Connect With Us

Keren! Bandara Soekarno-Hatta Sediakan Ambulans Terbang

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 23 Agustus 2021 | 10:40

Satu unit helikopter ambulans yang dioperasikan Whitesky Aviation. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-Bandara Soekarno-Hatta memperkenalkan layanan baru, yakni penerbangan untuk evakuasi medis (medical evacuation/medevac) menggunakan helikopter ambulans yang dioperasikan Whitesky Aviation.

Penerbangan medevac ini dilakukan di Cengkareng Heliport, dalam kawasan Bandara Soekarno-Hatta dan terkoneksi dengan rumah sakit di Jabodetabek.

President Director of PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan layanan medevac ini bertujuan untuk membantu pihak yang membutuhkan penanganan medis secara cepat.

“Semangat dari medevac ini adalah menyediakan transportasi medis sangat cepat yang dilakukan dengan penerbangan helikopter, agar pasien dapat cepat mendapatkan penanganan lebih lengkap di rumah sakit yang ada di Jabodetabek," ujarnya, Senin 23 Agustus 2021.

Layanan Medevac ini terbuka untuk umum, termasuk juga dapat digunakan oleh penumpang pesawat yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dan memerlukan penanganan medis darurat.

Satu unit helikopter ambulans yang dioperasikan Whitesky Aviation.

Selain itu juga dapat digunakan untuk memindahkan pasien dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya guna mendapatkan penanganan khusus.

"Medevac ini merupakan salah satu upaya Bandara Soekarno-Hatta dalam melengkapi fasilitas dan layanan penerbangan, guna mengakomodir kebutuhan yang beragam. Kami berharap medevac ini dapat bermanfaat bagi khususnya terkait aspek medis," jelasnya.

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja mengatakan armada helikopter yang digunakan dalam layanan helimedevac ini terdiri dari 2 tipe. 

Pertama adalah type Bell 505 dan kedua adalah type Bell 429. Dua helikopter ini juga dilengkapi tim medis dan perlengkapannya sesuai kebutuhan guna memastikan penanganan terbaik selama pasien diantarkan menuju rumah sakit.

“Kemudian adalah Heliport Emergency Unit yaitu fasilitas dalam heliport diperuntukkan guna penanganan sementara kondisi darurat pasien, sebelum dibawa menggunakan helikopter ke rumah sakit,” ujar Denon.

Menurutnya, layanan medevac ini diperkuat dengan paramedis profesional, yang mampu melakukan penanganan medis bagi pasien di helikopter, untuk memastikan pasien mendapat penanganan yang tepat selama penerbangan ke RS.

Adapun Cengkareng Heliport juga menyiapkan kendaraan ambulans jika sesuai kebijakan paramedis pasien dapat melakukan perjalanan darat untuk menuju rumah sakit.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

KAB. TANGERANG
Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Kamis, 18 April 2024 | 18:12

Pasca libur lebaran 2024, pemohon kartu kuning atau kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang meningkat hingga 500 orang per hari.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill