Connect With Us

2010 Penggagalan Penyelundupan Narkotika Tinggi

| Jumat, 24 Desember 2010 | 16:31

Dua warga Negara Iran dan Dua warga Negara Malaysia (tangerangnews / dens)


TANGERANGNEWS-Sepanjang tahun 2010 sampai 24 Desember ini, sebanyak 59 kasus penyelundupan narkotika melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) berhasil digagalkan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Bandara Soetta.
 
Kepala Kantor Bea dan Cukai Bandara Soetta, Bahaduri Widjayanta mengatakan, dari 59 kasus penyelundupan ini, 26 kasus diantaranya dilakukan oleh tersangka warga Negara Iran. “Paling banyak tersangkanya berasal dari Iran,” katanya, hari ini.
 
Selain dari Iran, kata Baduri, penyelundupan juga berasal  dari Malaysia, India, China, Kamboja, Thailan, Taiwan, Singapura, Amerika  Serikat, Nigeria, Mozambik dan dari Indonesia sendiri. Adapun jenis  narkotikanya, antara lain shabu, shabu cair, ketamine, heroin, kokain, ganja  dan hasish.
 
“Dari semua jenis narkotika tersebut, paling banyak adalah jenis shabu sebanyak 39 kasus dengan total berat 150.013 gram. “Sedangkan  untuk nilai total barang bukti kurang lebih Rp 364.370.000.000,” katanya.
 
Berdasarkan data,  jumlah kasus tangkapan tersebut lebih tinggi dari hasil penangkapan pada 2008 yang sebanyak 43 kasus dan tahun 2009 sebanyak 39 kasus.
 
Bahaduri mengatakan, meski pihaknya telah berhasil melakukan serangkaian penggagalan penyelundupan namun peminat Narkotika masih tinggi di Indonesia. Hal itu terjadi karena masih lemahnya penegakan hukum yang diberikan mulai dari pemakai, perantara atau kurir, pengedar, dan bandar narkotika.
 
Hukum seakan masih berpihak kepada pelaku sehingga belum membuat jaringan Internasioal dan jaringan lokal termasuk pelaku penyelundupan jera.
 
"Kalau sudah masuk ke ranah hukum, kami tidak bisa mencampuri apapun keputusannya. Akan tetapi, seharusnya vonis yang diberikan itu membuat orang jera sehingga tidak mau lagi menyelundupkan narkotika ke Indonesia," tegas Bahaduri.
 
Terlepas dari pada itu, Bahaduri mengaku, yang terpenting pihaknya sudah melakukan upaya membenahi dan menertibkan serta memutus jalur narkotika baik nasional maupun Internasional.
 
Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Penindakan dan Penyidikan Bea dan Cukai Bandara Soetta, Gatot Sugeng Wibowo mengatakan, keberhasilan ini merupakan berkat kerjasama dari semua pihak yang terkait.
 
“Semua pihak yang terkait telah berusaha melakukan upaya pencegahan semaksimal mungkin agar penyelundupan narkotika tidak sampai lolos ke Indonesia. Kami juga akan terus melakukan pengembangan dalam kasus penyelundupan barang haram ini sampai tuntas, dan kami akan melakukan kerjasama dengan pihak terkait
 
Menurutnya Gatot, menjelang tahun baru ini, upaya penyelundupan narkotika melalui Bandara Soetta semakin sering. Untuk itu pihaknya meningkatkan kesiagaan semua personil di tiap terminal penerbangan luar negeri maupun lokal.(rangga/dira)

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill