusus bagi kami ATC di AirNav cabang JATSC, kami spesial dinas pagi adalah para wanita dan menggunakan pakaian daerah. Kebaya tradisional dan modern. Ini sudah tahun kedua di tanggal 21 April, kami (mengenakan) pakaian daerah," kata Ismawati.

Menurutnya, dalam menunaikan tugasnya di AirNav, ia bersama pekerja wanita lainnya telah mendapatkan kesetaraan dengan laki-laki. Hanya saja, harus bisa membagi waktu.

"Kami disediakan ruang istirahat, untuk jenjang karir juga setara, ya mungkin tinggal bagaimana kami mengatur waktu untuk bisa membagi waktu seadil-adilnya antara pekerjaan dan rumah," tukasnya.(RAZ/RGI)

TANGSEL
Permahi Tangerang Raya Dorong Chairil Syah Pimpin KPK

Permahi Tangerang Raya Dorong Chairil Syah Pimpin KPK

Kamis, 18 Juli 2019 | 18:01

TANGERANGNEWS.com-Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (Permahi) Tangerang Raya memberikan mendukung Chairil Syah menjadi pimpinan

HIBURAN
Langit Senja, Juara Pucuk Cool Jam 2019 Rilis Musik Video

Langit Senja, Juara Pucuk Cool Jam 2019 Rilis Musik Video

Kamis, 11 Juli 2019 | 17:21

TANGERANGNEWS.com-Band Langit Senja berhasil mewujudkan mimpinya merilis lagu dan video klip usai menjuarai Pucuk Cool Jam 2019. Lagu ‘Mimpi dan Matahari', music video perdana mereka pun diluncurkan Kamis (11/7/2019).

BANTEN
Batu Bara di Kapal Tongkang Terbakar di Merak

Batu Bara di Kapal Tongkang Terbakar di Merak

Kamis, 18 Juli 2019 | 19:49

TANGERANGNEWS.com - Muatan di kapal CB 121 Banjarmasin yang berisi batu bara terbakar dan mengeluarkan asap tebal. Muatannya terbakar sudah

KAB. TANGERANG
Curhat Petani Tangerang yang Bertahan si Musim Kemarau

Curhat Petani Tangerang yang Bertahan si Musim Kemarau

Kamis, 18 Juli 2019 | 13:48

TANGERANGNEWS.com - Sejumlah petani padi di Kabupaten Tangerang memilih untuk mempercepat masa tanam dan panen untuk menghindari perubahan musim kemarau.

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt