Connect With Us

Indonesia Slot Coodinator Resmi Diluncurkan

| Jumat, 29 April 2011 | 18:01

Direktorat Angkutan Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan ini, dilakukan Dirjen Perhubungan Udara Herry Bakti. (tangerangnews / dira)



BANDARA
- Indonesia Slot Coordinator (IDSC) atau badan yang ditunjuk untuk mengelola atau mengalokasikan slot time penerbangan bagi semua maskapai di bandara-bandara Indonesia resmi diluncurkan, di gedung PT Angkasa Pura II, hari ini.

 Peluncuran lembaga baru yang dikomandoi Direktorat Angkutan Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan ini, dilakukan Dirjen Perhubungan Udara Herry Bakti.

Herry menjelaskan, IDSC ini beranggotakan perwakilan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan sebagai wakil pemerintah, PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II sebagai pengelola bandara, serta perwakilan perusahaan maskapai penerbangan yang ditunjuk oleh asosiasi penerbangan sipil nasional, INACA.
Seluruh perwakilan dari setiap institusi tersebut akan berada dalam jajaran Slot Committee.

”Slot Committee akan bertemu dua kali setahun untuk mendiskusikan semua hal yang berkaitan dengan kapasitas bandara dan mengkoordinaskan jadwal seluruh penerbangan di Indonesia,” papar Dirjen Herry Bakti dalam acara yang dihadiri Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Direktur Operasi  PT Angkasa Pura I, Sekjen INACA, serta perwakilan sejumlah maskapai dan institusi penerbangan lain.

Dijelaskan, Slot Committee juga mengemban tugas mempertimbangkan dan menetapkan kapasitas runway, terminal dan apron di bandara Indonesia untuk tujuan schedulle coordination. Untuk mempertimbangkan dan mengembangkan setiap krkiteria schedulle secara lokal di bandara Indonesia dengan memerhatikan International Air Transport Association Worldwide Schedulling Guidelines (IATA WSG).

”Slot Coordinator akan memudahkan perencanaan (planning) bagi airlines dan pengelola bandara. Untuk tahap awal, kita akan mulai dulu pengaturan untuk penerbangan domestik,” imbuh Herry  Bakti.
Terkait dengan itu, Dirjen meminta manajemen Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II serta seluruh maskapai penerbangan untuk berbenah menyiapkan diri baik sistem maupun personel guna menyusun pengaturan ini menjadi lebih besar lagi.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S Sunoko mengungkapkan, pihaknya siap mendukung penuh kinjera Slot Coordinator.
Dikatakan, keberadaan Slot Coordinator tersebut akan sangat membantu Angkasa Pura II dalam melakukan pengaturan jadwal penerbangan di seluruh bandara-bandara yang dikelola.
”Hal ini mengingat pertumbuhan penumpang yang beberapa tahun ini meningkat rata-rata 10%-15% per tahun, yang juga diiiringi  dengan upaya penambahan armada pesawat oleh maskapai. Karenanya, pertumbuhan baik penumpang maupun armada itu harus diantisipasi secara maksimal dengan pengaturan yang baik dan terpusat,” jelasnya.

Sejauh ini, Tri menjelaskan, pengelola bandara selalu dihadapkan dengan kendala-kendala di lapangan, yang meliputi antara lain daya tampung bandara sudah melebihi kapasitas, terjadi kepadatan penerbangan di beberapa bandara pada jam yang bersamaan serta belum optimalnya koordinasi antara unit terkait di bandara dalam memberikan persetujuan slot time.
“Di sini (Bandara Soekarno-Hatta) jumlah penumpang dalam sehari bisa 1.000 penerbangan. Belum termasuk pada jam emas, seperti pagi dan sore. Jadi sudah saatnya sistem ini diterapkan karena jumlah maskapai dan penumpang tiap tahun cenderung meningkat. Jika tidak diatur jadwal penerbangannya, bisa kacau," ucapnya

Tujuan  Hadirnya Lembaga Slot Coordinator

Secara umum, tugas-tugas Indonesia Slot Coordinator yang berkantor di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, adalah untuk memeriksa dan memantau efektifitas slot di runway dan fasilitas bandara lainnya. Selain itu juga untuk mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan terjaganya performance airlines adalam hal ketepatan waktu dengan pemanfaatan slot time di runway, serta menangani keluhan atau komplain dari airlines mengenai permintaan slot time secara seasonal.

Sementara Slot Committee, tugas-tugasnya mencakup pengaturan traffic flows, pengaturan kegiatan pelayanan pesawat udara (ground handling), pengaturan kegiatan instansi terkait di airport (CIQ), serta penggunaan sistem komputerisasi dalam melakukan pekerjaan . (DRA)

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill