Connect With Us

Suap ke PT Angkasa Pura II Gunakan Kode Buku

Bastian | Kamis, 24 Oktober 2019 | 18:00

| Dibaca : 1690

Andra Y Agussalam mantan Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II saat memberikan kaki palsu kepada mereka yang membutuhkan. (Humas Soekarno-Hatta / Humas Soekarno-Hatta)

TANGERANGNEWS.com-Buku menjadi kode suap antar BUMN yang digunakan pada kasus PT Inti dengan PT Angkasa Pura II (Persero).   Hal itu terkuak setelah Andi Taswin Nur sebagai fasilitator disidang.  Jaksa KPK Ikhsan Fernandi  lah yang membacakan dakwaan dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (24/10/2019).



Andi yang saat ini ditahan di Rutan Kelas I itu  merupakan orang kepercayaan Darman Mappangara Dirut PT Inti yang merupakan suruhan agar proyek Semi Baggage Handling System (BHS) PT Angkasa Pura II untuk sejumlah bandara didapatkan PT Inti.
 
Bagaimana mendapatkan proyek itu?


Melalui Andra Y Agussalam sebagai Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II (saat ini mantan) yang merupakan teman sekolah Darman, serta pernah berkerja bersama-sama di PT Len Industri.

 
Proyek semi BHS itu sendiri muncul berawal dari sehubungan telah dikeluarkannya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 80 tahun 2017 tentang program keamanan penerbangan nasional, perihal pengendalian keamanan terhadap orang dan barang yang diangkut pesawat udara. Hal itu  menimbulkan konsekuensi bagi PT AP II yakni harus memindahkan pemeriksaan sebelum check in menjadi pemeriksaan setelah check in dan salah satu pekerjaan untuk memenuhi hal tersebut adalah Semi BHS.

 



Menindaklanjutinya, pada tanggal 21 Juni 2018 Djoko Murdjatmodjo selaku Direktur Operasi dan Teknik PT AP II mengadakan rapat di ruang kerjanya yang diantaranya untuk membahas pekerjaan Semi BHS.

 

Rapat tersebut dihadiri oleh Djoko, Ruchyana sebagai Vice President Airport Operation Policy, Radityo Purwoko Vice President Airport Engineering Development, Wisnu Raharjo Direktur PT Angkasa Pura Propertindo, Marzuki Battung Executive General Manager Airport Maintenance Division, Agung Sedayu Executive General Manager Airport Contruction Division dan jajaran pejabat PT AP II lainnya, dimana salah satu hasil rapat adalah menunjuk PT Angkasa Pura Propertindo (PT APP) yang merupakan anak perusahaan PT AP II sebagai pelaksana pekerjaan Semi BHS dengan mechanisme penunjukkan langsung dan meminta PT APP mencari beberapa penyedia pelaksana pekerjaannya.

TOKOH
Didi Kempot Meninggal Dunia di Usia 53 Tahun

Didi Kempot Meninggal Dunia di Usia 53 Tahun

Selasa, 5 Mei 2020 | 11:06

TANGERANGNEWS.com-Penyanyi campursari Didi Kempot meninggal dunia, Selasa (5/5/2020) pagi ini.

NASIONAL
DPR Bahas RUU Ciptaker, GPII: Jangan Abaikan Masukan

DPR Bahas RUU Ciptaker, GPII: Jangan Abaikan Masukan

Rabu, 3 Juni 2020 | 21:55

TANGERANGNEWS.com-Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) meminta DPR bekerja cepat dalam pembahasan RUU Cipta Kerja (Ciptaker) untuk memulihkan ekonomi akibat COVID-19

PROPERTI
Milenial jangan Piknik saat Pandemik, Lebih Baik Invest Properti yang Turun Harga

Milenial jangan Piknik saat Pandemik, Lebih Baik Invest Properti yang Turun Harga

Kamis, 14 Mei 2020 | 22:03

TANGERANGNEWS.com- Properti masih menjadi sektor yang akan tumbuh di masa pandemi saat ini.

"Belajar dari hari kemarin, hiduplah untuk hari ini, berharaplah untuk hari esok "

Albert Einstein