Connect With Us

Calo Mulai Borong Tiket

| Jumat, 19 Agustus 2011 | 15:52

Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta menumpuk, PT Angkasa Pura II memasang spanduk himbauman larangan membeli tiket melalui calo. (tangerangnews / dira)


TANGERANG
-Menjelang lebaran, para calo tiket pesawat mulai melakukan aksi borong tiket. Akibatnya tiket ke sejumlah kota tujuan sudah habis. Itu semua diakui oleh Sofyan petugas tiket dari sebuah biro perjalan di dekat pintu M1, Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
 
“Umumnya sudah ada yang borong. Sepertinya calo, karena satu pesawat bisa setengahnya dibeli,” kata Sofyan, kemarin.  Sofyan berani memastikan itu adalah calo, selain karena beli tiket dengan cara memborong, juga ketika membelinya hanya menggunakan satu KTP saja. Namun sebagai penjual tiket, Sofyan tidak mempersoalkan itu.
 
"Saya sih memang tidak berani tanya, tapi saya sudah tahu dia calo. Karena bolak-balik terus pesan tiket untuk mudik. Sepanjang mereka membayar tunai, ya tak jadi soal," tandasnya.

Tiket ke sejumlah daerah seperti Padang, Medan, Yogyakarta, Lampung, Malang, Jambi, dan Palembang, sudah habis terjual. Kalaupun masih ada tiket kata Saiful, untuk kelas yang mahal. Misalnya untuk ke Padang dibanderol Rp 1,345 juta, atau ke Yogyakarta Rp 910.000. Untuk kelas ekonomi, praktis sudah ludes. "Kalau di tangan calo bisa dua kali lipat,” terangnya.

Pengamatan di Terminal I Bandara Soekarno - Hatta, keberadaan calo mulai terdesak. Ruang operasional mereka sudah sangat kecil, karena petugas sekuriti bandara bersama Brimob terus melakukan sweeping. 

Senior General Manager PT Angkasa Pura (AP) II, Sudaryanto mengatakan, pihakny  menghimbau kepada para pemudik yang menggunakan pesawat untuk tidak membeli tiket pada calo. "Kami akan lakukan pemeriksaan KTP. Yang bisa berangkat adalah mereka yang memegang tiket sama dengan KTP," ucapnya.

Jika ada penumpang yang tiketnya tidak sama dengan KTP, maka dilarang untuk ikut terbang. Sebab, pihaknya akan bekerjasama dengan maskapai untuk menertibkan calo.

PT Angkasa Pura II pada lebaran tahun ini menurut dia fokus meningkatkan kualitas pelayanan. Karenanya kami memperbanyak tenaga keamanan dibandingkan lebaran tahun 2010. Lebaran tahun lalu kami cuma menambah 400 orang personil," ucap Sudaryanto. (DRA)

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill