Connect With Us

Pengelola Bandara Waspadai Keberadaan Pengemis Asing

| Selasa, 1 Juni 2010 | 18:09

| Dibaca : 89122

Bandara Internasional Soekarno-Hatta (tangerangnews / dens)


TANGERANGNEWS-Pengelola Bandara Internasional PT Angkasa Pura (AP) II mewaspadai keberadaan pengemis antar negara (internasional) yang kerap muncul di bandara. Langkah ini sebagai bentuk antisipasi terkait kesemrawutan bandara.

Kepala Divisi (Kadiv) Pengamanan, Jasirin mengatakan, pengemis internasional itu  berasal dari negara RRC. Mereka sengaja datang ke Indonesia dan beraksi di Bandara dengan modus kehabisan uang untuk ongkos pulang.

                “Umumnya yang mereka jadikan sasaran adalah warga keturunan.  Dengan berpura-pura tengah dirudung kesusahan, mereka merayu korbannya hingga merasa kasihan dan mau memberikan mereka uang untuk, setidaknya setara dengan ongkos pulang ke negaranya di RRC,” kata Hariyanto.

                Merujuk data yang dilansir pihak pengamanan bandara, sepanjang bulan Mei hingga sekarang tercatat sudah ada tujuh  warga RRC yang diamankan karena kedapatan mengemis. Mereka sempat didata oleh pihak keamanan bandara, sebelum kemudian diserahkan ke Imigrasi untuk dideportase paksa.

“Langkah tegas perlu dilakukan sejak dini, guna memicu efek jera sekaligus mengantisipasi berkembangnya jumlah pengemis antar negara yang masuk ke Indonesia,” kata Jasirin. 

Jasirin juga mengaku kesulitan dalam membedakan para pengemis asing tersebut.

Pasalnya, mereka tidak ada bedanya dengan penumpang pesawat lainnya yang berpakaian rapih, membawa koper, bahkan memiliki dokumen lengkap berupa paspor .

Tak hanya itu, pengemis asing tersebut dalam melakukan aksinya biasanya tidak sendirian, mereka ada yang merupakan suami istri bahkan ada juga yang membawa serta anaknya.

Sedangkan tertangkapnya pengemis asing tersebut, lanjut dia, berawal dari gerak-geriknya yang terekam di CCTV bandara. “Setelah kami dapati bahwa gerak-geik mereka mencurigakan dan terlihat seperti sedang mengemis, barulah pada saat itu kami memutuskan untuk menangkap mereka,” kata Jasirin.

Kepala Bidang Pengawas Tindakan Kriminal (Wasdakim) Kantor Imigrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Heriyanto mengatakan,saat ini kami terus melakukan pembenahan bandara. "Tiap hari kami terus melakukan pembenahan, sebelum adanya tim khusus dari Pemrov Banten, Pemkot Tangerang dan Pemkab Tangerang," tegasnya. (rangga)

AYO! TANGERANG CERDAS
Selama Ini Kena Hoax, Ternyata Terdapat 7 Manfaat Mandi Malam Hari 

Selama Ini Kena Hoax, Ternyata Terdapat 7 Manfaat Mandi Malam Hari 

Kamis, 17 September 2020 | 10:48

TANGERANGNEWS.com- Cerita di Indonesia selama ini mengenai larangan mandi di malam hari membuat kita terpengaruh. Mitos dan hoax mengenai kesehatan memang banyak beredar di masyarakat, terutama dahulu

BANDARA
Tukang Bubur Tertipu Orderan Fiktif, Motornya Raib di Bandara Soetta

Tukang Bubur Tertipu Orderan Fiktif, Motornya Raib di Bandara Soetta

Kamis, 15 Oktober 2020 | 13:16

TANGERANGNEWS.com–Nasib malang dialami tukang bubur, Rasidi, 34. Warga Serang, Banten ini tertipu orderan fiktif, hingga motornya seharga Rp32 juta raib dibawa kabur pelaku. Kasus ini berhasil

BISNIS
Bingung Salurkan Hobi? Kini Hadir IndoHobi.id di Tengah Pandemi

Bingung Salurkan Hobi? Kini Hadir IndoHobi.id di Tengah Pandemi

Sabtu, 3 Oktober 2020 | 20:37

TANGERANGNEWS.com-Pandemi COVID-19 mengakibatkan hampir seluruh aktifitas

WISATA
Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Sabtu, 13 Juni 2020 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Di tengah hiruk pikuk Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ternyata terdapat ruang terbuka hijau yang menjadi tempat favorit

"Putuskan Hubungan pada orang palsu untuk alasan yang benar. Bukan memutuskan orang benar dengan alasan Palsu."

Rather Aadil