Connect With Us

Internet 5G Tercepat di Dunia Ada di Bandara Soekarno-Hatta

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 16 Maret 2022 | 13:30

President Director AP II Muhammad Awaluddin menunjukan tampilan Digital Aeroplex di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu 15 Maret 2022. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )

TANGERANGNEWS.com-PT Angkasa Pura II secara berkelanjutan mengembangkan Bandara Soekarno-Hatta sebagai Digital Aeroplex pertama di Indonesia. 

Digital Aeroplex memiliki pengertian sebagai kawasan bandara yang dibangun dengan ekosistem digital melalui penerapan teknologi modern (advanced technology) guna meningkatkan pelayanan dan operasional. 

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, penerapan Digital Aeroplex di Bandara Soekarno-Hatta dilakukan lewat kolaborasi dengan berbagai pihak khususnya para pemimpin pasar di sektor teknologi dan komunikasi.

“Bandara Soekarno-Hatta bukan hanya sekedar suatu airport untuk naik dan turun dari pesawat, tapi saat ini telah menjadi suatu kawasan mandiri sebagai pusat perekonomian yang dilengkapi berbagai teknologi terkini seperti misalnya masifnya penggunaan kendaraan listrik, moda transportasi berbasis listrik yakni Skytrain, hingga robot pembersih lantai,” ujar Awaluddin dalam keterangan tertulisnya, Rabu 15 Maret 2022.

Menurutnya, AP II mewujudkan Bandara Soekarno-Hatta sebagai suatu kawasan Digital Aeroplex yang menjadi pionir dalam mengadopsi berbagai kemajuan di bidang teknologi. Hal ini dilakukan dengan menerapkan tiga aspek penting, yaitu smart infrastructure, connected content, dan digital society.

Terkait aspek Smart Infrastructure, AP II selalu membangun infrastruktur digital terbaik dan terkini di Bandara Soekarno-Hatta, di mana yang terbaru adalah kolaborasi AP II bersama Telkomsel dalam menyediakan akses 5G di Bandara Soekarno-Hatta. 

Awaluddin menuturkan, jaringan 5G merupakan generasi terbaru (generasi kelima) dalam teknologi nirkabel guna merasakan pengalaman seperti internet super cepat di dunia serta mendukung digitax experience seperti penggunaan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) untuk merasakan dunia metaverse.

“Jaringan 5G adalah teknologi terkini yang dapat mengubah cara kita menjalani hidup. Penerapan 5G masih terus berkembang di Indonesia, dan kami bersyukur bahwa Bandara Soekarno-Hatta menjadi salah satu lokasi yang dapat paling cepat dapat memberikan akses Telkomsel 5G bagi para traveler guna merasakan standar teknologi nirkabel terbaru ini,” jelas Awaluddin. 

Awaluddin mengatakan akses 5G ini menjadi standar baru layanan bagi penumpang pesawat di Indonesia.

Pada tahap awal, beberapa kolaborasi berbasis teknologi 5G yang akan dikembangkan antara lain layanan 5G Fixed Wireless Access, 5G Experience Corner dan 5G Solution dari unit bisnis Telkomsel Enterprise untuk mendukung operasional PT Angkasa Pura II.

Asosiasi yang menaungi maskapai-maskapai nasional, yakni Indonesia National Air Carrier Association (INACA) mengapresiasi kolaborasi antara AP II dan Telkomsel.

Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja mengatakan, AP II bersama Telkomsel telah meningkatkan standar layanan bagi para penumpang pesawat melalui kehadiran jaringan 5G di Bandara Soekarno-Hatta. 

Ia mengapresiasi setiap pihak yang berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para penumpang pesawat. "Kita melihat Telkomsel dan AP II berkolaborasi menghadirkan akses 5G bagi para traveler, dan ini adalah suatu hal yang sangat baik. Seperti kita ketahui, belum banyak lokasi di Indonesia yang mendapatkan akses 5G, dan kami sangat mengapresiasi bahwa layanan ini sudah tersedia di Bandara Soekarno-Hatta," terangnya.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill